Cara Memperbaiki Layar HP Berubah Warna yang Mudah

775
Layar HP Berubah Warna
Layar HP Berubah Warna

Layar HP Berubah Warna – Smartphone android sudah bukan lagi menjadi perangkat yang asing di kalangan masyarakat modern. Bahkan hampir semua kalangan masyarakat pasti memiliki perangkat gadget satu ini. Mengingat fungsinya yang sangat banyak membuat HP android semakin diminati. Bahkan berbagai aktivitas harian pengguna bisa lebih dipermudah dengan kehadiran smartphone android. Akan tetapi, perangkat tersebut seakan tidak ada gunanya jika belum terhubung ke jaringan internet.

Layar HP Berubah Warna
Layar HP Berubah Warna

Dari waktu ke waktu terus bermunculan seri HP terbaru dari setiap brand, mulai dari brand yang sudah terkenal hingga brand HP terbaru. Di dalamnya disematkan berbagai fitur canggih yang akan menjadi daya tarik lain darinya. Ditambah lagi dengan adanya update terbaru dari Sistem Operasi Android dari Google yang semakin memperkaya fitur dari HP android. Tidak hanya itu, penyempurnaan juga sangat terasa pada tampilan antarmuka smartphone yang semakin smooth dan nyaman dipandang mata.

Baca Juga:

Berbicara mengenai tampilan antarmuka smartphone, ada satu fitur yang cukup menarik digunakan. Fitur tersebut yakni fitur penyesuaian warna, di mana pada fitur ini kita bisa mengatur warna tampilan layar smartphone sesuai keinginan. Namun, pada smartphone android terkadang warna pada layarnya tersebut mengalami perubahan, baik itu karena ulah pengguna atau memang dari sistem android. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP berubah warna yang cenderung kurang nyaman dilihat tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Beberapa Kondisi Layar HP yang Berubah Warnanya

Ada beberapa kondisi perubahan warna pada layar HP android yang membuat kurang nyaman dipandang mata. Perubahan warna ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu dari pengguna atau dari sistem android itu sendiri. Adapun kondisi warna yang berubah di HP android tersebut, di antaranya:

  • Warna layar terlihat kekuning-kuningan.
  • Warna layar cenderung buram.
  • Warna layar terlihat agak kemerahan.
  • Warna layar terlihat kecokelatan.
  • Tampilan warna pada layar terlihat kurang detail dan tidak cerah.

Jika pada HP androidmu mengalami salah satu dari perubahan warna pada layar di atas, maka perlu penanganan lebih serius. Sebelum membawanya ke tukang servis HP, kamu bisa melakukan perbaikan sendiri.

Cara Memperbaiki Layar HP Berubah Warna yang Mudah

Layar HP Berubah Warna Kuning
Layar HP Berubah Warna Kuning

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perubahan warna pada layar yang cenderung membuat mata tidak nyaman. Caranya tersebut terbilang mudah, sehingga kamu yang masih awam pun akan bisa melakukannya sendiri. Adapun cara memperbaiki layar HP berubah warna tersebut, di antaranya:

1. Menonaktifkan Fitur Perisai Kenyamanan Mata

Pada HP android yang mengadopsi OS Android Lollipop ke atas, di dalamnya sudah dibekali dengan fitur yang memungkinkan kita untuk meminimalisir sinar biru pada layar. Mengaktifkan fitur ini akan membuat warna dominan pada layar HP menjadi terlihat kekuning-kuningan. Pasalnya sinar biru pada layar HP dihilangkan, yang ada hanyalah warna kuning dan merah.

Selain terlihat warna kekuning-kuningan, pada beberapa HP juga terlihat warna lain, yakni warna agak kecokelatan dan kemerahan. Mungkin saja kamu tidak sengaja mengaktifkan fitur ini sehingga warna pada layar berubah. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu mematikan lagi fitur penghilang sinar biru tersebut.

Di HP Samsung khususnya fitur semacam ini diberi nama Perisai Kenyamanan Mata. Ada dua metode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut, yakni:

Metode 1 – Lewat Menu Bar

  • Pertama kamu swipe atau usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan menu bar.
  • Kamu cari menu Perisai Kenyamanan Mata. Apakah menu tersebut aktif?
  • Jika iya, kamu tinggal matikan menu tersebut dengan melakukan sekali tap.
  • Secara otomatis sinar biru pada HP akan diaktifkan lagi dan tampilan layar kembali normal.

Metode 2 – Lewat Menu Pengaturan

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Tampilan.
  • Kamu cari menu Perisai Kenyamanan Mata di sana, kemudian klik pada menu tersebut.
  • Jika memang tetap ingin mengaktifkannya, kamu bisa mengatur warna dengan cara menggeser pada opsi Suhu Warna sesuai keinginan.
  • Akan tetapi, jika ingin tampilan layar kembali normal, kamu matikan saja Perisai Kenyamanan Mata tersebut.

2. Melakukan Kalibrasi Warna

Fitur Perisai Kenyamanan Mata ternyata sudah dalam keadaan nonaktif, akan tetapi warna pada layar tetap tampak tidak seperti biasanya. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan kalibrasi warna atau penyesuaian komposisi warna pada layar HP. Cara satu ini juga bisa kamu lakukan melalui menu Pengaturan atau Settings di HP android.

Untuk langkah-langkah melakukan kalibrasi warna di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian scroll ke bawah, lalu pilih opsi Aksesibilitas.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Peningkatan Visibilitas.
  • Lalu pilih opsi Koreksi Warna.
  • Tinggal kamu aktifkan fitur Koreksi Warna tersebut dengan menggeser tombol slidernya.
  • Jangan lupa juga untuk memilih Mode Koreksi yang disediakan, yakni Deuteranomali (merah-hijau), Protanomali (merah-hijau), dan Tritanomali (biru-kuning).
  • Selesai.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan dukungan OS Android 11 terbaru. Untuk tipe atau merek HP android lainnya mungkin tidak berbeda jauh dengan cara di atas.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara mengembalikan warna layar HP yang berubah terakhir yakni dengan memanfaatkan aplikasi tambahan yang bisa didownload melalui Google Playstore. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni bernama Filter Cahaya Biru. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Leap Fitness Group yang menjadi salah satu cukup populer digunakan.

Untuk cara memperbaiki warna pada HP android menggunakan aplikasi Filter Cahaya Biru tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan instal aplikasi Filter Cahaya Biru di HP androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada layar utama aplikasi, kamu bisa mengatur intensitas cahaya dan temperature warna yang ditampilkan pada layar HP.
  • Selesai.

Aplikasi satu ini dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan cara penggunaannya. Ukurannya juga terbilang sangat ringan, yakni hanya sebesar 6MB saja.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki layar HP berubah warna yang paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share infromasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Layar HP Berbayang di Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi QFIL Error Saat Flashing HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini