Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

100
Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi
Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi – Pada HP android disematkan beragam fitur canggih yang memungkinkan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Bahkan tidak jarang para vendor yang menghadirkan inovasi baru untuk fitur yang disematkan pada perangkat smartphone besutannya tersebut. Hal ini dilakukan untuk semakin memanjakan pengguna, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta smartphone android. Disamping itu, para vendor juga menawarkan produk smartphonenya dengan harga yang bersaing.

Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi
Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Sebut saja Xiaomi yang terkenal dengan produk HP androidnya yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau. Bahkan banyak yang bilang kalau brand Xiaomi sebagai brand perusak harga pasaran smartphone di dunia. Meski murah, namun kualitas HP Xiaomi bisa dibandingkan dengan HP dari merek lainnya. Performa yang diberikannya cukukup cepat sehingga mampu menunjang aktivitas harian penggunanya. Ditambah lagi dengan sematan komponen berkualitas yang membuat HP dari Xiaomi ini tidak cepat rusak. Hanya saja, penjualan spare part HP Xiaomi cukup sulit ditemukan di pasaran. Sehingga jika HP mengalami kerusakan, akan kesulitan untuk mencari spare part penggantinya.

Baca Juga:

Karena berbasis android, tentunya kita bisa dengan mudah melakukan oprek pada perangkat smartphone Xiaomi. Oprek sendiri dilakukan untuk menguji skill serta memodifikasi HP agar terlihat lebih keren. Bahkan kita bisa membuat HP Xiaomi seolah menjadi tipe dari merek HP lain, misalnya saja seperti iPhone. Untuk melakukannya kita perlu mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option di HP Xiaomi. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Tentang Opsi Pengembang atau Developer Option

Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan istilah Developer Option atau Opsi Pengembang ini. Tidak heran, karena memang fitur tersebut letaknya tersembunyi di perangkat HP android. Semua merek dan tipe HP android pasti dibekali dengan fitur ini, namun secara default fitur tersebut ada dalam keadaan nonaktif dan tersembunyi.

Untuk mengaksesnya, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya bisa dibilang cukup unik dan hampir semua merek dan tipe HP tidak jauh berbeda cara untuk melakukannya.

Opsi Pengembang atau Developer Option ini sendiri digunakan sebagai fitur lanjutan yang tersembunyi di android. Sesuai namanya, fitur ini hanya diperbolehkan diakses oleh pengembang atau seseorang yang paham dengan oprek android saja. Karena jika tidak, bisa jadi pengguna salah melakukan pengaturan sehingga akan mempengaruhi fungsi dan performa dari HP.

Ada banyak fitur yang bisa diakses di dalam Developer Option tersebut, mulai dari fitur untuk mengaktifkan USB Debugging, mengatur grafis, mengatur tampilan HP dan lain sebagainya. Yang pasti kamu tidak boleh sembarangan menggunakan fitur yang disediakan di dalam Opsi Pengembang tersebut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Mengaktifkan Developer Option Xiaomi
Mengaktifkan Developer Option Xiaomi

Untuk mengaktifkan Developer Option Xiaomi bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja, untuk beberapa tipe HP Xiaomi mungkin berbeda-beda untuk cara pengaktifan Opsi Pengembangnya tersebut. Misalnya saja HP Xiaomi keluaran lama dengan Xiaomi seri terbaru, pasti berbeda cara untuk mengakses Opsi Pengembangnya tersebut.

Adapun cara mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option di HP Xiaomi yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Aktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi Lawas

Cara yang pertama ini bisa kamu terapkan pada HP Xiaomi keluaran lama yang belum menggunakan MIUI sebagai user interface-nya. Misalnya saja seri HP Xiaoami Redmi Go, Xiaomi Mi A1 dan lain sebagainya. Untuk cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian gulir ke bawah, lalu klik pada opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Selanjutnya kamu cari opsi Nomor Build atau Build Number, lalu klik sebanyak 7 kali pada opsi tersebut hingga muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang sudah diaktifkan. Biasanya muncul tulisan “Sekarang Anda adalah seorang pengembang” atau “You are now a developer”.
  • Untuk mengakses Opsi Pengembang yang sudah diaktifkan tersebut, kamu tinggal kembali ke halaman Setelan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi System, lalu pilih opsi Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Selesai.

2. Aktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi Baru

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan pada HP Xiaomi keluaran terbaru yang sudah menggunakan interface MIUI. Namun, masih ada perbedaan pada versi MIUI yang digunakan di HP Xiaomi. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi dengan MIUI versi rendah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian klik pada opsi Perangkat Saya atau My Device yang ada di bagian paling atas tampilan.
  • Lanjutkan dengan mencari MIUI Version atau Versi MIUI pada bagian All Spec atau Semua Spesifikasi.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik sebanyak 7 kali pada Versi MIUI atau MIUI Version tersebut. Nantinya akan muncul notifikasi bertulis “You are now a developer” atau “Kamu sekarang sebagai pengembang” yang menandakan Opsi Pengembang sudah berhasil diaktifkan.
  • Untuk mengakses Opsi Pengembang, kamu kembali ke halaman Setelan. Lalu masuk ke opsi Setelan Tambahan atau Additional Settings, dan pilih Opsi Pengembang atau Developer Option.
  • Selesai.

Sementara untuk HP Xiaomi dengan dukungan MIUI versi teranyar, agak berbeda cara untuk mengaktifkan Developer Option di dalamnya. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya yang bisa kamu terapkan, yakni:

  • Buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi milikmu.
  • Gulir ke bawah, kemudian klik pada opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Selanjutnya kamu cari Versi MIUI atau MIUI Version di sana. Jika sudah ketemu, selanjutnya klik sebanyak 7 kali pada MIUI Version tersebut hingga muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa Opsi Pengembang sudah diaktifkan.
  • Untuk mengakses Opsi Pengembang tersebut sama seperti di atas. Yakni dengan masuk ke opsi Setelan / Settings >> Additional Settings / Setelan Tambahan >> Developer Option / Opsi Pengembang.
  • Selesai.

Mudah bukan cara untuk memunculkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi di atas? Tinggal kamu sesuaikan sendiri cara mana yang work untuk tipe HP Xiaomi milikmu.

Penutup

Itulah tadi cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi semua tipe yang mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Buat Polling di Grup WA Android
Artikel SelanjutnyaCara Menghapus Aplikasi Bawaan OPPO yang Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini