Cara Mudah Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File

39
Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File
Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File

Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File – Beragam fitur canggih sudah disematkan di dalam HP android. Tidak lain fitur tersebut dihadirkan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian para penggunanya. Hingga sekarang ini beberapa vendor smartphone masih tetap berusaha untuk mengembangkan inovasi terbaru untuk fitur yang disematkan di dalam smartphone android tersebut. Hasilnya, persaingan ketat terjadi untuk urusan produksi HP android canggih.

Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File
Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File

Dari banyaknya fitur yang ada di HP android, ada satu fitur canggih yang fungsinya sangat bermanfaat bagi pengguna. Fitur yang dimaksud tersebut yakni fitur bluetooth.Bluetooth merupakan salah satu jenis sambungan yang biasanya digunakan untuk berkirim file jarak jauh. Dengan menggunakan fitur bluetooth kamu tidak perlu lagi menggunakan sambungan kabel atau alat lainnya untuk mengirim file antar HP android. Mengirim file dengan sambungan bluetooth juga terbilang cepat dan praktis.

Baca Juga:

Meskipun cepat dan mudah, namun terkadang fitur bluetooth yang ada di HP android mengalami masalah error. Salah satunya yakni masalah bluetooth yang tidak bisa mengirim dan menerima file. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah satu ini. Namun, yang terpenting yakni bagaimana cara untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi bluetooth tidak bisa kirim file di android selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Kirim File

Bluetooth sering dijadikan pilihan utama untuk urusan transfer data jarak dekat hingga sedang bagi beberapa pengguna. Selain karena kepraktisannya, cara ini juga tidak memerlukan biasa tambahan. Bahkan tidak juga membutuhkan sambungan internet untuk melakukannya.

Hanya saja untuk soal kecepatan tidak secepat saat mengirim file lewat aplikasi chat atau yang lainnya. Dan juga, masalah bluetooth tidak bisa transfer file juga sering dialami pengguna saat menggunakannya. Jika kamu juga mengalaminya, berikut cara untuk mengatasi bluetooth tidak bisa kirim file selengkapnya, yakni:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah tidak bisa berkirim file dengan bluetooth yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, dan juga sangat mudah dilakukan. Cukup menekan tombol Power agak lama, kemudian pilih Restart.

Tidak hanya mengatasi masalah tersebut, berbagai error ringan yang terjadi di HP android juga bisa diatasi dengan cara merestart HP android ini. Setelah HP menyala lagi, kamu bisa langsung mengulang pengiriman file lewat bluetooth tersebut.

Catatan: Melakukan restart akan membuat kinerja HP android menjadi ringan dan responsif. Cara ini tentunya bisa dijadikan pilihan jika HP androidmu sangat lemot.

2. Menghapus File Cache Aplikasi

Cara lain untuk mengatasi bluetooth tidak bisa transfer file di android yakni dengan menghapus cache. File cache yang menumpuk dan dibiarkan dalam waktu lama juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Karena itulah, kamu perlu menghapusnya agar masalah tidak bisa kirim file lewat bluetooth bisa teratasi.

Menghapus file cache aplikasi bluetooth ini sendiri tidaklah sulit, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Setelan atau Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi Bluetooth yang terinstall di HP androidmu.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir kamu klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Catatan: Menghapus file cache tidak akan memberikan dampak apa-apa pada aplikasi bluetooth. Hanya saja, ini akan membantu mengatasi masalah yang terjadi di dalamnya.

3. Menghapus File Data Aplikasi

Jika dengan menghapus file cache atau file sampah belum berhasil mengatasi masalah pada bluetooth, cara kedua ini bisa dijadikan pilihan. Menghapus file data juga diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error pada aplikasi, termasuk pada aplikasi bluetooth.

Tidak jauh berbeda dengan cara di atas, untuk menghapus file data aplikasi bluetooth juga sangat mudah dilakukan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Bluetooth.
  • Sekarang kamu klik pada tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik pada tombol Hapus Data.
  • Selesai.

Catatan: Menghapus file data aplikasi akan membuat aplikasi direset ke pengaturan awal atau default. Jadi, aplikasi bluetooth akan seperti baru pertama kali digunakan.

4. Melakukan Unroot HP Android

Jika masalah bluetooth tidak bisa kirim file terjadi setelah kamu melakukan rooting HP, maka melakukan unroot merupakan pilihan paling tepat. Rooting HP android akan memberikan hak akses penuh terhadap pengguna. Ini biasanya diperlukan bagi pengguna yang suka mengoprek sistem android.

Meski demikian, rooting HP android juga meningkatkan banyak sekali risiko bahaya bagi HP. Salah satunya menyebabkan error pada HP, termasuk error pada sambungan bluetooth. Untuk melakukan unroot HP android sendiri bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak pilihan aplikasi unroot HP android yang bisa diinstall secara gratis di Google Play Store. Salah satunya yang cukup populer digunakan yakni aplikasi KingRoot.

5. Melakukan Factory Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi bluetooth tidak bisa kirim file yakni dengan melakukan factory reset. Cara satu ini tidak hanya bisa mengatasi masalah pada fitur bluetooth, bahkan error berat pada HP lainnya bisa diatasi dengan mudah.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan factory reset HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset HP android selesai.

Catatan: Factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP. Jika memang ada data yang penting, maka bisa dibackup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset HP tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi bluetooth tidak bisa kirim file di HP android yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Pembuat CV di Android Terbaik 2020
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Nada SMS Tidak Bunyi di OPPO
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini