Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya

64
Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya
Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya

Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan PenyebabnyaSeperti yang kita ketahui bersama bahwa, Google Play Store sendiri merupakan toko perangkat lunak Android yang memungkinkan kita mengunduh aplikasi secara aman dan beragam. Walaupun sekarang telah banyak sekali website atau pihak ketiga yang menyediakan layanan serupa, tapi tetap saja mengunduh di Play Store merupakan pilihan yang paling aman. Karena pada Google PlayStore sendiri menerapkan beberapa kebijakan dalam mempublish suatu aplikasi, jadi gak asal-asalan dan aman dari serangan virus. Berbeda kalau anda mengunduh APK dari sebuah website yang gak tau keamanannya.

Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya

Walaupun PlayStore atau biasa disebut PS ini sangat berguna dengan menghadirkan beragam aplikasi, tetap saja ada kekurangannya, yang mungkin tidak dirasakan oleh semua pengguna. Terdapat kasus yang kerap dijumpai oleh beberapa pengunjung PlayStore, mungkin anda salah satunya, dimana memang masalah itu akan sangat menjengkelkan jika tidak segera diatasi. Kasus tersebut ialah tertundanya proses download aplikasi pada Google Play Store, dimana ketika pengunduhan sedang berjalan malah tiba-tiba saja berhenti tanpa sebab. Bagi kalian sang pemilik HP yang sedang mengalami problem ini, gak usah khawatir dan terburu-buru pergi ketukang servis ya.

Baca Juga :

Nah untuk mengatasi permasalahan ini, terlebih dulu kamu harus mengetahui penyebabnya apa saja ya. Tentu, penyebabnya sangat bermacam-macam sekali ya, jadi memang sebagusnya anda cari penyebabnya dulu. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka nanti kamu akan lebih mudah dalam memecahkan masalah tersebut melalui solusi yang tepat. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar cara Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya. Yang mana Bukandroid sudah berhasil merangkum beberapa cara jitu yang dapat kalian gunakan, dan sebelumnya sudah anda sesuaikan atau perkirakan sama penyebabnya.

Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya

Kedaaan dimana kita sedang menunggu hasil unduh aplikasi di Play Store sampai selesai, tapi malah tertunda di tengah jalan akan menjadi hal yang sangat mengganggu tentunya. Nah yang perlu kamu ketahui terlebih dulu yaitu penyebabnya, barulah nanti cara bagaimana mengatasi problem tersebut. Yuk simak apa saja penyebab dan solusinya dibawah ini yaa.

1. Memori Internal Sedikit

Memori Internal Sedikit

Penyebab utama yang harus kalian pastikan ialah ruang penyimpanan internal harus memadai. Sebab, jika ruang internal pada perangkat Android kamu nanggung atau sedikit, maka proses pengunduhan akan terjeda di tengah jalan dikarena memori yang penuh tidak dapat terisi lagi. Biasanya kita akan menerima sebuah notifikasi bertuliskan “Not Enought Storage” atau sejenisnya jika memori HP kita rendah pada saat proses download tersebut tertunda. Namun ada juga dibeberapa kasus tidak disertai pemberitahuan ini, jadi masih harus kamu cek sendiri ya untuk memastikannya.

Ada beberapa tips nih yang dapat kamu gunakan dalam mengatasi masalah satu ini :

  1. Menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang atau tidak lagi dipakai, merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan ya. Hhhmm, jangan anggap remeh ya! Karena mungkin saja terdapat beberapa app yang memiliki ukuran besar, dan juga walaupun berukuran kecil kalau jumlahnya banyak ya sama aja.
  2. Menghapus atau memindahkan file foto, video dan lainnya keperangkat berbeda, seperti laptop ataupun komputer. Tak disangka memang, ukuran dari sebuah video yang dihasilkan oleh smartphone cukup lah besar di durasi sekian menit saja. Jangan heran ya, hal itu memang wajar di smartphone jaman sekarang yang mempunyai kualitas kamera 720p sampai 1080p. Jika memang sayang untuk dihapus, maka pindahkan saja ok.

2. Sistem Android Bermasalah

Mungkin kalian juga tak menyangka ya jika terkadang terdapat juga sebuah gangguan pada sistem OS android. Nah penyebab kedua ini biasanya menimbulkan tanda-tanda sebelum terjedanya pengunduhan, seperti HP lag, hp panas, dan bahkan tak bergejala apapun. Mungkin secara tidak sadar, anda sedang membuka banyak aplikasi. Sehingga membuat kapasitas RAM dan kinerja lainnya mengalami overload, bahkan juga bisa menimbulkan bug yang mengakibatkan tertundanya proses download. Hal ini sendiri pernah saya alami, langkah yang saya ambil adalah dengan cara Mematikan HP sejenak sekitar beberapa saat, dan menghidupkannya kembali.

3. Dalam Proses Antrian PlayStore

Selanjutnya yang mungkin saja belum kamu ketahui nih, kalau Google Play Store tidak mampu untuk menjalankan lebih dari satu proses unduhan. Dalam arti lain, jika PlayStore sedang mengunduh sesuatu entah itu app yang kita downlaod maupun sebuah pembaharuan, maka proses download yang kita inginkan tidak akan berjalan. Nah, jadi penting untuk kamu pastikan bahwa tidak ada app lain yang sedang kamu downlaod didalam Play Store ya. Serta pastikan juga kalau sistem pembaharuan Play Store tidak sedang berjalan. Memang hal ini sering tidak kita sadari ya, sebab opsi update app tersebut bersifat otomatis, walaupun begitu kita bisa mematikannya lho.

Dalam Proses Antrian PlayStore

Berikut dibawah ini langkah untuk menonaktifkan fitur update otomatis pada Play Store :

  1. Buka aplikasi Google PlayStore di ponsel milikmu
  2. Klik icon garis tiga pada sudut kanan atas
  3. Kemudian tekan Setelan > Update aplikasi secara otomatis
  4. Pilih opsi Jangan update aplikasi secara otomatis.

4. Cache PlayStore Menumpuk

Jika beberapa langkah diatas tadi sudah anda coba dan kurang ampuh, maka gunakanlah cara satu ini. Membersihkan ruang cache pada suatu aplikasi sering kali memecahkan masalah terhadap app itu sendiir, begitu pula sama PlayStore. Mungkin diantara kalin bertanya-tanya ya apasih cache pada sebuah aplikasi itu? Ya dengan kata lain cache ini sendiri sama seperti sampah ya. Jadi, kalau sudah menumpuk terlalu banyak dan tidak pernah dibersikan, maka tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan aplikasi tersebut mengalami gangguan. Memang tak ada gejala lain yang disebabkan oleh cache menumpuk ini selain gangguan pada app tersebut. Jadi tak heran kalau penyebab yang satu ini jarang diketahui pengguna smartphone.

Cache PlayStore Menumpuk

Berikut dibawah ini langkah menghapus cache pada aplikasi Play Store :

  1. Buka Pengaturan pada HP milikmu
  2. Cari dan klik menu Aplikasi Pengelola aplikasi
  3. Dan cari dan tekan aplikasi Google Play Store
  4. Selanjutnya pilih Penyimpanan internal, dan klik Hapus Cache.

5. Memperbaharui Google Play Store

Cara terakhir yang Bukandroid rekomendasikan untuk kamu coba adalah, memperbaharui versi dari PlayStore itu sendiri. Proses unduh dapat juga tertunda, kalau versi dari app PlayStore milikmu masih versi lama. Jadi langkah yang perlu anda lakukan hanya mengupdate nya saja.

Berikut ini cara mengupdate Google Play Store :

  1. Buka aplikasi PlayStore pada HP anda
  2. Klik menu Setting, dan sentuh Play Store Version secara berulang-ulang
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses pembaharuan berhasil dilakukan
  4. Lalu cobalah untuk mengunduh aplikasi lagi.

Penutup

Baiklah, itu dia tadi pokok bahasan kita kali ini yang berjudul Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store dan Penyebabnya. Diharapkan setelah kalian membaca artikel ini, bisa membantu mengatasi masalah tersebut ya.

Artikel SebelumnyaCara Cek Pulsa Smartfren di HP Android Terbaru 2020
Artikel SelanjutnyaAplikasi Pembersih Sampah Terbaik iPhone
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini