Cara Mengatasi HP Tidak Keluar Suara Paling Ampuh

Mengatasi HP Tidak Keluar Suara – Fungsi HP yang awalnya hanya sebagai alat komunikasi saja, sekarang sudah berkembang pesat. Berbagai fitur canggih disematkan di HP, sehingga membuat fungsinya semakin fleksibel. Khususnya untuk smartphone android, di HP tersebut kita memungkinkan untuk melakukan banyak hal. Bahkan dengan sebuah smartphone android memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna, mulai dari aktivitas di sekolah, di kantor, bahkan aktivitas harian di rumah.

Mengatasi HP Tidak Keluar Suara
Mengatasi HP Tidak Keluar Suara

HP android juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk mengusir rasa bosan saat tidak ada pekerjaan. Ada banyak hiburan yang bisa kamu dapatkan dari HP android, mulai dari berselancar di media sosial, menonton video streaming, ataupun bermain game offline dan online di dalamnya. Semua hiburan seru di android ini bahkan bisa kamu nikmati secara gratis, hanya perlu menyambungkan smartphone ke jaringan internet. Lebih nyaman lagi jika HP disambungkan ke jaringan Wifi, di mana jaringan Wifi ini biasanya memiliki sinyal yang lebih cepat dan stabil dibandingkan jaringan seluler.

Baca Juga:

Akan tetapi, semua aktivitas di HP tidak akan maksimal jika ada salah satu komponen di dalamnya mengalami masalah error atau kerusakan. Misalnya saja suara HP yang tidak keluar, baik untuk nada notifikasi, memutar musik, bermain game atau aktivitas lainnya. Suara di HP yang tidak keluar ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik yang diketahui ataupun tidak diketahui oleh pengguna. Mengenai cara mudah mengatasi HP tidak keluar suara yang paling ampuh selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

Kondisi HP yang suaranya hilang seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penting untuk mengetahui beberapa penyebabnya ini sebagai cara untuk mempermudah mengatasinya, serta untuk mencegah agar masalah tersebut tidak terjadi lagi. Adapun beberapa penyebab HP tidak keluar suara selengkapnya, sebagai berikut:

1. HP Disetting ke Mode Senyap atau Hening

Penyebab pertama HP tidak mengeluarkan suara yakni karena kamu telah mengaktifkan Mode Hening atau Senyap pada HP. Hal ini tentunya akan membuat HP menjadi mute atau tidak bisa mengeluarkan suara, baik saat ada notifikasi, memutar musik dan video, bermain game, browsing atau aktivitas lainnya.

Mungkin saja HP yang dalam keadaan Mode Hening tersebut tidak sengaja kamu aktifkan. Atau memang disengaja diaktifkan saat kondisi tertentu, namun kamu lupa untuk mematikannya lagi.

2. Sistem Android Mengalami Bug atau Crash

Penyebab lainnya yang bisa membuat suara di HP tidak keluar atau hilang yakni karena adanya bug pada sistem android. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan ulah pengguna, virus dan malware, atau memang bawaan dari sistem itu sendiri.

Yang pasti, bug pada sistem akan mengganggu kinerja dari smartphone android, termasuk pada suaranya.

3. Headset yang Masih Tersambung ke HP

Baik itu headset dengan sambungan kabel ataupun nirkabel, tentunya hal ini akan membuat HP tidak bisa mengeluarkan suara. Pasalnya suara yang dikeluarkan dari HP tidak melalui komponen speaker yang ada, melainkan dikeluarkan melalui headset.

Kasus ini sering terjadi bagi kamu yang menggunakan headset non kabel, baik itu yang menggunakan sambungan wireless maupun bluetooth. Mungkin saja kamu lupa memutuskan sambungannya, sehingga mengira suara HP yang tidak keluar dikarenakan adanya kerusakan di dalamnya.

4. HP Masih Mendeteksi Sambung Headset Bluetooth

Padahal headset bluetooth sudah dimatikan dan sambungannya diputuskan. Akan tetapi pada kondisi ini HP masih mengira kalau headset masih terhubung padanya melalui fitur bluetooth.

Kondisi semacam ini memang sering terjadi dan dialami oleh pengguna HP dengan headset berbasis bluetooth ataupun speaker bluetooth. Karena itulah, hal ini akhirnya menyebabkan HP tidak bisa mengeluarkan suara.

5. Komponen Speaker HP Bermasalah

Dan penyebab suara di HP android yang hilang atau tidak keluar yakni disebabkan karena adanya kerusakan pada speaker. Baik itu karena konektor speaker yang tidak terpasang sempurna atau karena memang speakernya yang sudah rusak.

Hal yang demikian ini tentunya akan membuat HP tidak akan mengeluarkan suara lagi, sebelum kamu memperbaikinya.

Cara Mengatasi HP Tidak Keluar Suara yang Ampuh

Cara Mengatasi Suara HP Hilang
Cara Mengatasi Suara HP Hilang

Mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi HP tidak keluar suara tersebut. Adapun cara mudah dan ampuh mengatasi HP tidak keluar suara selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP yang tidak bisa mengeluarkan suara yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error ringan pada sistem android, termasuk suaranya yang tidak bisa keluar.

Melakukan restart HP juga akan memberikan dampak positif lainnya, yakni bisa mempercepat performa kinerja HP. Dikarenakan penyimpanan di RAM yang dihapus secara permanen dan menunjang performa yang meningkat.

2. Mengatur Suara Pada HP

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab HP tidak keluar suara dikarenakan dalam Mode Hening. Artinya semua pengaturan suara dinonaktifkan dan tidak bisa lagi mengeluarkan suara sama sekali.

Untuk mengatasinya kamu perlu mengatur ulang suara pada HP android tersebut melalui menu Pengaturan. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Suara dan Getar.
  • Di sana kamu aktifkan Mode Suara yang semula ada pada Mode Hening.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengatur nada dering untuk panggilan, notifikasi, dan juga nada sistem.
  • Dengan cara ini biasanya suara pada HP akan aktif kembali.

Catatan: Selain melalui menu Pengaturan, kamu juga bisa mengubah Mode Hening menjadi Mode Suara melalui ikon Suara atau Speaker yang ada di Menu Bar.

3. Memutuskan Sambungan Headset di HP

Cara lainnya untuk memperbaiki masalah HP yang tidak mau keluar suara yakni dengan mencabut headset dari HP. Jika memang headset yang tersambung menggunakan mode blutetooth, maka cara terbaiknya yakni dengan mematikan fitur bluetooth di HP android.

Namun, terkadang mematikan fitur bluetooth saja tetap membuat HP mengira headset masih tersambung ke bluetooth di HP. Sebagai cara terampuh untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama SoundAbout. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

  • Download dan install dulu aplikasi SoundAbout di HP.
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya klik pada menu Connectable Devices.
  • Lalu pilih opsi Wired Headset Settings.
  • Fokus pada opsi Wired Headset Detection, kamu hilangkan tanda centang yang ada pada opsi tersebut.

4. Melakukan Factory Reset HP Android

Factory reset bisa kamu lakukan jika HP yang tidak bisa mengeluarkan suara diakibatkan oleh sistem android yang mengalami bug. Melakukan reset akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Untuk itu, kamu perlu melakukan backup data jika memang terdapat data penting di dalamnya.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset di smartphone android selengkapnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Lalu klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik tombol Reset Data Pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset data HP selesai, mungkin membutuhkan waktu 5 hingga 15 menit hingga HP bisa dioperasikan kembali.

5. Membongkar HP dan Cek Speakernya

Dan cara terakhir untuk mengatasi HP tidak keluar suara yakni dengan membongkarnya, kemudian memeriksa komponen speaker yang terpasang. Periksa pada konektor speaker, apakah terpasang dengan benar atau tidak. Lakukan perbaikan sambungan jika memang konektornya tidak terpasang dengan benar.

Selain itu, periksa juga speakernya apakah masih berfungsi dengan baik atau justru sudah rusak. Kamu perlu melakukan penggantian speaker jika memang speakernya yang rusak. Jika memang kamu tidak memiliki keahlian dalam hal ini, maka bisa mempercayakannya kepada tukang servis HP. Mereka pasti tahu cara terbaik untuk mengatasi masalah suara yang hilang atau tidak keluar di HP android ini.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi HP tidak keluar suara yang paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini