Cara Mengatasi Kamera Error Realme Paling Ampuh

Mengatasi Kamera Error Realme – Banyak yang bilang kalau Realme merupakan sub-brand dari OPPO. Nyatanya, Realme merupakan salah satu perusahaan independen atau yang berdiri sendiri. Realme secara resmi mengundurkan dirinya sebagai sub-brand dari OPPO Electronics Corporation pada tahun 2018 lalu. Meskipun demikian, Perusahaan Realme tersebut masih berada di bawah naungan perusahaan induk BBK Electronics. Di Indonesia produk smartphone dari Realme ini patut diperhitungkan.

Mengatasi Kamera Error Realme
Mengatasi Kamera Error Realme

Mencoba menghadirkan produk smartphone canggih dengan spesifikasi unggulan, Realme langsung menarik minat banyak pecinta smartphone di Indonesia khususnya. Realme mencoba menciptkan smartphone dengan kesan yang berbeda dari smartphone brand lainnya. Mereka berhasil menggabungkan antara kecepatan performa dan juga desain yang modis. Mereka juga mengklaim kalau kualitas yang diberikannya tidak kalah dengan smartphone dari brand-brand ternama sekelas Samsung.

Baca Juga:

Realme memang selalu menghadirkan dukungan spesifikasi mumpuni pada setiap produk smartphonenya. Salah satunya terdapat pada bagian fitur kamera, di mana kameranya tersebut diklaim mampu menghasilkan jepretan yang berkualitas tinggi. Namun, terkadang ada saja pengguna yang mendapati error pada kamera di HP Realme-nya. Misalnya saja kamera yang gagal atau tidak bisa dibuka. Masalah error seperti ini bisa saja disebabkan oleh banyak faktor. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera error Realme tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Error Realme Paling Ampuh

Mengatasi Kamera Realme Tidak Bisa Dibuka
Mengatasi Kamera Realme Tidak Bisa Dibuka

Kamera yang gagal dibuka di Realme terkadang memang dialami oleh beberapa pengguna. Salah satu penyebabnya mungkin karena RAM yang sudah penuh, sehingga tidak bisa mengerjakan perintah baru. Biasanya kamera yang error dan tidak bisa dibuka tersebut memunculkan pesan di layar yang bertuliskan “Sayangnya, Kamera telah berhenti” atau “Unfortunately Camera has stopped”.

Untuk mengatasi masalah error di kamera Realme ini sendiri tidaklah sulit, bahkan kamu yang masih awam pun memungkinkan untuk melakukannya. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi kamera error Realme selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menutup dan Membuka Kembali Aplikasi Kamera

Cara yang pertama untuk mengatasi kamera Realme error yakni dengan menutup aplikasi kamera. Bukan hanya menutup kamera seperti biasa, yang hanya dengan menekan tombol Back, melainkan menutupnya secara sempurna. Caranya setelah kamera keluar dengan menekan tombol Back, dilanjut dengan menekan tombol Recent App (tombol di sebelah kiri tombol Home) dan klik tombol Tutup Semua.

Setelaha aplikasi kamera berhasil ditutup, selanjutnya kamu buka lagi aplikasi Kamera di Realme. Biasanya, masalah error seperti tadi tidak akan lagi kamu alami di HP Realme kesayangan.

2. Melakukan Restart HP Realme

Sama seperti saat mengatasi error pada aplikasi lainnya, kamera realme yang gagal dibuka juga bisa diatasi dengan cara restart. Cukup lakukan restart HP Realme seperti biasa dan biarkan sampai HP hidup kembali. Kalau sudah, kamu bisa mencoba membuka lagi aplikasi Kamera di HP Realme tersebut.

Selain bisa mengatasi kamera yang tidak bisa dibuka di Realme, melakukan restart juga punya manfaat lain. Manfaat yang dimaksud tersebut yakni dapat meningkatkan performa kinerja smartphone. Smartphone Realme akan kembali cepat dan responsif saat diberikan perintah. Hal ini dikarenakan saat restart maka semua file sampah yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen.

Catatan: Melakukan restart pada HP android memang diklaim mampu mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi di dalamnya.

3. Berikan Ruang Kosong di Penyimpanan

Salah satu penyebab kamera di Realme gagal dibuka yakni karena ruang penyimpanannya yang sudah penuh. Secara default hasil jepretan kamera di Realme akan disimpan ke memori internal HP. Jika sudah penuh maka kamera tidak akan bisa lagi menyimpan jepretan foto baru.

Selain itu, terkadang ruang penyimpanan yang penuh juga bisa membuat kamera tidak bisa dijalankan. Karena itulah, perlu membebaskan sedikit ruang kosong di memori internal agar kamera bisa dijalankan secara normal. Salah satunya dengan memindahkan file, seperti foto, video, atau aplikasi ke memori eksternal. Atau bisa juga dengan menguninstall aplikasi di HP Realme agar ruang memori internal bisa lebih lega.

4. Menghapus File Cache Aplikasi Kamera

Selain karena ruang memori internal yang penuh, RAM penuh juga bisa menyebabkan error pada aplikasi di android, termasuk juga aplikasi kameranya. RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan file sementara yang nantinya file tersebut digunakan untuk mempercepat loading aplikasi di momen kedua. Jika ruang RAM sudah penuh, tentu akan membuat performa menjadi lemot, bahkan tidak bisa menjalankan perintah apa pun.

Salah satu caranya yakni dengan menghapus file cache yang tersimpan di RAM tersebut. Melakukan restart mungkin tidak cukup ampuh untuk mengatasi error pada aplikasi kamera. Karena itulah kamu juga perlu menghapus file cache aplikasi secara manual. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama masuk ke menu Setelan atau Settings di HP Realme.
  • Kemudian pilih opsi Manajemen Aplikasi.
  • Sekarang kamu cari dan klik pada aplikasi Kamera yang error tersebut.
  • Pada halaman tersebut, selanjutnya kamu masuk ke opsi Penggunaan Memori.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.
  • Selesai.

Selain itu, lakukan pembersihan secara penuh menggunakan fitur Manajer Telepon di HP Realme. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Buka aplikasi Manajer Telepon di HP Realme.
  • Kemudian klik pada menu Bersihkan Memori.
  • Akan tampil beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Akhiri Semua.
  • Kemudian kamu beri tanda Centang pada semua aplikasi dan terakhir klik Hapus.
  • Selesai.

5. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Cara lain untuk mengatasi kamera Realme telah berhenti dengan sendirinya yakni dengan menghapus data aplikasi. Cara ini juga diklaim ampuh untuk mengatasi error pada aplikasi kamera.

Adapun langkah-langkah menghapus data aplikasi kamera di Realme selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Kemudian klik pada opsi Manajemen Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan klik pada aplikasi Kamera.
  • Lalu kamu masuk ke opsi Penggunaan Memori.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

6. Melakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan, namun Kamera HP Realme tetap saja tidak bisa digunakan, factory reset bisa dijadikan pilihan. Cara ini diklaim ampuh mengatasi berbagai masalah error di HP android, termasuk error pada kameranya. Mulai dari error ringan hingga yang berat sekalipun memungkinkan diatasi dengan factory reset.

Untuk melakukan factory reset di HP Realme selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Setelan di HP Realme.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  • Lalu klik pada opsi Buat Cadangan dan Reset.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Reset ke Data Pabrik.
  • Dan terakhir klik pada opsi Reset Pengaturan Sistem Saja.

Catatan: Di sini kamu bisa memilih opsi reset HP sesuai keinginan, baik itu hanya reset sistem ataupun reset secara menyeluruh.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera error Realme yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Situs Baca Manga Legal dan Gratis

Situs Baca Manga Legal dan Gratis - Sudah dikenal dari dulu kalau Jepang merupakan negara yang populer sekali oleh manganya. Apa anda...

Cara Hapus Channel Youtube Lewat HP Android

Cara Hapus Channel Youtube - Youtube merupakan salah satu platform nonton video yang paling populer sekarang di dunia. Tidak hanya disukai oleh...

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung di Android

Aplikasi Translate Bahasa Lampung - HP android merupakan salah satu perangkat elektronik yang bisa dibilang paling canggih di era sekarang ini. Dibekali...

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

Related news

Situs Baca Manga Legal dan Gratis

Situs Baca Manga Legal dan Gratis - Sudah dikenal dari dulu kalau Jepang merupakan negara yang populer sekali oleh manganya. Apa anda...

Cara Hapus Channel Youtube Lewat HP Android

Cara Hapus Channel Youtube - Youtube merupakan salah satu platform nonton video yang paling populer sekarang di dunia. Tidak hanya disukai oleh...

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung di Android

Aplikasi Translate Bahasa Lampung - HP android merupakan salah satu perangkat elektronik yang bisa dibilang paling canggih di era sekarang ini. Dibekali...

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini