Cara Mengatasi Android Download Sendiri

18
Mengatasi Android Download Sendiri
Mengatasi Android Download Sendiri

Mengatasi Android Download Sendiri – Sebagai pengguna android, kita bisa dengan bebas menginstall aplikasi apa pun di dalamnya. Aplikasi dan game android ini sendiri bisa didownload dengan mudah melalui Google Playstore. Selain itu, kita juga bisa mengunduh aplikasi dari situs penyedia aplikasi android lain. Bedanya, aplikasi yang didownload dari luar Googel Playstore ini berbentuk file APK yang nantinya bisa diinstall secara manual. Biasanya, penginstalan aplikasi dari luar Playstore, pengguna harus mengaktifkan dulu fitur izin install aplikasi tidak dikenal di perangkat androidnya.

Mengatasi Android Download Sendiri
Mengatasi Android Download Sendiri

Hampir semua aplikasi android yang tersedia bisa kita install di smartphone android. Namun, biasanya ada beberapa item premium dalam game yang hanya bisa digunakan atau diakses oleh pengguna berbayar. Meski begitu, kita bisa menikmati semua fitur dan item premium di dalam aplikasi serta game secara gratis, yakni dengan menggunakan aplikasi versi MOD atau Modifikasi. Hanya saja, penggunaan aplikasi MOD cukup berisiko, yang mana hal ini bisa menyebabkan HP error dan bahkan terserang virus/malware.

Baca Juga:

Berbicara mengenai download aplikasi di HP android, pada kondisi tertentu di HP android melakukan download dengan sendirinya. Padahal saat itu pengguna tidak mendownload file apa pun di smartphone androidnya, baik itu download aplikasi atau file media lainnya. Hal seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dan cara untuk mengatasinya pun cukup beragam, bisa kamu sesuaikan dengan penyebabnya. Adapun cara mengatasi android download sendiri yang ampuh dan mudah selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP Android Download Sendiri

Penyebab Android Download Sendiri
Penyebab Android Download Sendiri

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi android download sendiri, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini sangat penting diketahui, di mana tujuannya untuk memudahkan kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Serta juga untuk mencegah agar masalah yang sama seperti ini tidak terulang lagi. Adapun beberapa penyebab smartphone android sering download sendiri, di antaranya:

  • Download yang terhenti di Google Playstore karena sambungan internet terputus. Dan saat HP terhubung lagi ke internet, maka proses download akan dilanjutkan secara otomatis.
  • Download tertunda di Google Chrome, kasusnya sama seperti di Google Playstore di atas.
  • HP terserang virus atau malware.
  • Penginstalan aplikasi tertentu yang menyebabkan HP download sendiri.
  • Update versi aplikasi secara otomatis dari Google Playstore.

Cara Mengatasi Android Download Sendiri

Selanjutnya kita bahas bagaimana cara untuk mengatasi masalah HP android selalu download sendiri tersebut. Sangat mudah kok, bahkan bagi kamu yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kesulitan. Adapun cara mengatasi HP android donwload sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghentikan Download di Google Playstore dan Google Chrome

Seperti yang dijelaskan di atas, mungkin saja di waktu tertentu kamu mendownload aplikasi atau file lain di Google Playstore atau Google Chrome. Dan saat proses download berjalan, tiba-tiba sambungan internet di HP terputus. Hal ini tentunya juga secara otomatis menghentikan proses download di Google Playstore atau Google Chrome tersebut. Dan pada saat HP disambungkan lagi ke internet, maka secara otomatis proses download akan dilanjutkan.

Ini bukanlah masalah error, sehingga kamu tidak perlu melakukan perbaikan. Akan tetapi, jika kamu ingin menghentikan proses downloadnya tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara 1. Hentikan Download di Google Playstore

  • Pertama kamu swipe atau usap layar HP dari atas ke bawah untuk menampilkan notication bar.
  • Selanjutnya kamu klik pada proses download aplikasi Google Playsore yang berjalan.
  • Lalu pada halaman download aplikasi, kamu klik Stop / Hentikan / Batal.
  • Secara otomatis proses download akan dihentikan.

Cara 2. Hentikan Download di Google Chrome

  • Pertama buka Google Chrome di HP.
  • Kemudian klik ikon Tiga Titik Vertikal di pojok kanan atas, lalu pilih Download.
  • Di sana kamu akan melihat file yang sudah didownload dari Google Playstore, beserta proses download file yang masih berjalan.
  • Hentikan proses download dengan cara klik Batal atau tanda X.

2. Matikan Fitur Update Otomatis di Google Playstore

Secara otomatis HP akan melakukan download pada versi aplikasi baru yang tersedia dari Google Playstore. Hal ini sering kali dianggap sebagai masalah error oleh pengguna, padahal proses otomatis tersebut merupakan fungsi dari fitur yang disediakan di Google Playstore. Jika memang kamu tidak ingin HP melakukan update aplikasi secara otomatis, maka kamu perlu mematikannya.

Mengenai cara untuk mematikan fitur update otomatis pada Google Playstore tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka Google Playstore di HP android.
  • Pada halaman utama Google Playstore, Anda klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Lanjutkan dengan klik menu Setelan atau Settings.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Preferensi Jaringan.
  • Lalu klik pada opsi Update Otomatis Aplikasi dan pilih opsi Jangan Updare Otomatis Aplikasi.
  • Selesai.

Catatan: Kamu juga bisa mengaturnya ke opsi Hanya Wi-Fi Saja, di mana HP hanya akan melakukan update otomatis aplikasi ketika HP terhubung ke jaringan Wifi.

3. Uninstall Aplikasi Tertentu

Jika HP yang sering download sendiri terjadi sesaat setelah kamu menginstall aplikasi baru, bisa dipastikan masalah ini disebabkan oleh aplikasi tersebut. Risiko seperti ini semakin besar jika kamu menginstall aplikasi dari luar Google Playstore, bahkan aplikasi yang sudah dimodifikasi. 

Sebagai solusinya, kamu perlu melakukan uninstall atau penghapusan pada aplikasi tersebut. Untuk cara melakukan uninstall aplikasi android tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus atau uninstall.
  • Kemudian klik tombol Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Selesai.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Faktor lain yang menyebabkan HP android selalu download sendiri yakni karena adanya virus atau malware yang menyerang HP. Virus dan malware tersebut sudah masuk ke sistem sehingga bisa mengambil alih kontrolnya. Virus dan malware ini sendiri bisa masuk ke dalam HP dari situs ilegal / terlarang, aplikasi MOD, rooting HP dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang di pasang di HP. Ada banyak pilihan antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menghapus virus dan malware di HP, di antaranya:

5. Lakukan Unroot HP Android

Melakukan rooting HP android membuat kita memiliki hak spesial untuk masuk ke sistem android. Dengan cara ini kita juga bisa dengan lebih mudah melakukan oprek sistem android. Biasanya untuk melakukan rooting HP kita bisa menggunakan aplikasi root yang didownload melalui Google Playstore atau situs penyedia aplikasi lain.

Hanya saja, melakukan root HP akan membuat sistem keamanannya menjadi rentan terhadap virus, malware dan juga hacker. Salah satu akibatnya HP mengalami download file sendiri. Sebaiknya kamu lakukan unroot HP android sebagai cara untuk mengatasi masalah ini. Untuk melakukan unroot HP android kamu bisa menggunakan aplikasi unroot bernama Super su Root Checker + Unroot.

6. Lakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi android download sendiri yang ampuh yakni dengan melakukan reset HP android. Cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, dan semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus.

Untuk melakukan reset HP android tersebut bisa melalui menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android download sendiri yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat
Artikel Selanjutnya5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini