Fungsi Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya

68
Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya
Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya

Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya – Telkomsel bisa dibilang sebagai rajanya provider seluler di Indonesia. Bagaimana tidak? Banyak pengguna mobile yang mempercayakan kartu operatornya pada Telkomsel. Salah satu alasan terkuatnya adalah jaringan Telkomsel yang sangat luas dan menjangkau hingga ke pelosok desa. Selain itu, sinyal dari Telkomsel juga yang paling cepat dan stabil, membuat pengguna sangat termanjakan saat mengakses internet.

Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya
Lokal Data Telkomsel dan Cara Menggunakannya

Meski demikian, produk dan layanan yang ditawarkan oleh Telkomsel masih terbilang mahal jika dibandingkan dengan provider lainnya. Sebut saja paket data Telkomsel yang dijual dengan harga lumayan mahal. Hal ini terkadang memaksa pengguna untuk memilih provider lain untuk urusan mengakses internet di perangkat mobile miliknya. Tidak hanya paket data Telkomsel saja, jenis paket dari Telkomsel lainnya juga terbilang agak mahal jika dibandingkan dengan produk dan layanan dari provider lainnya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai paket data Telkomsel, biasanya kita akan diberikan kuota yang sudah dibagi-bagi untuk keperluan tertentu. Mulai dari kuota data reguler, kuota lokal, hingga kuota aplikasi atau kuota chat. Dari beberapa pembagian kuota Telkomsel tersebut, saya tertarik untuk membahas kuota lokal Telkomsel. Terlebih lagi masih banyak pengguna yang belum paham mengenai lokal data Telkomsel dan cara menggunakannya tersebut. Untuk informasi lebih jelasnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu Lokal Data Telkomsel?

Seperti yang dijelaskan di atas, Telkomsel membagi layanan paket datanya menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah local data Telkomsel yang sering kali masih belum dipahami oleh sebagian besar pengguna.

Data lokal atau local data Telkomsel merupakan sebuah paket data internet dari Telkomsel yang hanya bisa digunakan atau dinikmati di zona daerah tertentu. Biasanya ini berlaku untuk zona kabupaten, di mana kuota tersebut hanya bisa digunakan di satu kabupaten saja, tidak bisa dikabupaten lainnya.

Untuk penentuan zona atau lokasinya sendiri disesuaikan dengan tempat tinggal pengguna atau sesuai dengan lokasi di mana pengguna mengaktifkan paket data Telkomsel tersebut. Jadi, misalnya kamu mengaktifkan paket data Telkomsel di Surabaya, maka lokal data Telkomsel tersebut hanya bisa digunakan di kota tersebut. Saat kamu keluar dari Kota Surabaya, kuota lokal tidak akan berfungsi, di mana yang akan digunakan adalah kuota reguler atau kuota nasional.

Besar kuota local Telkomsel biasanya lebih besar dan murah dibandingkan dengan kuota internet reguler atau nasional. Inilah salah satu alasan kenapa beberapa pengguna lebih memilih paket internet Telkomsel yang berbasis data lokal.

Sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum memilih paket data Telkomsel. Jika memang kamu tidak akan pergi kemana-mana, maka tidak masalah membeli paket lokal data Telkomsel tersebut. Namun jika sebaliknya, maka lebih baik kamu beli paket internet Telkomsel yang full kuota reguler agar bisa digunakan di semua lokasi di Indonesia.

Apa Fungsi Lokal Data Telkomsel Tersebut?

Untuk kegunaan lokal data Telkomsel sebenarnya sama seperti jenis kuota internet lainnya. Kuota data ini bisa kamu gunakan untuk mengakses internet, bermain game online, ataupun menjalankan aplikasi berbasis online. Selain di perangkat smartphone, kuota jenis ini juga bisa kamu gunakan untuk mengakses internet di perangkat lain, seperti PC atau laptop.

Yang membedakannya dengan jenis kuota data lainnya yakni dalam hal lokasi pengaksesan. Di mana lokal data Telkomsel hanya bisa digunakan mengakses internet di lokasi saat pengguna membeli atau mengaktifkan paket internet tersebut.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Data Telkomsel di Android

Cara Menggunakan Lokal Data Telkomsel
Cara Menggunakan Lokal Data Telkomsel

Banyak orang yang mencari tahu di internet apa itu lokal data Telkomsel dan cara menggunakannya di HP. Di atas sudah saya jelaskan secara jelas mengenai kuota lokal data Telkomsel tersebut. Dan sekarang kita lanjut ke cara untuk menggunakan local data Telkomsel.

Untuk cara penggunaannya sendiri sama seperti jenis kuota data reguler atau data nasional. Namun, di sini kamu hanya bisa menggunakan kuota tersebut di daerah di mana kamu mengaktifkan paket tersebut. Jika keluar dari kota di mana kamu mengaktifkan paket tersebut, maka data Telkomsel tidak akan bisa digunakan.

Lantas, bagaimana cara menggunakan lokal data Telkomsel di luar kota pengaktifannya?

Sangat mudah, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk hal ini. Metode pertama kamu bisa menggunakan fake GPS location, dan metode kedua mengedit proxy perangkat. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fake GPS Location

Cara kerja dari fake GPS location adalah memanipulasi lokasi dari perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses internet. Misalnya kuota data lokal Telkomsel hanya bisa digunakan di kota A dan saat ini kamu berada di kota B. Secara otomatis kuota data lokal tidak bisa digunakan, ya kan? Untuk itu, kamu bisa mengakali lokasi perangkat agar terbaca berada di kota A supata bisa menggunakan kuota lokal data Telkomsel.

  1. Pertama kamu install aplikasi Fake GPS Location dari Google Play Store.
  2. Jika sudah, kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Kalau HP androidmu belum diroot, maka aplikasi akan meminta untuk mengaktifkan Mock Location. Nantinya akan muncul notifikasi di layar, lanjutkan dengan klik OPEN SETTINGS lalu pilih opsi Aplikasi Tiru Lokasi dan pilih Fake GPS.
  4. Kemudian tinggal kamu tentukan lokasi di mana kamu mengaktifkan paket kuota data local Telkomsel tersebut.
  5. Secara otomatis ponselmu akan terbaca sedang mengakses dari lokasi tersebut dan kuota local data Telkomsel sudah bisa digunakan.

Jika sudah melakukan cara di atas namun masih belum bisa mengakses internet dengan lokal data, maka kamu perlu melakukan penambahan APN baru di ponsel. Caranya sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi dan pilih Jaringan Seluler.
  • Selanjutnya klim pada opsi APN atau Access Point Name / Nama Akses Poin.
  • Klik tombol Tambah (+) untuk membuat APN baru, kemudian sesuaikan dengan pengaturan di bawah ini:

Nama: videomax.co
APN: SGSN
(Kolom yang lain dikosongi saja)

  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik Simpan dan jadikan APN baru tersebut sebagai APN Default.
  • Kemudian kamu coba lagi cara penggunaan Fake GPS Location di atas.

2. Mengganti Proxy dan Server Jaringan Seluler

Untuk alternatif kedua ini agak beda cara kerjanya, bukan lagi membuat lokasi palsu pada ponsel. Melainkan di sini kamu bisa mengubah proxy server jaringan agar kuota lokal data Telkomsel bisa digunakan di semua daerah atau lokasi di Indonesia.

  • Pertama kamu install aplikasi bernama Anonytun dari Google Play Store.
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Sekarang kamu masuk ke menu Stealth dan sesuaikan dengan pengaturan di bawah ini:

Stealh tunnel: ON
Protocol: SSL
Port: 443
Advanced SSL: ON

  • Selanjutnya masuk ke menu Advanced dan sesuaikan dengan pengaturan di bawah ini:

True SSL (anti DPI): centang
Spoof host: centang
Spoof host: telkomsel.com
Spoof port: 443

  • Jika sudah, tinggal disimpan. Kemudian klik tombol Connect.
  • Sekarang kuota lokal data Telkomsel sudah bisa kamu gunakan di manapun atau di luar kota di mana kamu mengaktifkannya.

Selain menggunakan aplikasi Anonytun, kamu juga bisa menggunakan jenis aplikasi serupa lainnya seperti Pshiphon. Cara ini tidak hanya berlaku untuk kuota data lokal Telkomsel saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengubah jenis kuota lain menjadi kuota utama atau kuota reguler.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai lokal data Telkomsel dan cara menggunakannya yang mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaApa Itu Pop Up dan Apa Gunanya di HP Android? Ini Penjelasannya!
Artikel SelanjutnyaCara Memperpanjang Masa Aktif Indosat IM3 Ooredoo
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini