Cara Mematikan HP Baterai Tanam dengan Cepat

26
Mematikan HP Baterai Tanam
Mematikan HP Baterai Tanam

Mematikan HP Baterai Tanam – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang paling diminati dan banyak dibutuhkan sekarang ini. Tidak lain karena fungsinya yang banyak dan dapat membantu memudahkan aktivitas harian penggunanya. Mulai dari untuk urusan sekolah, mencari informasi, urusan di rumah, urusan bisnis, hingga sebagai sarana hiburan terbaik. HP android hadir dengan berbagai tipe, mulai dari yang berspesifikasi rendah, standar hingga tinggi, di mana ini akan menentukan kualitas performanya saat dioperasikan.

Mematikan HP Baterai Tanam
Mematikan HP Baterai Tanam

Berbicara spesifikasi dari setiap HP android memang berbeda-beda, ini juga akan menentukan harga banderol dari HP tersebut. Semakin tinggi spek dari sebuah smartphone, tentu akan semakin mahal pula harga banderolnya. Namun, terkadang harga yang mahal tidak bisa menjamin keawetan HP android saat digunakan. Ada kalanya HP android mahal mengalami berbagai masalah error atau kerusakan, baik di sisi hardware maupun software-nya. Kita perlu melakukan perbaikan jika memang terdapat masalah error atau kerusakan pada smartphone android tersebut.

Baca Juga:

Seperti yang kita tahu, smartphone android tersusun dari berbagai jenis komponen hardware dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya yang cukup berperan penting terhadap penggunaan HP yakni baterai. Ada dua tipe atau jenis baterai HP saat ini, yakni baterai removable dan non-removable (baterai tanam). Namun, kebanyakan HP keluaran terbaru sudah menggunakan jenis baterai tanam. Pada kondisi tertentu pengguna ingin mematikan HP baterai tanam secara paksa, akan tetapi tidak tahu caranya. Ini memang agak berbeda dengan HP baterai yang bisa dilepas, di mana pengguna bisa langsung melepas baterainya jika ingin mematikan HP secara paksa. Lantas, bagaimana cara mematikan HP baterai tanam tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya bisa kalian simak.

Cara Mematikan HP Baterai Tanam dengan Cepat

Mematikan HP Baterai Tanam Secara Paksa
Mematikan HP Baterai Tanam Secara Paksa

Alasan kenapa banyak produsen smartphone menggunakan baterai tanam pada produknya, salah satunya karena kepraktisan dalam penggunaannya. Menggunakan baterai tanam akan membuat bodi HP menjadi lebih tipis dan ringan, jika dibandingkan dengan baterai bisa dilepas. Selain itu, jenis baterai tanam juga diklaim lebih awet, di mana jarang sekali ditemukan masalah baterai kembung untuk baterai jenis ini.

Berbeda dengan HP berbekal baterai yang bisa dilepas, terkadang hal ini membuat bingung pengguna ketika ingin mematikan HP secara paksa. Misalnya saja saat HP mengalami hang atau macet, di mana hal ini akan menyulitkan pengguna untuk mematikan HP melalui menu Matikan Daya dari layar. Ingin mencopot baterai, akan tetapi baterai HP tertanam dan harus melakukan pembongkaran casing jika ingin mencopotnya.

Ternyata produsen HP menyediakan cara tersendiri untuk mematikan HP dengan baterai tanam secara paksa, ketika layar HP tidak berfungsi normal. Adapun cara mudah mematikan HP baterai tanam dengan mudah dan cepat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menekan Tombol Power

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua produsen HP sudah menyediakan metode tersendiri untuk mematikan HP baterai tanam secara paksa tanpa harus membongkar casing. Metode yang dimaksud yakni dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga HP mati dengan sendirinya.

Vendor HP sangat mengerti akan keluhan dari para penggunanya, sehingga mereka memberikan solusi terbaik untuk cara mematikan secara paksa HP dengan baterai tanam tersebut. Cara ini bisa dilakukan jika HP mengalami berbagai masalah yang tidak memungkinkan untuk mengontrolnya, seperti HP hang atau macet, layar mati tetapi mesin hidup, layar blank putih atau kondisi lainnya yang membuat HP tidak bisa di-apa-apakan.

Selain dengan menekan tombol Power, beberapa tipe HP ada yang menggunakan kombinasi tombol untuk mematikannya secara paksa. Berikut ini beberapa contoh kombinasi tombol yang dimaksud, di antaranya:

  • Tekan dan Tahan tombol Power selama 10 hingga 15 detik.
  • Tekan dan Tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas.
  • Tekan dan Tahan kombinasi tombol Power + Volume Bawah.
  • Tekan dan Tahan kombinasi tombol Power + Home
  • Tekan dan Tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah

2. Mengecek di Buku Panduan HP

Saat membeli HP, biasanya di dalam kotak atau dus terdapat buku panduan untuk pengoperasian smartphone tersebut. Biasanya di sana juga dijelaskan cara untuk mematikan HP apabila terjadi hal yang tidak diduga, di mana HP tidak bisa dioperasikan secara normal.

Baca dengan teliti hingga kamu menemukan informasi tentang mematikan HP dengan dukungan baterai tanam atau non-removable tersebut.

3. Menunggu Hingga Daya Baterai Habis

Sebenarnya cara yang ketiga ini hanyalah sebuah cara alternatif jika kamu bisa memungkinkan untuk menerapkan kedua cara di atas. Mungkin karena suatu hal sehingga kamu tidak bisa menerapkannya, misalnya karena salah satu tombol fisik pada HP yang tidak berfungsi atau yang lainnya.

Caranya yakni dengan terus memainkan HP hingga kehabisan daya baterai alias baterainya nge-drop. Membuat baterai HP nge-drop memang tidak dianjurkan untuk dilakukan dengan sering, karena hal ini bisa menyebabkan baterai rusak, seperti baterai bocor. Akan tetapi, jika hanya sekali dua kali melakukannya, saya rasa itu tidak akan memberikan dampak besar pada kondisi baterai.

4. Membongkar Casing dan Mencabut Baterai

Dan cara yang terakhir untuk mematikan HP baterai tanam secara paksa yakni dengan mencabut baterainya. untuk melakukan cara ini tentunya kamu perlu membongkar casing belakang dari HP. Tetapi perlu berhati-hati, karena biasanya casing belakang HP ini diberi perekat yang cukup kuat sehingga agak susah untuk membukanya. Gunakan alat khusus untuk mencongkel casing belakang HP tersebut agar tidak menyebabkan kerusakan, baik pada casing maupun komponen dalam HP lainnya.

Setelah berhasil membongkar bagian casing belakang HP, sekarang kamu bisa mencabut baterainya. Di bagian baterai biasanya juga terdapat konektor sebagai penghubung aliran listriknya, kamu perlu mencabut konektor tersebut secara perlahan agar tidak membuatnya rusak. Dengan demikian HP akan langsung mati, dikarenakan penyuplai daya yang dibutuhkan HP untuk hipdup sudah dicabut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara termudah untuk mematikan HP baterai tanam yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Layar HP Berkedip Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini