Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati

144
Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati
Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati

Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati – Telkomsel masih menjadi provider seluler yang paling banyak peminatnya, khususnya di Indonesia. Alasannya tidak lain karena Telkomsel selalu memberikan pelayanan terbaik terhadap para pelanggan setianya. Selain itu, Telkomsel juga punya jangkauan jaringan yang sangat luas, bahkan mencakup hampir seluruh daerah di Indonesia. Kualitas sinyalnya juga terbilang sangat kuat, sehingga pengguna sangat dimanjakan dengan koneksi tercepat dari Telkomsel tersebut. Tidak hanya untuk jaringan 2G dan 3G saja, jaringan 4G Telkomsel juga sangat cepat dan mencakup hingga ke pelosok daerah.

Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati
Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati

Sebagai pengguna kartu operator Telkomsel, sudah semestinya untuk kamu memperhatikan masa aktif kartu. Setiap kartu operator memang punya masa aktif tersendiri, dan jika masa aktifnya sudah habis maka kartu tidak bisa digunakan seperti biasanya. Agar bisa digunakan lagi untuk nelpon, SMS atau internetan, kamu perlu melakukan perpanjangan masa aktif kartu dengan cara membeli pulsa. Bisa juga dengan membeli layanan paket dan membeli masa aktif kartu. Setelah masa aktif kartu habis, itu artinya kartu sudah berada dalam masa tenggang. Masa ini biasanya berlaku selama 30 hari, dan jika sudah lewat dari itu maka kartu akan terblokir alias mati.

Baca Juga:

Kartu Telkomsel yang mati atau terblokir karena melewati masa tenggang tidak jarang dialami oleh pengguna. Sebagian dari mereka ada yang ingin menghidupkan lagi kartu Telkomselnya yang sudah mati tersebut, namun tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengaktifkan kartu Telkomsel sudah mati atau terblokir tersebut. Tidak sulit kok, kamu bisa memilih salah satu metode yang dianggap paling mudah dan akan saya bahas di bawah ini.

Ciri-ciri Kartu Telkomsel Sudah Mati atau Terblokir

Sebelum lanjut ke cara untuk mengaktifkan kartu Telkomsel sudah mati, terlebih dahulu kamu ketahui tanda kartu Telkomsel yang sudah mati tersebut. Mungkin saja kartu Telkomsel belum benar-benar mati, melainkan hanya habis masa aktifnya. Beberapa tanda akan dimunculkan jika memang kartu Telkomsel sudah terblokir alias mati. Adapun beberapa tanda atau ciri-ciri tersebut, antara lain :

1. Tidak Bisa Melakukan atau Menerima Panggilan

Ciri-ciri nomor Telkomsel yang sudah mati atau terblokir pertama yakni nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk menelpon nomor lain. Sekalipun pulsa yang tersisa masih cukup banyak, namun tetap saja tidak bisa melakukan panggilan telepon.

Tidak hanya itu, kartu Telkomsel terblokir tersebut juga tidak bisa menerima telepon sama sekali. Baik itu panggilan telepon dari nomor Telkomsel atau operator lainnya.

2. Tidak Bisa Mengirim dan Menerima SMS

Tidak hanya urusan melakukan dan menerima panggilan telepon saja, kartu Telkomsel yang sudah mati juga tidak bisa kamu gunakan untuk mengirim SMS. SMS yang dikirimkan akan bertanda silang alias tidak terkirim, sekalipun sisa pulsa masih ada.

Selain mengirim, nomor Telkomsel yang mati tersebut juga tidak bisa menerima SMS dari nomor operator lainnya.

3. Tidak Ada Sinyal Sama Sekali

Ciri-ciri lainnya yang menandakan kartu operator Telkomsel sudah mati yakni sinyal tidak terdeteksi. Logo sinyal yang biasanya terdapat di bagian pojok kana atas tampilan HP tidak akan muncul. Bahkan logo sinyal tersebut berubah menjadi tanda silang, menandakan tidak ada sinyal yang terdeteksi dari kartu operator tersebut.

4. Kartu SIM Tidak Terbaca

Dan tanda kartu SIM Telkomsel sudah mati atau terblokir yang terakhir yakni kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat HP. di bagian informasi SIM Card akan terdapat tulisan “Tidak ada SIM Card” atau “SIM Card tidak terbaca”.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati Paling Efektif

Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus
Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Setelah mengetahui beberapa ciri kartu Telkomsel sudah mati di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengaktifkannya kembali. Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel sudah mati tersebut.

1. Memperpanjang Masa Aktif Kartu

Mungkin saja kartu Telkomsel yang tidak bisa digunakan tersebut dikarenakan sudah masuk masa tenggang. Masa tenggang ini sendiri akan berlaku jika masa aktif kartu sudah habis. Biasanya masa tenggang kartu akan berlaku kurang lebih 30 hari atau 1 bulan.

Pada masa tenggang ini kamu masih bisa mengaktifkan lagi kartu Telkomsel tersebut dengan memperpanjang masa aktifnya. Untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel bisa dengan melakukan pengisian pulsa, membeli layanan paket (paket SMS, nelpon atau internet), atau juga dengan menukar masa aktif dengan pulsa.

2. Menghubungi Call Center Telkomsel

Jika ternyata masa tenggang kartu sudah habis atau sudah lewat 1 bulan, maka secara otomatis kartu Telkomsel akan terblokir oleh sistem. Jika sudah seperti ini, maka memperpanjang masa aktif kartu tidak akan berpengaruh apa pun. Solusinya agar kartu bisa aktif kembali yakni dengan meminta bantuan CS Telkomsel.

Kamu bisa menghubungi Call Center Telkomsel untuk melakukan pengaktifan kembali terhadap kartu Telkomselmu yang terblokir tersebut. Hubungi CS Telkomsel melalui nomor 188 atau 0807 1 811 811 dengan beban biaya ditanggung oleh pengguna. Biaya panggilan ini yakni sebesar Rp 300 saja. Beritahukan ke CS Telkomsel bahwa nomor Telkomselmu sudah mati dan ingin diaktifkan lagi.

Catatan: Sama seperti cara pertama di atas, kamu bisa mengaktifkan lagi kartu Telkomsel jika masa tenggang kartu kurang dari 15 hari. Jika lebih dari itu, biasanya CS Telkomsel akan menuruh kamu untuk datang langsung ke GraPARI Telkomsel.

3. Datang Langsung ke GraPARI Telkomsel

Dan cara yang terakhir agar kartu Telkomsel bisa diaktifkan lagi yakni dengan datang ke kantor GraPARI Telkomsel. Di sana kamu akan dibantu untuk mengaktifkan kartu Telkomselmu yang sudah mati tersebut.

Biasanya kamu akan diminta KTP dan Kartu Keluarga sebagai langkah pencocokan data pribadi dengan data di kartu Telkomsel yang terblokir tersebut. Biasanya kamu akan dikenai biaya admin untuk pengaktifan kartu Telkomsel sebesar Rp 25.000,-.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengaktifkan kartu Telkomsel sudah mati yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Menghilangkan Watermark Filmora di Android
Artikel SelanjutnyaCara Menghilangkan Watermark KineMaster di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini