Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri yang Ampuh

43
Layar HP Bergerak Sendiri
Layar HP Bergerak Sendiri

Layar HP Bergerak Sendiri – HP android terdiri dari banyak komponen penting yang memiliki fungsi masing-masing. Setiap komponen di HP saling terhubung dan menjadi satu kesatuan agar HP bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ada beberapa komponen hardware pada HP yang menjadi komponen utama, salah stunya adalah baterai. Baterai ini sendiri memiliki peran yang sangat penting pada sebuah perangkat android, yakni sebagai penyuplai daya listrik agar HP bisa dihidupkan. Bisa diibaratkan sebagai nyawa dari HP, perangkat tersebut tidak akan bisa menyala tanpa adanya baterai.

Layar HP Bergerak Sendiri
Layar HP Bergerak Sendiri

Selain baterai, layar atau LCD juga menjadi komponen penting lainnya yang harus ada pada perangkat HP android. Layar ini sendiri berfungsi sebagai komponen output yang bertugas untuk menampilkan gambar. Dengan adanya layar pengguna bisa lebih mudah untuk mengoperasikan smartphone android. Seiring berkembangnya teknologi, dukungan layar pada HP ini semakin ditingkat fungsinya. Layar LCD tersebut mampu menghasilkan tampilan gambar yang jernih, tajam dan dengan warna yang lebih kaya. Hal ini tentunya akan semakin membuat nyaman para pengguna saat mengoperasikan smartphone.

Baca Juga:

Layar yang disematkan pada HP android ini, terkadang juga mengalami masalah error atau kerusakan. Baik itu kerusakan pada sisi hardware maupun softwarenya, yang pasti hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Salah satu masalah error yang sering dialami oleh pengguna HP android yakni layar HP bergerak sendiri, baik ke atas maupun ke bawah. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik karena kesalahan pengguna, sistem android error atau kerusakan pada komponen layar tersebut. Berikut ini cara mudah mengatasi layar bergerak sendiri di HP android tersebut.

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri
Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Ada banyak hal yang menjadi penyebab utama dari masalah layar HP yang sering bergerak sendiri, bahkan terkadang membuka menu dan aplikasi dengan sendirinya. Mengetahui beberapa penyebabnya ini sangat penting, agar kamu lebih mudah saat ingin memperbaiki layar bergerak sendiri tersebut. Adapun beberapa penyebab umum yang dimaksud, di antaranya:

  • HP mengalami overheat atau suhu HP yang terlalu panas.
  • Masalah error atau kerusakan pada baterai, sehingga tidak bisa menyuplai daya secara maksimal ke LCD HP.
  • Penggunaan charger yang bukan original, atau bisa juga kerusakan pada charger tersebut.
  • Adanya bug pada sistem android.
  • Penggunaan pelindung layar yang tidak cocok. Atau bisa juga pelindung layar yang pecah atau retak dan terdapat banyak debu.
  • LCD HP yang retak atau bahkan pecah, baik karena terjatuh atau tertimpa benda lain.
  • Masalah error atau kerusakan pada komponen layar.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri yang Mudah dan Ampuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi touchscreen HP bergerak sendiri atau bahkan multitouch. Masalah seperti ini memang bisa dialami pada semua merek dan tipe HP. Baik itu pada HP Samsung, Asus, Lenovo, Huawei, Realme, Xiaomi, OPPO, VIVO, Advan dan lain sebagainya.

Adapun beberapa cara memperbaiki layar sentuh HP bergerak sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah layar HP yang terus bergerak sendiri yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Kita tahu fungsi utama dari restart HP adalah untuk menghapus file cache yang tersimpan di RAM.

Akan tetapi, cara ini juga memungkinkan untuk mengatasi berbagai masalah error ringan pada sistem android, termasuk layar sentuh HP yang bergerak sendiri.

2. Matikan HP dan Istirahatkan

Jika dengan melakukan restart layar HP tetap bergerak sendiri, maka kamu bisa mencoba cara kedua ini. Cukup matikan HP androidmu seperti biasa, yakni dengan menekan tombol Power lalu pilih Matikan Daya.

Selain mematikan HP, kamu juga perlu mendiamkannya selama beberapa waktu agar suhunya kembali normal. Kalau perlu, kamu lepas juga beberapa komponen eksternal seperti, SIM card, SD card dan juga baterainya. Diamkan HP kurang lebih 1 hingga 3 jam, lalu kamu hidupkan lagi seperti biasa. Cara ini bisa diterapkan khususnya jika suhu panas pada HP terlalu tinggi alias overheat.

3. Lepas atau Ganti Pelindung Layar

Selain masalah di atas, penggunaan screen guard atau anti gores juga bisa menjadi penyebab utama layar HP yang terus bergerak dengan sendirinya. Bisa jadi pelindung layar yang kamu gunakan tersebut tidak cocok dengan HP, terdapat debu, tertekan pada area tertentu, atau ada pecah / retak.

Untuk masalah ini, sebaiknya kamu lepas pelindung layar tersebut. Jika memang ingin menggunakan pelindung layar, pastikan kamu memilih screen guard yang cocok dengan tipe HP-mu. Selain itu, pastikan kamu memasangnya dengan benar dan bersihkan terlebih dahulu LCD HP sebelum memasangnya.

4. Mengganti Charger dan Kabelnya

Memang ada hubungannya layar HP rusak dengan penggunaan charger? Tentu ada. Dampaknya memang tidak langsung, akan tetapi tidak jarang juga touchscreen HP yang error disebabkan oleh penggunaan charger yang salah ini. Misalnya saja kamu menggunakan charger bukan original, yang mana tegangan listrik yang diberikan tidak sesuai dengan baterai HP.

Secara tidak langsung penggunaan charger yang tidak sesuai seperti ini akan membuat baterai HP mengalami error. Dan ketika ini terjadi, maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap fungsi touchscreen yang diakibatkan oleh suplai daya yang tidak stabil dari baterai. Solusinya kamu perlu mengganti charger beserta kabelnya dengan charger ORI sesuai tipe HP-mu.

5. Mengganti Baterai HP

Sempat disinggung di atas, baterai HP yang mengalami masalah error bisa berpengaruh pada kemampuannya untuk menyalurkan daya listrik ke seluruh komponen HP, termasuk layar. Hal ini akan membuat fungsi dari layar LCD HP menjadi terganggu, dan tidak jarang membuatnya bergerak sendiri tanpa disentuh.

Beberapa masalah error dan kerusakan pada baterai yang menyebabkan masalah pada layar seperti, daya output dari baterai yang lemah, kebocoran baterai, baterai kembung dan lain sebagainya. Jika masalah ini yang kamu dapat, solusi terbaiknya yakni dengan melakukan penggantian baterai. Pastikan kamu memili baterai original yang sesuai dengan tipe HP-mu agar fungsinya maksimal dan tegangan yang diberikan sesuai kebutuhan.

6. Factory Reset dan Flashing HP

Cara lainnya untuk mengatasi masalah layar HP yang bergerak sendiri yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah error berat pada HP, di mana HP akan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik dan semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus. Untuk melakukan factory reset HP android tersebut, yakni:

  • Matikan HP seperti biasa dan pastikan sisa baterainya tidak kurang dari 50%.
  • Sekarang tekan dan tahan tombol Power + Volume Up (tipe HP lain: Power + Volume Down) selama beberapa detik hingga pada layar tampil logo. 
  • Kemudian lepaskan tekanan pada kedua tombol ketika sudah masuk ke Recovery Mode.
  • Lanjut dengan pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Lalu konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Jika sudah, sekarang pilih Reboot System Now.
  • Tinggal menunggu sampai HP menyala kembali.

Jika dengan factory reset layar HP masih tetap bergerak sendiri, bisa jadi masalahnya terdapat pada ROM yang digunakan. Untuk masalah ini kamu perlu mengganti ROM pada HP dengan cara melakuka flashing HP. Untuk caranya sendiri bisa kamu cari di internet, ada banyak web yang membahasnya.

7. Cek Komponen Fisik LCD HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi masalah layar sentuh HP android sering gerak sendiri yakni dengan melakukan pembongkaran HP. Kamu perlu membuka semua komponen HP dan lakukan pengecekan pada komponen LCD-nya. Lihat apakah ada kerusakan atau tidak.

Jika memang terdapat kerusakan, maka kamu perlu melakukan penggantian layar LCD tersebut. Pastikan kamu membeli LCD baru yang sesuai dengan tipe HP androidmu. Untuk cara melakukannya harus berhati-hati, karena bisa saja merusak komponen lain pada HP. Jika memang tidak bisa melakukannya sendiri, maka kamu perlu membawa HP ke service center.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Masuk Recovery Android yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Upload Foto di Pinterest HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini