Cara Mengatasi Instagram yang Diblokir yang Ampuh

54
Mengatasi Instagram yang Diblokir
Mengatasi Instagram yang Diblokir

Mengatasi Instagram yang Diblokir – Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan saat ini. Berada di bawah naungan Perusahaan Facebook Inc, Instagram berkembang dengan sangat pesat. Di dalamnya telah dihadirkan banyak fitur menarik yang tentunya membuat pengguna semakin tertarik dan dimanjakan oleh Instagram. Kita tahu, awalnya Instagram hanya berupa platform untuk menyimpan foto atau video dalam bentuk feed IG. Namun, sekarang fungsinya sudah lebih banyak, mulai dari tempat berbagi cerita dalam bentuk teks, foto, dan video, DM dan lain sebagainya.

Mengatasi Instagram yang Diblokir
Mengatasi Instagram yang Diblokir

Di Instagram kita dimungkinkan untuk terhubung dengan banyak orang dari seluruh dunia, baik dengan cara saling follow atau berkirim pesan lewat DM. Untuk soal followers ini menjadi salah satu hal paling penting bagi sebagian besar pengguna. Kebanyakan dari mereka menginginkan akun IG-nya memiliki banyak followers atau pengikut. Nyatanya tidak mudah untuk membuat akun Instagram kita dibanjiri dengan banyak followers. Kecuali kita mampu memberikan daya tarik bagi pengguna lain lewat postingan foto atau video yang diunggah.

Baca Juga:

Bisa dikatakan hampir semua pengguna smartphone pasti memiliki akun Instagram pribadi. Tidak heran memang, karena selain menarik kita juga memungkinkan untuk mendaftar akun Instagram secara gratis. Cara daftarnya pun sangat mudah, hanya membutuhkan alamat e-mail dan nomor HP sebagai pelengkapnya. Berbicara mengenai akun Instagram, ada kalanya akun IG kita diblokir atau dinonaktifkan secara sepihak oleh Instagram. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, yang pasti Instagram tidak akan melakukan penonaktifan akun jika tidak ada sebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi Instagram yang diblokir tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Akun Instagram Diblokir atau Dinonaktifkan

Mengatasi Akun IG yang Diblokir
Mengatasi Akun IG yang Diblokir

Sebelum lanjut ke pembahasan cara membuka akun Instagram yang diblokir, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan hal tersebut. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kamu tidak mengalami akun Instagram terblokir lagi di lain waktu. Adapun beberapa penyebab akun IG diblokir sementara atau dinonaktifkan selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Aktivitas login dan logout yang tidak wajar dilakukan oleh pengguna. Atau juga karena memiliki banyak akun IG yang dilogin dan logout di satu perangkat smartphone.
  2. Aktivitas follow dan unfollow akun Instagram yang sangat cepat dan tidak wajar, diindikasikan sebagai akun robot.
  3. Aktivitas like yang terlalu banyak dalam satu waktu sehingga diindikasikan sebagai robot atau akun spam.
  4. Terdeteksi mengirimkan komentar yang tidak pantas atau bersifat sensitif. Atas tindakan tersebut akun Instagram dilaporkan oleh pengguna lain sehingga menyebabkan akun terblokir.
  5. Mengupload foto atau video yang melanggar ketentuan dan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak Instagram.
  6. Tindakan login menggunakan aplikasi pihak ketiga atau Instagram MOD (modifikasi), seperti GB Instagram, OG Insta, Instagram Plus, Instnder, dan lain sebagainya.
  7. Akun dianggap sebagai pishing.

Jika memang kamu melakukan salah satu dari tindakan di atas, maka tidak heran jika akun Instagram milikmu dibanned oleh pihak Instagram. Jika sudah seperti ini kamu tidak bisa lagi login ke akun Instagram yang dibanned atau diblokir tersebut.

Cara Mengatasi Instagram yang Diblokir yang Ampuh

Sudah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan akun IG terblokir, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi akun yang diblokir tersebut. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk membuka blokir akun Instagram sehingga nantinya bisa diakses lagi. Adapun beberapa cara mudah untuk mengatasi Instagram yang diblokir selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membiarkan Sementara Akun Instagram

Trik yang pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi akun Instagram diblokir yakni dengan menghentikan sementara aktivitas di akun tersebut. Kamu perlu logout dari akun Instagram di HP dan jangan dulu mengaksesnya selama beberapa waktu, maksimal 48 jam atau 2 hari.

Jika dirasa sudah cukup, kemudian kamu buka lagi akun Instagram dan mencoba login menggunakan username dan passwordnya. Biasanya dengan cara ini kita bisa login seperti biasa ke akun Instagram dan akun tidak terblokir lagi.

2. Mengganti IP Address Utama di HP

Jika cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara yang kedua ini yakni dengan mengubah alamat IP utama HP. Cara ini bisa digunakan baik saat kamu menghubungkan HP ke internet melalui jaringan wifi ataupun data seluler. Sementara untuk cara mengubah alamat IP HP tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan tanpa tambahan aplikasi.

Untuk cara mengganti IP Address atau alamat IP HP selengkapnya, yakni:

  • Pastikan Anda sudah HP sudah terhubung ke jaringan wifi atau data seluler sebelumnya.
  • Pada HP yang aplikasi Instagramnya terkena blokir sementara, kamu Aktifkan fitur Mode Pesawat atau AirPlane Mode di dalamnya. Caranya dengan usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Status Bar, kemudian klik pada fitur Mode Pesawat.
  • Tunggu beberapa saat hingga fitur Mode Pesawat tersebut benar-benar aktif.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu matikan lagi Mode Pesawat di HP android tersebut.
  • Lalu hubungkan lagi HP ke jaringan internet yang digunakan sebelumnya, baik itu jaringan wifi maupun data seluler.
  • Dengan demikian IP Address yang digunakan di HP tersebut akan secara otomatis berubah sesuai operator yang kamu gunakan.
  • Selesai.

Memang apa hubungannya mengganti IP Address dengan akun Instgram diblokir? Perlu kamu tahu, pihak Instagram akan mendeteksi aktivitas pengguna di platformnya melalui IP address. Jika memang terindikasi spam atau pishing, maka mereka akan langsung memblacklist alamat IP tersebut sehingga HP tidak bisa digunakan untuk mengakses Instagram lagi.

Sementara dengan mengganti IP Address di perangkat HP ini biasanya akan membuka lagi blokir di akun Instagram, sehingga kamu bisa masuk ke akun seperti biasa.

3. Menghapus Data Aplikasi Instagram

Untuk cara yang ketiga ini hanya bisa dilakukan jika akun Instagram yang diblokir hanya terjadi di HP yang kamu gunakan. Sementara saat login ke akun Instagram yang sama di perangkat lain, justru bisa masuk seperti biasa. Jika hal ini yang terjadi, maka kamu disarankan untuk melakukan penghapusan data aplikasi Instagram.

Mengenai langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi Instagram tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache dan klik Hapus Data.
  • Selesai.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghapus data Instagram dengan melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Kemudian lakukan restart HP dan install lagi aplikasi Instagram melalui Google Playstore.

4. Melapor ke Pihak Instagram

Jika sudah melakukan semua cara di atas, namun belum bisa mengatasi akun Instagram yang diblokir, maka bisa mencoba cara yang terakhir ini. Kamu bisa mengirim laporan ke pihak Instagram untuk membuka blokir akun. Mengenai cara mengirim laporannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi Instagram di HP.
  • Kemudian login dengan memasukkan username dan password akun Instagram yang diblokir.
  • Di sana akan ditampilkan informasi bahwasannya akun IG tersebut diblokir atau dibonaktifkan oleh pihak Instagram. Lanjut dengan klik tombol Selengkapnya.
  • Kemudian masuk ke opsi Hubungi Kami.
  • Selanjutnya pilih IYA jika akun tersebut mewakili bisnis atau perusahaan, atau pilih TIDAK jika akun tersebut milik pribadi.
  • Isi formulir secara lengkap dan jelaskan juga permasalahan Anda mengirim laporan, kemudian klik Kirim.
  • Biasanya pihak Instagram akan memberikan konfirmasi atau balasan 1 hingga 3 hari setelah laporan dikirim.
  • Jika memang disetujui, maka akun Instagram tersebut akan dicabut blokirnya.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Instagram yang diblokir paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu, ya?

Artikel SebelumnyaCara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera
Artikel SelanjutnyaBeberapa Cara Ampuh Menghapus Semua Tweet Twitter Sekaligus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini