Mengatasi HP Samsung yang Lemot

Mengatasi HP Samsung yang LemotSiapa yang tak kenal dengan Samsung? Brand besar yang bergelud di pasar barang elektronik. Samsung sendiri telah terbukti dan dipercaya oleh banyak masyarakat melalui benda elektronik yang ia keluarkan, seperti monitor, televisi dan juga smartphone. Dikenal dengan kualitas dan kuantitas yang Samsung hadirkan pada setiap barangnya telah menjadikan ia sebagai merk yang sangat terkenal. Salah satu produk smartphone mantapnya ialah Galaxy, dari munculnya Telephone genggam berbasis android hingga sekarang, tipe Galaxy terus dikembangkan oleh Samsung dan telah melekat dibanyak masyarakat. Tak cuma Galaxy, sudah banyak nama produk smartphonenya yang terkenal dan berhasil terjual sukses dipasaran.

Mengatasi HP Samsung yang Lemot

Walau begitu, yang namanya benda elektronik pastilah memiliki suatu kekurangan, tak luput juga sama HP android keluaran dari brand yang satu ini. Terdapat sebagian pengguna, dan mungkin juga kamu salah satunya, yang mendapatkan keluhan pada performa Smartphonenya yang lemot atau kinerja menurun. Pasti nya ya, keluhan ini sendiri juga dirasakan oleh semua pengguna merk smartphone lainnya, namun pada kali ini kita khususkan untuk HP Samsung. Suatu kinerja perangkat android yang melemah tentu tak semata-mata terjadi tanpa sebab ya, kecuali sudah lama pemakaiannya atau termakan umur. Hal ini pasti ada penyebabnya, entah itu pemakaian kita yang tidak wajar pada HP, seperti pernah terjatuh, bermain game terlalu lama, dan lain-lain.

Baca Juga:

Penting untuk kamu ketahui ya, kalau setiap smartphone itu memiliki kapasitas performa yang berbeda-beda. Jadi tak heran jika anda memainkan game terus menerus pada smartphone yang ternyata mempunyai spesifikasi yang rendah, sehingga menimbulkan kinerja yang lemot atau lag. Tapi tenang, gak pelru pusing deh, sebab pada kesempatan kali ini kita kan membahas lengkap seputar Mengatasi HP Samsung yang Lemot. Selain penyebab yang saya sebutkan tadi, bisa saja dikarenakan oleh memori internal pada ponsel sudah terlalu penuh. Yah itu semua memang merupakan hal yang cukup sepele dan dihiraukan banyak pengguna.

Mengatasi HP Samsung yang Lemot

Gak usah panik sama smartphone Samsung kamu yang suka ngelag atau lemot, pada kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengatasi lag tersebut sesuai sama penyebab yang kalian keluhkan ok. Mari simak ulasan kita dibawah ini mengenai cara Mengatasi HP Samsung yang Lemot.

1. Menonaktifkan Fitur Animasi

Mungkin kalian sudah ada yang tahu ya bahwa salah satu keunggulan HP Samsung yaitu interface yang di sajikannya melalui OneUI. OneUI sendiri merupakan suatu sistem terdiri dari susunan animasi yang dikembangkan dan di optimalkan sendiri oleh Samsung. Dari tampilan animasi ini lah yang membuat ponsel Samsung menjadi terlihat lebih elegan dan smooth ketika di pakai. Tapi sayangnya fitur tersebut akan memakan RAM yang cukup dalam kinerjanya, jadi gak heran kalau ini adalah salah satu penyebab dari turunnya kinerja kamu ketika bermain game atau berdampak lemot pada HP. Terutama bagi anda yang memiliki RAM kecil ya, maka ada baiknya untuk mematikan fitur animasi ini untuk mengoptimalkan kinerja perangkat.

Menonaktifkan Fitur Animasi

Tidak usah bingung untuk kalian yang belum tahu sama sekali bagaimana cara mematikan features dari smartphone Samsung satu ini. Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Langkah pertama yaitu masuk kedalam menu Pengaturan HP
  2. Lalu klik Tentang Ponsel
  3. Dan pilih menu Informasi Perangkat
  4. Kemudian ketuk Nomor Versi sebanyak 7x ya
  5. Jika sudah maka keluar dan buka kembali menu Pengaturan ponsel kamu
  6. Pilih menu Developer Options atau Pilihan Pengembang
  7. Setelah itu tekan satu persatu menu Windows animation scale, Animator duration scale, Transition animation scale dan rubah nilai ke Terkecil atau di OFF kan saja.

2. Sering Lakukan Clear Cache

Cara satu ini sering kali di anggap sepele bagian sebagian pengguna android, tapi nyatanya cukup ampuh dalam menyelesaikan berbagai masalah contohnya saja kinerja lemot. Cache sendiri adalah suatu wadah penyimpanan data sementara yang pernah atau sedang digunakan. Coba pikir, kalau kita menginstall cukup banyak aplikasi yang berbeda, maka akan banyak juga cache atau sampah yang dihasilkan. Dimana hal itu jelas akan mengganggu peforma pada perangkat maupun sistem kerja HP. Tenang saja, cache ini sendiri bukanlah suatu hal yang baik untuk di simpan, melainkan sebaliknya kita harus rajin melakukan pembersihan cache.

Sering Lakukan Clear Cache

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan cache pada aplikasi smartphone. Bisa dengan menggunakan aplikasi seperti CCleaner dan pembersih lainnya. Ataupun melalui cara manual menghapus satu persatu cache dari setiap aplikasi yang ada. Berikut ini langkah dalam menghapus Cache manual :

  1. Masuk ke Pengaturan HP
  2. Jika sudah pilih menu Aplikasi
  3. Kemudian Cari dan Tekan aplikasi yang hendak dihapus cache nya
  4. Setelah itu klik Penyimpanan dan tekan Hapus Cache

3. Mematikan Aplikasi Latar Belakang

Tahukah kamu bahwa terdapat beberapa aplikasi yang mampu berjalan dilatar belakang walaupun sudah kita close, hal ini tentunya menjadi masalah yang sering orang tidak ketahui. Dampak buruknya jelas ya, semakin banyak perangkat lunak yang berjalan pada background sistem pada akan memakan kinerja dari perangkat juga, entah itu RAM, Internet atau juga CPU. Dengan begitu maka dapat disimpulkan kalau penyebab ini bisa saja sedang menimpa HP kamu yang sekarang menjadi lemot. Untuk mengatasi problem ini sendiri terdapat beberapa cara ya, pertama melalui aplikasi pembersih yang menjangkau sistem background. Menghapus aplikasi yang tidak berguna, dan juga mematikan perangkat tidak terpakai secara manual.

Mematikan Aplikasi Latar Belakang

Nah untuk cara menonaktifkan secara manual perangkat lunak yang tidak mau berjalan dilatar belakang, bisa kamu simak melalui beberapa langkah dibawah ini :

  1. Buka menu Settings pada ponsel
  2. Klik pilihan Aplikasi
  3. Lalu Cari aplikasi yang hendak mau anda Paksa Berhenti
  4. Jika sudah maka pilih App tersebut kemudian tekan tombol Paksa Berhenti atau Disable.

4. Melonggarkan Memory Internal

Cara berikutnya ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki kapasitas penyimpanan internal yang sedikit ya. Karena tak jarang sebagian user Samsung memperhatikan jumlah ruang kosong pada penyimpanan internalnya, dimana jika sudah penuh dan tersisa sedikit maka itu akan berdampak buruk sekali. Beberapa dampaknya yaitu seperti mematikan sebagian fungsi dari fitur maupun sistem smartphone, dan juga mengakibatkan HP menjadi lemot atau lag apa lagi sedang bermain game atau membuka aplikasi berat. Bagi kita yang memiliki kapasitas memori yang terbatas memang perlu untuk memperhatikannya setiap saat.

Melonggarkan Memory Internal

Adapun sedikit cara yang bisa kalian gunakan dalam melonggarkan ruang penyimpanan internal HP Samsung ya. Misalnya, menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai atau tidak pernah sama sekali digunakan. Atau bisa juga dengan cara menghapus file besar yang tersimpan pada memori, entah itu video, foto beresolusi tinggi dan file lainnya. Nah kalau tidak mau pusing menghapus file berukuran besar namun penting, anda dapat menambahkan memori eksternal sebagai tambahan ruang penyimpanan.

Penutup

Jadi itulah dia, pembahasan kita kali ini yang berjudul Mengatasi HP Samsung yang Lemot. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut ya. Jangan lupa share artikel kita, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini