Cara Memperpanjang Durasi Video Status WA di Android

45
Memperpanjang Durasi Video Status WA
Memperpanjang Durasi Video Status WA

Memperpanjang Durasi Video Status WA – WhatsApp atau yang sering juga dikenal dengan sebutan WA, merupakan aplikasi chatting online terpopuler saat ini. WhatsApp hadir untuk perangkat Android dan iOS, sekarang juga hadir pula untuk perangkat berbasis MacOS dan Windows yang diberi nama WhatsApp Desktop. Melalui WhatsAppDesktop ini kamu bisa merasakan hal yang sama seperti di WhatsApp Mobile. Hanya tampilannya saja yang lebih luas, untuk fitur bisa dibilang sama. Di WhatsApp Desktop bahkan pengguna sekarang sudah bisa melakukan panggilan video atau video call.

Memperpanjang Durasi Video Status WA
Memperpanjang Durasi Video Status WA

WhatsApp diklaim mudah dan praktis dalam penggunaannya, khususnya untuk aktivitas chattingan. Pengguna memungkinkan untuk mengirim pesan teks, stiker, emoticon, file media, pesan suara, hingga share lokasi di aplikasi WhatsApp tersebut. WhatsApp sendiri bisa digunakan secara gratis, pengguna hanya perlu menghubungkan perangkat smartphonenya ke jaringan internet agar bisa menggunakannya dengan maksimal. Dan juga membuat akun WhatsApp cukup mudah dan gratis, hanya perlu menyiapkan nomor HP aktif untuk pembuatannya.

Baca Juga:

Di WhatsApp juga disediakan fitur menarik yang mirip seperti yang ada di Facebook dan Instagram, yakni fitur Status WhatsApp atau Cerita WhatsApp. Pada fitur ini pengguna memungkinkan untuk mengunggah foto, video dan teks yang nantinya hanya bertahan selama 24 jam saja. Melebihi waktu tersebut, maka postingan di Status WhatsApp akan dihapus secara otomatis oleh sistem. Mengenai Status WhatsApp, ada batasan durasi ketika ingin memposting video di dalamnya. Meski begitu, ada trik khusus agar dapat memposting video berdurasi panjang di WhatsApp Status tersebut. Berikut cara memperpanjang durasi video Status WA di HP android yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Tentang Durasi Video yang Diunggah di Status WhatsApp

Memposting video di Status WhatsApp, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan merekam video secara langsung atau mengunggah video yang sudah ada di Galeri HP. Keduanya ini sama mudahnya untuk dilakukan, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaanmu saat ingin membuat postingan Status WA tersebut.

Ada ketentuan tersendiri yang diberlakukan oleh WhatsApp perihal video yang diposting di Status WhatsApp tersebut. Salah satunya untuk soal durasi video yang diperbolehkan untuk diposting di dalamnya.

Jika kamu memilih untuk memposting video yang direkam secara langsung di WhatsApp Status, maka durasi maksimal video rekaman tersebut yakni 30 detik. Sementara jika ingin mengunggah video yang sudah ada dan tersimpan di Galeri, durasi maksimalnya juga 30 detik. Namun, terkadang hal ini bisa dikurangi durasinya, tergantung kapasitas dari video tersebut.

Cara Memperpanjang Durasi Video Status WA di Android

Memperpanjang Durasi Video Status WhatsApp
Memperpanjang Durasi Video Status WhatsApp

Durasi yang ditentunkan yang hanya 30 detik, hal ini membuat beberapa pengguna merasa kurang nyaman. Mereka ingin durasi video yang diunggah di Status WhatsApp lebih panjang, sehingga nantinya bisa bebas memposting video apa pun di dalamnya. Tenang saja, ada kok trik sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat durasi video di Status WhatsApp agar lebih panjang.

Adapun cara memperpanjang durasi video Status WA di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Video Splitter

Cara yang paling mudah untuk memposting video durasi panjang di Status WhatsApp yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Video Splitter. Fungsi utama dari aplikasi semacam ini yakni untuk memotong video menjadi beberapa bagian dengan durasi yang bisa kita tentukan sendiri.

Misalnya saja kamu ingin memposting video yang berdurasi 3 menit di Status WhatsApp. Maka kamu perlu memotong video menjadi 6 bagian dengan masing-masing video berdurasi 30 detik. Pada hasil video yang dipotong-potong, kamu beri nama sesuai urutannya agar lebih mudah saat mempostingnya. Misalnya saja dengan memberi nama angka 1 – 6.

Adapun langkah-langkah untuk memposting video panjang di Status WhatsApp dengan Video Splitter tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Video Splitter untuk Status WhatsApp, Instagram melalui Google Playstore.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman awal aplikasi, biasanya akan meminta izin akses. Kamu klik saja Izinkan akses untuk aplikasi tersebut agar bisa berfungsi sempurna.
  4. Kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi, selanjutnya klik pada menu SPLIT VIDEO.
  5. Kemudian kamu cari dan pilih video durasi panjang yang ingin dipotong-potong menjadi beberapa bagian.
  6. Karena tujuannya di sini untuk memposting video di Status WhatsApp, maka kamu pilih opsi WHATSAPP SPLIT.
  7. Untuk memulai proses pemotongan video, kamu klik Tanda Centang yang ada di bagian pojok kanan atas video.
  8. Tinggal menunggu hingga proses split video selesai dilakukan.
  9. Jika sudah, sekarang kamu tinggal posting video tersebut di Status WhatsApp. Caranya dengan klik tombol DONE, kemudian pilih ikon WhatsApp dan pilih Status WhatsApp. Klik tombol Kirim untuk mulai mengirimnya di Status WhatsApp milikmu.
  10. Selesai.

Selain aplikasi Video Splitter untuk Status WhatsApp, Instagram di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi serupa yang tersedia di Google Playstore. Kamu tinggal mencari aplikasi tersebut di sana, pastinya juga gratis untuk digunakan.

2. Mengubah Video Menjadi File GIF

Jika kamu kurang suka denga postingan Status WhatsApp berupa video yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian, maka bisa memilih cara satu ini sebagai alternatifnya. Kamu bisa mengubah video menjadi animasi GIF alias gambar bergerak. Namun, kekurangannya file video yang dijadikan GIF tersebut akan hilang suaranya dan mungkin juga gambarnya menjadi agak blur atau buram.

Untuk langkah-langkah mengubah video menjadi file GIF tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu browser di perangkat smartphone.
  2. Kemudian kunjungi situs EZGIF melalui LINK INI.
  3. Pada halaman situs tersebut, kamu klik tombol Pilih File. Kemudian cari dan pilih file video yang ingin dijadikan gambar bergerak atau GIF.
  4. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Upload Video.
  5. Selanjutnya pada halaman baru yang ditampilkan kamu atur beberapa opsi convert video ke GIF. Mulai dari mengatur waktu mulai dan waktu berakhir video, ukuran, frame rate, dan juga method yang ingin digunakan.
  6. Jika sudah, klik tombol Convert to GIF dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  7. Preview gambar GIF hasil convert video akan ditampilkan di bawahnya. Sekarang kamu tinggal menyimpan file tersebut di memori HP, dengan cara klik tombol SAVE yang ada di bagian bawah preview gambar GIF.
  8. Selesai.

Setelah video berhasil diubah ekstensinya menjadi GIF, selanjutnya kamu bisa mempostingnya di Status WhatsApp.

Penutup

Itulah tadi cara memperpanjang durasi video Status WA di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Merekam Video Call WA di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini