Cara Mengatasi Konektor HP Longgar Paling Ampuh

14
Konektor HP Longgar
Konektor HP Longgar

Konektor HP Longgar – HP android merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhan sekarang ini. Dikarenakan fungsinya yang fleksibel, berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah dengan adanya perangkat gadget satu ini. Tidak lain karena para vendor yang senantiasa untuk mengembangkan perangkat smartphone android, di mana berbagai fitur canggih disematkan di dalamnya. Tidak hanya itu saja, HP android bahkan bisa dijadikan sebagai sarana hiburan terbaik ketika lagi sendiri. Bisa dengan menonton video, bersosial media, ataupun bermain game di perangkat HP tersebut.

Konektor HP Longgar
Konektor HP Longgar

Perangkat HP android sendiri tersusun dari banyak komponen, yang mana masing-masing komponen memiliki fungsi penting tersendiri. Misalnya saja baterai, komponen satu ini bisa diibaratkan sebagai nyawa dari HP android. Baterai akan menyimpan daya listrik yang nantinya akan disalurkan ke komponen lain pada HP sehingga perangkat tersebut dapat dinyalakan dan dioperasikan seperti biasa. Baterai pada HP umumnya memiliki kapasitas penampungan daya yang berbeda-beda, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin lama baterai bisa menyuplai daya listrik.

Baca Juga:

Ketika daya baterai sudah habis, pengguna tentu perlu mengisi ulang daya tersebut menggunakan charger. Adaptor charger dicolokkan ke stop kontak, kemudian konektor charger dipasangkan ke port charger di HP android. Pada kondisi tertentu ada kalanya konektor charger yang disambungkan ke port charger di HP ini menjadi longgar dan mudah lepas. Lebih parahnya lagi HP tidak bisa mengecas sempurna karena konektor yang longgar tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi konektor HP longgar dan tidak bisa mengecas tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Konektor Charger HP Longgar dan Mudah Terlepas

Sebelum lanjut di sini akan dibahas terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan konektor charger pada HP longgar dan mudah lepas. Ini penting untuk diketahui agar masalah serupa tidak terulang lagi, serta untuk mempermudah mengatasi permasalahan tersebut. Adapun beberapa penyebab konektor charger HP longgar selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Faktor usia yang membuat konektor charger longgar saat dipasangkan ke port charger di HP.
  2. HP pernah terjatuh dalam posisi sedang dicharger. Hal ini memungkinkan posisi atau arah konektor di dalam port charger berubah, baik itu terlalu mengarah ke bawah, atas, atau samping.
  3. HP terlalu sering dicharger (dipasang dan dicabut) sehingga membuatnya menjadi longgar.
  4. Adanya kotoran atau debu yang masuk ke dalam lubang port charger HP.
  5. Dikarenakan karat pada konektor charger sehingga membuatnya rusak, baik itu karena terkena air, menaruh di ruangan lembap atau penyebab lainnya.
  6. Kurang hati-hati saat memasangkan konektor charger ke lubang port charger di HP.

Dari beberapa penyebab di atas, ada yang bahkan menjadi kebiasaan pengguna yang semakin meningkatkan risiko kerusakan tersebut.

Cara Mengatasi Konektor HP Longgar Paling Ampuh

Cara Mengatasi Konektor HP Longgar
Cara Mengatasi Konektor HP Longgar

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah konektor charger pada HP yang longgar agar normal kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pasti cara-cara ini cukup mudah untuk diterapkan. Adapun cara mudah mengatasi konektor HP longgar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Lubang Port Charger di HP

Cara yang pertama yakni dengan mengeluarkan kotoran atau debu yang terdapat di dalam lubang charger HP. Sebaiknya berhati-hati saat melakukan pembersihan, ditakutkan ini akan merusak bagian dalam port charger tersebut. Sementara untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan jarum, tusuk gigi, cottonbud atau dengan vacuum cleaner mini.

Pertama-tama keluarkan kotoran dari lubang charger dengan menggunakan jarum atau tusuk gigi. Kamu bisa memanfaatkan senter kecil untuk penerangan agar lebih mudah dalam mengeluarkan kotoran dari lubang port charger tersebut.

Selanjutnya bersihkan debu yang menempel di dalam lubang port charger menggunakan cottonbud. Atau lebih mudahnya dengan menggunakan vacuum cleaner mini yang juga diklaim lebih efektif untuk membersihkan debu. Biasanya dengan cara ini konektor charger akan lebih maksimal lagi dalam menyalurkan daya listrik ke baterai HP.

2. Mengatur Posisi atau Arah Konektor (Port) Charger

Seperti yang dijelaskan di atas, konektor charger yang longgar bisa disebabkan karena arah atau posisi konektor charger yang berubah. Untuk itu, agar konektor tidak longgar lagi maka kamu perlu mengatur posisi atau arahnya tersebut seperti semula. Untuk melakukannya kamu bisa memanfaatkan peralatan lain, misalnya saja jarum atau klip kertas (segitiga).

Caranya sangat mudah, cukup masukkan jarum atau klip kertas tadi ke dalam lubang port charger. Kemudian atur posisi atau arahnya seperti semula, baik dengan mengangkatnya ke atas, ke bawah, atau ke samping. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai membuat konektor di lubang charger tersebut bengkok atau bahkan patah.

Catatan: Cara ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang tidak memiliki keahlian. Ditakutkan melakukan cara ini akan membuat konektor HP semakin rusak sehingga tidak dapat digunakan untuk mengecas.

3. Mengganti Charger Lain

Ada kalanya konektor charger HP yang longgar dikarenakan konektor pada ujung kabel charger yang bermasalah. Hal ini seringkali ditemukan pada kabel charger bukan original atau abal-abal. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan charger original bawaan HP juga mengalami masalah yang sama seperti ini.

Solusinya cobalah ganti kabel USB charger dengan kabel charger lainnya (kabel charger ORI). Biasanya kabel charger baru saat dipasangkan ke port charger di HP akan erat alias tidak longgar.

4. Mengganti IC Charger

Sementara untuk charger HP mudah terlepas yang diakibatkan oleh kerusakan, tidak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan mengganti IC charger dengan yang baru. Konektor charger longgar biasanya dibarengi dengan kondisi HP yang tidak bisa mengecas, meskipun sudah mengganti charger lain.

Hal semacam ini diakibatkan karena kerusakan pada IC charger yang terpasang di dalam HP. Dengan mengganti IC charger tersebut tentunya masalah lubang charger longgar dan tidak bisa mengecas akan langsung teratasi. Namun, tentunya untuk melakukan cara ini harus disertai dengan keahlian khusus. Pasalnya, kita perlu melakukan pembongkaran HP untuk melakukan penggantian IC charger tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi konektor HP longgar dan tidak dapat mengecas yang ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatur Sensitif Layar Android Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mematikan Talkback di VIVO yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini