Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Paling Mudah

131
Mengatasi Kode MMI Tidak Valid
Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid – Memiliki HP android, kita perlu memasang kartu SIM atau kartu operator di dalamnya, mengingat fungsi utama HP adalah sebagai alat komunikasi. Kartu operator inilah yang berfungsi sebagai sarana komunikasi agar bisa terhubung dengan pengguna lain. Baik itu, terhubung dengan cara saling berkirim pesan, melakukan panggilan suara ataupun melakukan panggilan video / video call. Kartu operator sendiri ada banyak pilihannya yang bisa digunakan di Indonesia, mulai dari kartu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Axis, Tree atau 3 hingga Smartfren. Masing-masing punya keunggulan tersendiri yang menjadi daya tarik utamanya.

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid
Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Sebagai pengguna kartu operator jaringan di HP, ada kalanya kamu perlu memperpanjang masa aktif kartu agar tidak terblokir. Untuk memperpanjang masa aktif kartu operator ini biasanya dengan cara mengisi sejumlah pulsa, atau bisa juga dengan membeli paket masa aktif. Masa aktif yang diberikan biasanya bervariatif, dan kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala agar kartu tidak sampai diblokir. Untuk mengecek masa aktif kartu operator ini paling mudah dengan menggunakan kode dial atau kode USSD. Misalnya saja untuk kartu Indosat, XL dan Axis, bisa mengecek masa aktifnya dengan menggunakan kode dial *123#. Kode ini bisa diakses melalui menu Panggilan atau Telepon di HP android. Selain kode dial ini, ada pula kode dial lainnya yang punya fungsi berbeda-beda di HP android.

Baca Juga:

Saat melakukan pengecekan kartu operator menggunakan kode dial, ada kondisi di mana pengecekannya tersebut gagal dilakukan. Bukan informasi yang kita dapatkan, melainkan notifikasi yang bertulis “Kode MMI Tidak Valid”. Masalah seperti ini bisa dialami siapa saja dan HP merek serta tipe apa saja. Kebanyakan pengguna mungkin merasa bingung dan panik saat mendapati HP-nya yang tidak bisa mengakses kode USSD ini. Penyebabnya pun cukup beragam dan mungkin beberapa tidak disadari oleh pengguna. Yang pasti cara mengatasi kode MMI tidak valid seperti ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Paling Mudah

Mengatasi Kode MMI Tidak Bisa Diakses
Mengatasi Kode MMI Tidak Bisa Diakses

Masalah kode MMI yang tidak valid di HP android bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab utama yang sering diabaikan oleh pengguna yakni kesalahan saat memasukkan kode USSD. Misalnya saja lupa memberikan tanda “*” atau “#” di bagian depan atau belakang kode.

Umumnya kode USSD memiliki 3 angka yang diawali dan diakhiri tanda bintang dan pagar. Kalaupun lebih dari 3 angka, biasanya akan disambung dengan tanda bintang di tengahnya. Misalnya saja *123*1# atau *123*123# dan seterusnya.

Selain masalah kesalahan pengetikan kode USSD, munculnya notifikasi kode dial tidak valid juga karena masalah sambungan jaringan di HP. Baik itu, karena sedang terjadi gangguan pada server provider yang digunakan, masalah jaringan di HP, aplikasi Panggilan yang error, atau yang lain sebagainya.

Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah cara untuk mengatasi permasalahan error tersebut. Adapun cara mengatasi kode MMI tidak valid yang ampuh dan mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Periksa Kode USSD yang Digunakan

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi kode MMI tidak valid yakni dengan mengecek kembali kode USSD yang dimasukkan. Pastikan kode USSD tersebut diawali dengan tanda “*” dan diakhiri dengan tanda “#”.

Sementar jika kode dialnya banyak, biasanya akan dipisah-pisah dengan 3 angka pada kode paling depan dan selebihnya jumlah angka bervariasi. Sementara untuk pemisahnya biasanya menggunakan tanda “*”. Sebagai contohnya, *123#, *123*1#, *123*12#, *123*123#, *123*1*1# dan seterusnya.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode

Jika kode dial yang dimasukkan sudah benar, namun masih muncul notifikasi MMI tidak valid, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu bisa mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Cara ini akan mematikan jaringan yang ada di HP android sehingga tanda sinyalnya hilang. Cara untuk mengaktifkannya sendiri yakni dengan mengusap layar dari atas ke bawah hingga tampil Quick Panel, kemudian ketuk pada ikon Mode Pesawat.

Tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi Mode Pesawat dengan cara yang sama seperti tadi. Dengan demikian jaringan di HP akan diaktifkan lagi dengan mendeteksi ulang sinyal jaringan operator. Sekarang kamu bisa mencoba mengecek kode USSD lagi, biasanya masalah kode tidak valid tidak akan muncul lagi.

3. Lakukan Restart HP Android

Masalah seperti ini bisa juga disebabkan karena adanya error pada sistem android sehingga perlu direfresh atau dimulai ulang. Melakukan restart akan menghapus semua file cache atau sampah yang sering kali menyebabkan masalah error di HP android. Termasuk juga akan mengatasi masalah kode MMI tidak valid ini.

Cukup lakukan restart HP android dengan menekan tombol Power selama beberapa saat hingga muncul Opsi Daya. Selanjutnya pilih opsi Restart atau Mulai Daya untuk melakukan restart HP.

4. Hapus Cache dan Data pada Aplikasi Panggilan atau Telepon

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab kode MMI tidak valid yakni karena adanya masalah error pada aplikasi Panggilan atau Telepon. Error ini bisa dikarenakan file cache yang menumpuk atau data corrupt. Untuk itu, mengatasi masalah ini cukup dengan menghapus file cache atau data yang tersimpan di dalamnya. Untuk langkah-langkah menghapusnya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di HP android.
  • Gulir ke bawah lalu klik pada opsi Aplikasi atau Apps.
  • Cari dan klik pada aplikasi Panggilan atau Telepon.
  • Pada halaman Info Aplikasi, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Lalu klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Kemudian lanjutkan dengan klik Hapus Data atau Clear Data.
  • Selesai.

Catatan: Pada beberapa merek dan tipe HP mungkin berbeda-beda untuk cara mengakses halaman Info Aplikasi tersebut. Kamu bisa menyesuaikannya sendiri pada HP android milikmu.

5. Mengubah Mode Jaringan di HP

Saat ini mungkin lokasi kamu berada belum tercover jaringan 4G LTE atau yang lebih tinggi. Dan dalam hal ini pada HP diatur mode jaringannya ke mode 4G LTE Only atau 5G Only. Sudah pasti jaringan di HP tidak akan terdeteksi sehingga tidak bisa terhubung ke server dari operator jaringan yang digunakan. Dalam masalah ini HP tidak bisa kamu gunakan untuk mengecek kode dial atau kode USSD.

Solusi untuk mengatasinya bisa dengan mengubah mode jaringan ke jaringan yang sudah mengcover wilayah kamu berada saat ini. Misalnya saja mengubahnya ke mode jaringan 3G. Berikut ini langkah-langkah melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Lalu masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya pilih Jaringan Seluler.
  • Klik pada opsi SIM1 atau SIM2 sesuai letak kartu operator yang ingin kamu atur mode jaringannya.
  • Kemudian pilih Mode Jaringan dan atur ke mode jaringan sesuai keinginan.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kode MMI tidak valid yang paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Akun Mi
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini