Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

12
Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh
Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling digandrungi saat ini. Hampir semua orang pasti memiliki perangkat smartphone android tersebut. Baik itu dari kalangan atas, menengah hingga kalangan bawah pasti memilikinya. Terlebih lagi HP android bisa dibilang sebagai kebutuhan penting bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Fungsinya yang fleksibel menjadi alasan kenapa perangkat elektronik satu ini sangat dibutuhkan di kehidupan masyarat modern sekarang ini.

Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh
Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Lain dari itu, sekarang banyak vendor smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan seri smartphone android baru dengan banderol harga murah. Dan juga setiap waktunya pasti ada seri smartphone android baru yang diluncurkan di pasar global. Bagi pengguna yang ingin selalu mengikuti tren, pastinya akan selalu melakukan upgrade pada perangkat smartphonenya tersebut. Mereka tidak segan-segan menjual HP lamanya dengan harga yang murah, sehingga ini membuat para kalangan menengah ke bawah lebih mudah menjangkaunya. Mereka bisa membeli smartphone android second yang harganya jauh lebih murah dibandingkan kondisi barunya.

Baca Juga:

Memiliki sebuah smartphone android, sudah semestinya untuk kita melakukan perawatan rutin agar performa HP tetap terjaga. Namun, yang namanya perangkat elektronik pasti akan ada saja masalah error atau kerusakan yang dialaminya. Salah satunya adalah baterai HP android yang mengalami masalah, misalnya saja baterai yang tidak bisa penuh meskipun sudah dicas dalam waktu lama. Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai HP tidak bisa penuh meski dicas lama tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Penyebab Baterai HP Tidak Bisa Penuh
Penyebab Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah baterai HP yang tidak bisa full 100%, padahal sudah dicas dalam waktu yang cukup lama. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:

  • Umur baterai yang sudah tua dan semestinya untuk diganti.
  • Penggunaan charger yang tidak cocok, baik itu adaptor atau kabelnya. Misalnya saja menggunakan charger bukan ORI atau dari brand dan tipe HP lain.
  • Kerusakan pada komponen charger, baik di bagian adaptor atau kabel yang digunakan.
  • Baterai HP bocor sehingga tidak bisa menyimpan daya dengan baik.
  • Baterai HP kembung atau masalah kerusakan lainnya.
  • Kerusakan pada port charger HP.
  • Arus listrik yang digunakan tidak stabil atau sedang turun. Bisa juga karena arus listrik yang sering putus nyambung, baik karena kerusakan di stop kontak, kabel penghubung atau yang lainnya.
  • Error pada sistem android.

Dari beberapa penyebab HP tidak bisa dicas sampai penuh di atas, kita jadi lebih mudah melakukan perbaikan pada permasalahan tersebut. Adapun cara ampuh mengatasi baterai HP tidak bisa penuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Charge HP dalam Keadaan Mati

HP yang dicas dalam keadaan hidup bisa membuat proses pengisian daya menjadi kurang stabil, bahkan akan sangat lama penuhnya. Ini karena saat HP dalam keadaan hidup akan tetap mengonsumsi daya baterai. Beberapa kondisi yang bisa menguras daya baterai meski dalam keadaan dicas tersebut, seperti koneksi internet yang aktif di HP, ada aplikasi yang berjalan baik di muka atau di latar belakang, atau aktivitas lain oleh pengguna pada HP tersebut.

Untuk itu, sebaiknya matikan saja perangkat smartphone android ketika ingin diisi daya. Pastikan kamu mencolokkan kabel charge pada port di HP dengan benar dan tertancap sempurna.

2. Ganti Charger HP

Menggunakan charger HP KW atau bukan bawaan, kemungkinan besar pengisian daya pada HP akan kurang maksimal. Bahkan ini dapat menyebabkan baterai HP lama penuhnya, dikarenakan arus listrik yang masuk dan keluar tidak seimbang.

Sejatinya semua tipe HP sudah dilakukan pencocokan dengan charger yang digunakannya sehingga pengisian daya yang dilakukan akan lebih maksimal. Karena itulah, jika kamu memaksakan HP dicharge menggunakan charge bukan bawaan atau ORI-nya, kemungkinan besar pengisian daya akan sangat lama. Kalaupun lebih cepat dari biasanya, ini akan berdampak pada usia baterai yang lebih pendek atau juga kerusakan pada komponen lainnya.

Untuk itulah, sebaiknya kamu selalu menggunakan charger ORI dari HP agar pengisian daya bisa lebih maksimal. Jika masih tetap baterai lama terisinya, maka kamu bisa menggantinya dengan charger ORI lain atau dalam kata lain beli charger baru. kemungkinan charger yang kamu gunakan tersebut sudah rusak, baik bagian adaptor maupun kabelnya.

3. Periksa Kondisi Baterai

HP yang dicas lama tetapi tidak kunjung penuh 100%, bisa jadi ini disebabkan karena baterai HP yang bermasalah. Baik itu, karena baterai bocor, baterai kembung ataupun masalah kerusakan lainnya. Pengecekannya sendiri bisa dilihat dari kondisi fisik baterai. Untuk baterai kembung, biasa bagian belakang bodi HP (tempat baterai) akan ada sedikit mengembung. Sementara untuk pengecekan dari sisi kesehatan baterai, Anda bisa mengeceknya menggunakan Aplikasi Kaspersky Battery Life atau sejenisnya.

Namun, untuk lebih detail mengetahui kondisi baterai, kamu bisa melakukan pembongkaran HP dan cek kondisi baterainya menggunakan Alat Cek Baterai khusus. Jika memang baterai HP yang bermasalah, maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti baterai baru.

4. Update Versi OS Android

Baterai HP yang tidak dapat terisi penuh meskipun dicas dalam waktu lama selanjutnya yakni dengan mengupdate OS Android ke versi terbaru. Bisa jadi masalah ini disebabkan karena adanya error pada sistem android. Kita tahu OS Android versi baru dihadirkan untuk mengatasi bug atau error pada versi sebelumnya.

Untuk langkah-langkah melakukan update OS Android ke versi baru tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian gulir ke bawah, lalu pilih opsi Update Perangkat Lunak.
  • Lanjutkan dengan klik Download dan Install.
  • Jika memang ada versi android terbaru, maka Anda klik tombol Download Pembaruan.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian klik Instal Pembaruan dan biarkan hingga pembaruan selesai dilakukan.
  • Selesai.

5. Lakukan Factory Reset HP

Error pada sistem android juga bisa diperbaiki dengan cara melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke setelan awal pabrik. Cara ini akan mereset semua pengaturan di HP dan dikembalikan ke mode default. Selain itu, data yang tersimpan di memori internal juga akan dihapus secara permanen. Untuk itu, sebelum melakukan reset pastikan kamu sudah membackup semua data penting di memori internal terlebih dahulu.

Untuk cara melakukan factory reset HP android tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Tambahan.
  • Gulir ke bawah, lalu pilih opsi Cadangkan & Reset.
  • Selanjutnya klik opsi Reset ke Setelan Pabrik.
  • Lalu pilih opsi Hapus Semua Data.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ampuh mengatasi baterai HP tidak bisa penuh yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Transfer DANA ke ShopeePay di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Buat Catatan di HP OPPO yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini