Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Google Playstore

298
Lupa Kata Sandi Google Playstore
Lupa Kata Sandi Google Playstore

Lupa Kata Sandi Google Playstore – Google Playstore merupakan gudangnya aplikasi android, yang mana program layanan ini sudah terpasang secara default di perangkat android. Jadi, pengguna tidak perlu menginstallnya secara manual, cukup dengan membukanya dan login dengan menggunakan akun Google pribadi untuk mengakses fitur di dalamnya. Tidak hanya aplikasi saja, di Google Playstore pengguna juga memungkinkan untuk mendapatkan buku ataupun koleksi film sesuai keinginan. Namun, mendapatkannya mengharuskan kamu untuk membayar, baik dengan pulsa ataupun uang asli.

Lupa Kata Sandi Google Playstore
Lupa Kata Sandi Google Playstore

Di Google Playstore tersedia banyak sekali jenis aplikasi dengan fungsinya masing-masing. Hampir semua aplikasi yang tersedia di dalamnya memungkinkan untuk didownload dan digunakan secara gratis. Akan tetapi, pada beberapa aplikasi gratis biasanya juga tersedia versi pro yang menawarkan fitur dan item yang lebih lengkap. Serta juga di aplikasi versi pro atau berbayar ini pengguna tidak akan terganggu oleh munculnya iklan. Dengan demikian kamu akan lebih maksimal dan nyaman lagi dalam menjalankan aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Seperti yang dijelaskan di atas, untuk mengakses Google Playstore kita butuh yang namanya akun Google. Pastikan kamu masih ingat detail login ke akun Google tersebut agar bisa mengakses Google Playstore. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika kita lupa password akun Google Playstore tersebut? Tidak perlu khawatir. Ada kok cara untuk masuk ke akun Google Playstore yang lupa password atau kata sandi. Berikut cara mengatasi lupa kata sandi Google Playstore yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Google Playstore

Lupa Kata Sandi Google Playstore
Lupa Kata Sandi Google Playstore

Untuk bisa masuk lagi ke akun Google Playstore yang lupa password, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih terbilang pemula dalam hal ini. Adapun cara mengatasi lupa kata sandi Google Playstore di perangkat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengatasi Lupa Password Akun Google dengan Reset

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi lupa password akun Google yang digunakan untuk mengakses Play Store yakni dengan melakukan reset password. Cara ini akan mengubah password atau kata sandi akun Google lama dengan kata sandi yang baru. Namun, cara ini butuh verifikasi untuk meyakinkan Google bahwa tindakan ini dilakukan oleh kamu sebagai pemilik asli dari akun tersebut.

Setidaknya ada dua cara verifikasi kepemilikan untuk melakukan forgot password atau reset kata sandi, yakni verifikasi melalui e-mail dan lewat nomor HP terdaftar. Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara 1. Forgot Password Akun Google dengan Verifikasi Nomor HP

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat HP android.
  2. Kemudian kunjungi halaman Akun Google atau Gmail melalui LINK INI.
  3. Pada halaman tersebut, silakan kamu masukkan alamat email yang digunakan pada Google Playstore dan lupa kata sandinya. Kemudian klik tombol Berikutnya.
  4. Kamu akan dibawa ke halaman untuk memasukkan kata sandi atau password. Karena di sini kamu lupa password akun tersebut, maka lanjutkan dengan klik Lupa Sandi?
  5. Di sini kamu bisa memasukkan password atau kata sandi lama yang pernah kamu gunakan untuk akun tersebut. Jika memang tidak ingat, maka kamu klik opsi Coba Cara Lain.
  6. Di sana ada beberapa pilihan alternatif untuk masuk ke akun. Jika sebelumnya sudah menautkan akun dengan nomor HP, maka bisa pilih opsi memasukkan nomor HP. Kemudian kamu ketik nomor HP yang terdaftar dan klik Berikutnya.
  7. Google akan mengirim SMS ke nomor HP yang dimasukkan tadi, di mana di dalamnya berisi kode verifikasi atau kode OTP. Selanjutnya kamu masukkan kode OTP yang diterima tersebut di kolom yang tersedia, kemudian klik Berikutnya.
  8. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat kata sandi baru untuk akun Google tersebut. Masukkan kata sandi baru sesuai keinginan dan masukkan kata sandi yang sama di kolom konfirmasi kata sandi.
  9. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Ubah Sandi dan sekarang kamu sudah berhasil masuk ke akun Google dengan password baru.
  10. Selanjutnya kamu buka Google Playstore di HP dan login menggunakan akun Google yang sudah diubah passwordnya tadi.
  11. Selesai.

Cara 2. Forgot Password Akun Google dengan Verifikasi Email Pemulihan

Sementara untuk cara yang kedua ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya kamu telah menautkan e-mail pemulihan ke akun Google yang lupa password tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda lakukan cara yang sama dari nomor 1 – 5 seperti cara 1 di atas.
  2. Pada halaman alternatif untuk masuk ke akun Google, kamu pilih masuk dengan e-mail pemulihan.
  3. Kemudian masukkan alamat email pemulihan yang kamu gunakan, kemudian klik Berikutnya.
  4. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan tersebut. Cek kotak masuk di email pemulihan dan masukkan kode verifikasi yang diterima di halaman tadi dan klik Berikutnya.
  5. Jika berhasil, nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk akun Google tersebut. Masukkan kata sandi baru yang sama di dua kolom yang disediakan, kemudian klik Ubah Sandi.
  6. Sekarang kamu akan langsung diarahkan ke halaman akun Google milikmu.
  7. Buka Google Playstore di HP, kemudian tinggal login menggunakan akun Google dan password baru tadi.
  8. Selesai.

2. Membuat Akun Google Playstore Baru

Dan jika memang tidak memungkinkan lagi untuk memulihkan akun Google Playstore yang lupa kata sandi tersebut, cara terbaiknya untuk mengakses Google Playstore yakni dengan membuat akun baru. Untuk membuatnya pastikan kamu memiliki nomor HP yang nantinya digunakan untuk verifikasi data diri.

Membuat akun Google ini sendiri bisa dilakukan langsung dari Google Playstore atau menu pengaturan. Lebih mudah membuatnya lewat menu pengaturan HP, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Pilih opsi Akun dan Pencadangan.
  3. Pilih Kelola Akun.
  4. Pada daftar akun yang tersedia, kamu klik Tambahkan Akun.
  5. Kemudian pilih Google.
  6. Klik Buat Akun, dan pilih untuk Diri Sendiri.
  7. Tinggal ikuti langkah-langkah pembuatan akun Google sesuai instruksi.
  8. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi lupa kata sandi akun Google Playstore yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Android Selalu Masuk Recovery Mode
Artikel SelanjutnyaCara Berhenti Langganan XL Lengkap Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini