Cara Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF

109
Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF
Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF

Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF – Free Fire merupakan salah satu game bergenre Battle Royale yang sangat diminati sekarang ini. Bahkan game satu ini menduduki urutan puncak sebagai game terpopuler di Google Play Store dalam waktu cukup lama. Terbukti dari jumlah downloadernya yang sudah mencapai angka lebih dari 1 miliar download di Google Play Store. Peminatnya sendiri dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Permainan seru dan menantang yang dihadirkannya menjadi daya tarik utama bagi para pecinta game mobile. Terlebih lagi kapasitanya yang ringan membuatnya tetap lancar meskipun dimainkan di HP dengan spek standar.

Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF
Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF

Game Free Fire sendiri sangat identik dengan aktivitas tembak menembak dengan tujuan utama untuk tetap bertahan hidup sampai hanya tersisa satu pemain atau tim saja. Bukan perkara mudah, pasalnya dalam satu putaran permainan ada sekitar 50 pemain yang berpartisipasi. Mereka akan ditempatkan di satu pulau dan mulai berjuang untuk bertahan hidup dengan cara berlari, bersembunyi dan melawan. Dalam permainan kita bisa mencari senjata dan item pendukung lainnya yang tersebar di berbagai tempat. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan senjata dengan kemampuan terbaik, baik dalam hal membidik atau mematikan lawan. Namun, jangan terlalu banyak membawa perlengkapan tempur agar karakter tidak kesusahan saat berlari.

Baca Juga:

Dibandingkan dengan game serupa seperti PUBG Mobile dan COD Mobile, game Free Fire ini bisa dibilang yang paling ringan kapasitasnya. Game Free Fire ini juga sering menjadi pilihan alternatif bagi pemain yang HP-nya tidak mampu memainkan kedua game berat tersebut. Kualitas grafis game FF lebih rendah dibandingkan PUBG Mobile dan COD Mobile, tetapi untuk soal keseruan permainan tidak berbeda jauh. Meski demikian, ada kondisi yang membuat game Free Fire patah-patah atau lag saat dimainkan di HP android. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin juga tidak disadari oleh pemain. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP patah-patah saat main FF tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Patah-patah saat Main FF

Mengatasi Game Free Fire Lag di HP Android
Mengatasi Game Free Fire Lag di HP Android

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab game Free Fire lag atau patah-patah saat dimainkan di HP android. Beberapa penyebab yang dimaksud, di antaranya:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan error.
  • RAM yang penuh di HP android.
  • ROM atau memori internal yang penuh.
  • Bug atau error pada game Free Fire.
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang HP.
  • Baterai yang lemah yang mana presentasenya di bawah 20%.
  • Spesifikasi HP yang kurang memadai untuk memainkan game Free Fire.
  • Bug atau error pada sistem HP android.

Mengetahui beberapa penyebab di atas tentunya akan lebih memudahkan kita untuk melakukan perbaikan. Selain itu, ini juga akan berguna bagi kita untuk langkah pencegahan agar masalah game FF nge-lag tidak dialami lagi.

Adapun beberapa cara mengatasi HP patah-patah saat main FF yang ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi patah-patah saat main game Free Fire di android yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini akan menghapus file sementara yang tersimpan dan memenuhi RAM. Yang mana hal inilah yang menjadi salah satu penyebab lag pada game FF tersebut.

Caranya cukup dengan menekan dan tahan tombol Power atau Daya selama beberapa detik, lalu pilih Restart atau Mulai Ulang. Cara ini juga akan membuat performa HP akan lebih cepat dan responsif dibandingkan sebelumnya.

2. Periksa Koneksi Internet di HP

Jika masih tetap patah-patah atau nge-lag, cobalah untuk mengecek kualitas koneksi internet di HP. Coba gunakan HP untuk streaming video di Youtube dengan kualitas tinggi, apakah cukup lambat saat memutar video atau bahkan tidak berputar sama sekali? Jika benar, maka bisa dipastikan koneksi internet di HP memang sedang tidak stabil.

Untuk mengatasinya bisa dengan mengaktifkan dulu Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Tunggu beberapa saat, lalu nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut. Kemudian hubungkan lagi HP ke jaringan internet. Biasanya kecepatan internet di HP akan kembali stabil dan game FF patah-patah akan teratasi.

Selain itu, kamu bisa mencoba menghubungkan HP ke jaringan wifi, yang mana jaringan wifi biasanya memiliki kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil dibandingkan jaringan seluler.

3. Menghapus File Cache yang Menumpuk di Memori Internal

Memori internal yang penuh juga menjadi penyebab lain menurunnya performa HP, khususnya saat menjalankan game. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan cache atau sampah aplikasi yang tersimpan di memori internal tersebut. Untuk menghapusnya sendiri bisa dengan cara manual dan otomatis.

Untuk cara manual bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> pilih salah satu aplikasi >> Penyimpanan >> Hapus Cache. Sementara untuk cara otomatis bisa memanfaatkan fitur Manajer Telepon di HP. Masuk ke opsi Penggunaan Penyimpanan, lalu lakukan penghapusan cache aplikasi di sana.

4. Isi Ulang Baterai HP Android

Sejatinya HP yang baterainya dalam kondisi lemah akan secara otomatis diturunkan performa kinerjanya. Hal ini akan berdampak pada aplikasi yang dijalankan, termasuk saat memainkan game Free Fire yang membuatnya patah-patah atau lag. Penurunan performa ini akan dilakukan bertahap seiring berkurangnya daya baterai.

Daya baterai HP yang sudah mencapai kurang dari 20% biasanya akan menonaktifkan beberapa fitur penting di HP secara otomatis. Dalam kondisi ini kamu perlu mengisi ulang HP agar performanya kembali stabil dan patah-patah saat main Free Fire akan teratasi.

5. Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background akan membuat HP semakin berat saat harus menjalankan game Free Fire. Karena itulah tidak jarang hal ini membuat game Free Fire yang dimainkan menjadi patah-patah atau nge-lag. Untuk mengatasinya, tentu kita perlu menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut.

Ada dua cara untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang, yakni secara manual dan otomatis. Untuk cara manual bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> pilih salah satu aplikasi yang ingin dihentikan >> Paksa Berhenti.

Sementara untuk cara otomatis bisa dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store secara gratis. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya yang paling recommended adalah Greenify.

6. Atur Kualitas Grafis Game Free Fire

Dalam hal ini mungkin spesifikasi HP androidmu kurang memadai untuk menjalankan game Free Fire dengan settingan grafis high. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba menurunkan settingan grafis game tersebut ke tingkat rendah atau low. Cara ini akan membuat game lebih ringan dijalankan sehingga ramah dengan HP spek standar dan masalah lag atau patah-patah akan teratasi.

Untuk cara menurunkan kualitas grafis di game Free Fire tersebut, yakni:

  • Buka game Free Fire seperti biasa dan login ke akun.
  • Masuk ke menu Settings.
  • Lalu pilih opsi Display.
  • Pada bagian Graphic, kamu atur ke opsi Smooth. Kemudian pada opsi High Res, kamu atur ke opsi Normal.
  • Selesai.

7. Hapus Cache Game Free Fire

Dan cara yang terakhir untuk mengaatasi game Free Fire patah-patah yakni dengan menghapus file cache atau sampah di dalam game. File cache memang berguna untuk mempercepat loading saat membuka game FF di momen kedua. Namun, tidak jarang hal ini juga menjadi penyebab game menjadi berat dan patah-patah saat dimainkan.

Untuk mengahapus cache game Free Fire sendiri bisa langsung melalui menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Free Fire.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache.
  • Selesai.

Jika memang masih tetap, kamu bisa lanjut dengan klik pada tombol Hapus Data. Akan tetapi hal ini akan membuatmu keluar dari akun FF. Ketika menjalankan game FF kembali, kamu perlu login ulang.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP patah-patah saat main FF yang ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Main Free Fire Tanpa Kuota di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi FF Server Akan Segera Siap
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini