Cara Mudah Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

76
Memperbaiki Speaker HP Terkena Air
Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air – Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, HP android juga punya fungsi lain dikarenakan fitur yang disematkan di dalamnya yang sangat lengkap. Fungsinya yang fleksibel tersebut memungkinkan HP android bisa membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Mulai dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, urusan belajar mengajar, dan yang lain sebagainya. Selain itu, HP android juga bisa digunakan untuk sarana hiburan, seperti memutar musik, bermain game, hingga streaming film.

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air
Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Berbagai aktivitas di HP android tersebut, beberapa membutuhkan fungsi dari speaker. Speaker pada HP ini sendiri berfungsi sebagai komponen output yang bertugas untuk mengeluarkan suara. Baik itu suara notifikasi, suara musik, suara saat memutar video atau aktivitas yang lainnya. Beberapa HP android dibekali dengan fitur tambahan yang akan memaksimalkan fungsi dari speaker tersebut. Misalnya saja speaker dengan volume yang tinggi, bass mantap untuk bermusik dan menonton, dan beberapa fitur lainnya.

Baca Juga:

Sama seperti komponen lainnya, speaker HP android terkadang juga mengalami masalah error atau kerusakan. Salah satunya karena terkena air, baik cipratan air, ketumpahan minuman atau bahkan jatuh ke dalam air. Hal ini tentunya akan membuat komponen HP mengalami kerusakan jika air masuk lebih dalam, khususnya pada bagian speaker. Komponen tersebut bisa saja suaranya tidak lagi nyaman didengar atau bahkan tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Adapun beberapa cara memperbaiki speaker HP terkena air tersebut bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mudah Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Mengatasi Speaker HP Terkena Air
Mengatasi Speaker HP Terkena Air

HP yang terkena air, khususnya pada bagian speakernya biasanya hal ini akan berdampak terhadap kondisi speaker itu sendiri. Beberapa kondisi yang ditemukan mulai dari suara speaker tidak jelas, suara speaker kecil sekali, suara speaker pecah, suara speaker cempreng atau bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Jika hal ini kamu alami, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak sulit sebenarnya, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan mudah dan tanpa kendala. Adapun cara mudah dan ampuh untuk memperbaiki speaker HP terkena air selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan HP Android

Air yang terlanjur masuk ke dalam lubang speaker di HP, sudah seharusnya untuk dikeringkan. Mengeringkannya harus dengan metode tertentu, jangan sekali-kali untuk mengguncang-guncangkan HP bahkan dengan guncangan yang keras dan cepat. Hal ini hanya akan membuat air yang masuk akan menyebar ke komponen lain yang akhirnya bisa merusak HP.

Sebaiknya saat HP terkena air, langsung kamu matikan HP tersebut seperti biasa. Jika bisa, kamu lepas juga baterai HP agar tidak ada aliran listrik yang mengalir di dalam HP. Seperti yang kita tahu, jika air dan listrik bertemu maka ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen HP lebih cepat.

2. Mengeringkan HP Android dari Air

HP yang sudah dimatikan, selanjutnya kamu lakukan pengeringan air yang masuk ke dalam lubang speaker. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada metode khusus yang bisa dilakukan untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam HP. Jangan sembarangan melakukannya, dikarenakan hal ini bisa saja merusaka komponen yang ada di dalam HP.

Setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan HP android yang aman, di antaranya:

Metode 1 – Menggunakan Media Beras

Cara ini bisa dibilang yang paling ampuh untuk mengeringkan HP yang terkena air. Beras yang memiliki sifat menyerap air, hal ini akan membuat air yang masuk ke dalam HP jadi tersedot dan membuatnya normal kembali.

Untuk melakukannya, pastikan HP dalam keadaan mati dan baterainya dilepas (jika menggunakan baterai removable). Kemudian kubur HP di dalam beras dan biarkan selama kurang lebih 2 hingga 3 hari. Hidupkan kembali HP jika sudah dirasa kering, dan biasanya speaker akan kembali normal.

Metode 2 – Menggunakan Kipas Angin

Selain beras, cara lain untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam lubang speaker yakni dengan menggunakan kipas angin. Kamu bisa menggunakan angin yang dikeluarkan dari kipas angin untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP. Cara ini diklaim cukup ampuh dan aman dalam mengatasi HP terkena air.

Metode 3 – Menggunakan Hairdryer

Untuk metode ketiga ini sebenarnya tidak cukup direkomendasikan, namun cukup ampuh untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam HP. Hairdryer tidak hanya bisa menghasilkan angin, melainkan juga suhu panas yang akan lebih mempercepat pengeringan air di dalam HP.

Akan tetapi, jangan terlalu lama menggunakan hairdyer untuk mengeringkan HP, dikarenakan suhu panas yang dikeluarkan bisa saja menyebabkan kerusakan pada komponen HP.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi speaker HP yang terkena air yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah aplikasi bernama Speaker cleaner – Remove water & fix sound. Aplikasi satu ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah kerusakan pada speaker HP, khususnya yang terkena air. Dikembangkan oleh Hoel Boedec, aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Google Playstore.

Mengenai cara untuk menggunakan aplikasi Speaker cleaner – Remove water & fix sound tersebut, yakni:

  • Langkah pertama kamu download dan install aplikasi Speaker cleaner – Remove water & fix sound melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik tombol CLEAN SPEAKER.
  • Tunggu sampai proses pembersihannya selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Restart dan biarkan HP melakukan restart hingga menyala kembali.
  • Sekarang coba lakukan pengetesan speaker, apakah suaranya sudah normal atau belum. Jika belum, maka kamu bisa melakukan pembersihan ulang menggunakan aplikasi tadi.
  • Selesai.

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetes kondisi speaker HP. Cara yang dimaksud yakni dengan menggunakan kode rahasia *#*#64663#*#* yang bisa kamu akses melalui menu Panggilan atau Telepon di HP.

4. Mengganti Komponen Speaker

Dan cara yang terakhir bisa dilakukan untuk memperbaiki speaker HP terkena air yakni dengan mengganti komponen speakernya. Hal ini bisa dilakukan jika speaker sudah tidak berfungsi sama sekali alias tidak mengeluarkan suara. Kemungkinan besar air sudah masuk sangat dalam dan menyebabkan kerusakan pada speaker.

Perlu penggantian komponen speaker pada HP agar bisa berfungsi normal kembali. Bawalah ke tukang servis HP jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Pasalnya, untuk penggantian komponen speaker HP ini mengharuskan kamu untuk melakukan pembongkaran HP. Pemasangannya biasanya juga membutuhkan solder atau penyambung lainnya, dimana hal ini perlu keahlian khusus agar pemasangannya berjalan dengan lancar.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki speaker HP terkena air yang mudah dan ampuh bisa lamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mudah Mengatasi Konektor HP Rusak
Artikel SelanjutnyaPenyebab dan Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini