Cara Mengatasi Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

165
Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai
Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai – Telkomsel bisa dibilang sebagai salah satu provider kartu operator paling ternama di Indonesia. Sebelum hadirnya beberapa provider kartu operator lain, Telkomsel sudah lebih dulu terkenal dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Tidak heran karena Telkomsel memiliki jangkauan jaringan yang paling luas dengan sinyal yang kuat dan stabil. Baik itu, untuk sinyal di jaringan 2G, 3G, 4G hingga yang terbaru saat ini yakni jaringan 5G. Dan baru-baru ini Telkomsel mengumumkan akan menghapus jaringan 3G sebagai percepatan peningkatan ke jaringan di atasnya.

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai
Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Telkomsel juga menyediakan berbagai pilihan layanan paket yang bisa dinikmati oleh semua pelanggan. Mulai dari layanan paket SMS, paket nelpon, hingga paket kuota data. Meskipun harga banderolnya yang masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan layanan paket dari provider lain, nyatanya Telkomsel masih menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna. Alasannya bermacam-macam, mulai dari karena jaringan Telkomsel yang paling cepat dan stabil, jangkauan jaringan Telkomsel paling luas, hingga ada banyak promo dan diskon yang diberikan kepada pelanggan setia. Disamping itu, pelayanan yang diberikan oleh Telkomsel juga sangat baik sehingga menjadi daya tarik lain bagi para pengguna.

Baca Juga:

Berbicara mengenai layanan paket internet dari Telkomsel, biasanya di dalam paket disediakan pembagian kuota. Salah satunya ada yang namanya kuota lokal yang diberikan oleh Telkomsel di dalam layanan paket internetnya. Kuota lokal ini biasanya akan digunakan setelah kuota flash atau kuota utama habis. Sementara untuk besar kuota lokal yang didapat berbeda-beda untuk setiap paket internet Telkomsel yang dibeli. Dalam hal ini, ada kalanya kuota lokal Telkomsel ini tidak dapat terpakai saat pengguna mengakses internet. Penyebabnya bisa bermacam-macam, yang pasti kuota lokal yang tidak terpakai akan hangus jika masa aktif paket sudah habis. Lantas, bagaimana cara mengatasi kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa dipakai tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu Kuota Internet Lokal Telkomsel?

Sebelum lanjut ke pembahasan cara menggunakan kuota lokal Telkomsel, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa fungsi kuota lokal tersebut. Kuota Internet Lokal Telkomsel merupakan salah satu jenis kuota yang diberikan oleh Telkomsel yang hanya bisa digunakan di daerah atau zona tertentu.

Untuk daerah atau zonanya ini menyesuaikan di mana kamu mengaktifkan layanan paket internet yang terdapat kuota lokalnya tersebut. Misalnya saja kamu mengisi paket internet Telkomsel di Kota A, yang mana di dalam paket internet yang dibeli tersebut terdapat kuota internet lokal. Maka kuota lokal tersebut hanya bisa digunakan saat kamu mengakses internet di Kota A. Sementara saat kamu berpindah ke Kota B, maka saat mengakses internet yang digunakan adalah kuota utama atau kuota flash.

Cara Mengatasi Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Kuota Data Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai
Kuota Data Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Dari penjelasan di atas kita bisa sedikit paham kenapa kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa dipakai. Ya, mungkin saja kamu saat mengaktifkan paket internet Telkomsel yang terdapat kuota lokal tersebut di zona atau daerah tertentu. Dan saat ini kamu sudah berada di kota atau zona lain yang secara otomatis kuota lokal Telkomsel yang tersisa tidak akan bisa digunakan.

Selain itu, ada penyebab lainnya yang bisa menjadi faktor kuota internet lokal Telkomsel tidak dapat digunakan. Baik itu, karena adanya masalah error pada sistem android, jaringan Telkomsel yang sedang gangguan, kuota lokal yang sudah habis atau habis masa berlakunya, atau yang lain sebagainya. Adapun cara untuk mengatasi kuota lokal Telkomsel tidak bisa dipakai selengkapnya, sebagai berikut:

1. Berpindah ke Zona atau Daerah yang Sama Saat Pengaktifan Paket

Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain mengakses internet di kota atau zona yang sama saat kamu mengaktifkan atau membeli paket data Telkomsel tersebut. Tidak perlu melakukan pengaturan apa pun, karena kuota data lokal Telkomsel akan secara otomatis dipakai sat mengakses internet.

Jika memang masih tidak bisa terpakai, pastikan kuota utama atau kuota flash sudah habis atau tersisa 0. Seperti yang dijelaskan di atas, kuota Local Telkomsel ini hanya akan terpakai jika kuota utama yang dimiliki sudah habis.

2. Menggunakan Fake GPS

Untuk cara yang kedua ini bisa dipilih bagi kamu yang tidak memungkinkan untuk kembali ke kota asal saat mengaktifkan paket data Telkomsel hanya untuk sekedar menggunakan kuota local Telkomsel. Di sini kita akan memanipulasi lokasi akses di HP sehingga akan terdeteksi kalau kita mengakses di lokasi saat mengaktifkan paket data Telkomsel. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Fake GPS location melalui Google Play Store.
  • Sekarang kamu perlu mengubah settingan APN Telkomsel terlebih dahulu untuk melancarkan cara ini. Caranya masuk ke menu Pengaturan >> Koneksi >> Jaringan Seluler >> pilih SIM1 atau SIM2 >> Nama Akses Poin >> dan Buat APN Baru.
  • Kemudian kamu isi settingan APN seperti di bawah ini:

Nama: bukandroid

APN: SGSN

Proxy: kosongkan

Port: kosongkan

Dan kolom lainnya bisa dibiarkan default lal dan simpan serta jadikan sebagai APN default.

  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi Fake GPS location tadi. Jika meminta izin akses, tinggal kamu setujui dengan klik Izinkan.
  • Pada halaman utama aplikasi kamu masuk ke menu OPEN SETTING. Kemudian aktifkan opsi Mengizinkan Lokasi Palsu dengan menggeser tombol slidernya.
  • Selanjutnya kamu tentukan lokasi atau zona yang ingin digunakan sebagai lokasi palsu. Dalam hal ini kamu pilih zona di mana kamu mengaktifkan paket internet Telkomsel tadi.
  • Selesai.

Dengan demikian kuota lokal Telkomsel milikmu sudah bisa digunakan untuk mengakses internet seperti biasa.

3. Periksa Jaringan Internet di HP

Mungkin saja kuota internet local Telkomsel yang tidak bisa digunakan diakibatkan error pada jaringan HP. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mencoba mengatifkan Mode Pesawat di HP android. Caranya cukup usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel, lalu ketuk pada ikon Mode Pesawat atau AirPlane Mode.

Tunggu beberapa saat hingga Mode Pesawat di HP benar-benar aktif. Kemudian kamu matikan lagi mode tersebut dengan melakukan cara yang sama. Sekarang kamu aktifkan data seluler di HP untuk menyambungkannya ke jaringan internet. Biasanya dengan cara ini masalah error jaringan di HP akan teratasi.

4. Hubungi Customer Service Telkomsel

Dan cara yang terakhir bisa kamu lakukan yakni dengan menghubungi Cs Telkomsel melalui call center atau datang langsung ke GraPARI Telkomsel. Beritahukan masalah paket kuota lokal milikmu yang tidak dapat terpakai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa dipakai yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Sadap Kamera Android Terbukti Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Paling Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini