Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya

648
Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya
Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya

Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya Salah satu benda yang tak kalah penting selain pangan dijaman sekarang ini ialah smartphone, kenapa tidak? Karena banyak orang sekarang hampir disetiap saat tak luput meninggalkan perangkat smartphone mereka, mau itu samsung, xiaomi dan lainnya. Ya memang hal itu tidak salah, mengingat kecanggihan yang dihadirkan handphone di jaman ini sudah sangat banyak membantu aktivitas manusia dengan cepat dan dimana aja. Akan tetapi, melalui aktivitas yang terus menerus dilakukan bersama gadget kita, pasti lama tapi pasti akan mengalami suatu masalah pada perangkat tersebut. Tentu hal ini akan terjadi sangat pasti pada benda ciptaan manusia cepat ataupun lambat.

Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya

Kerusakan yang terjadi kepada perangkat HP memang tak dapat dihindari dimana saja dan kapan saja tentunya, mulai dari kerusakan terhadap sistem sampai dengan kerusakan pada komponen perangkat kerasnya. Kalau yang rusak terjadi pada sistem lunak smartphone, pasti dalam penyelesaiannya tidak begitu ribet dan sering kali dapat kita selesaikan sendiri tanpa harus pergi ketukang servis. Namun, akan sangat berbeda jika yang rusak tersebut merupakan komponen fisik dari HP itu sendiri, tentu tidak semua orang bisa mengatasi hal itu. Memang, kerusakan pada benda elektronik dapat disebabkan oleh banyak faktor, entah itu memang komponennya mengalami kecacatan fisik sehingga gampang rusak, maupun karena human error.

Baca Juga:

Kecerobohan yang dilakukan oleh pengguna juga dapat membuat sebagian komponen HP menjadi rusak loh, bisa itu dikarenakan kecerobohan yang menyebabkan ponsel terjatuh, dan lain sebagainya. Nah oleh sebab itulah, penting untuk kalian ketahui terlebih dahulu komponen apasih yang sering mengalami kerusakan pada HP pintar dijaman sekarang ini. Kalau sudah mengetahui bagian mana yang rawan mengalami kerusakan pada ponsel, maka nantinya kamu akan dapat mengetahuui dengan pasti kerusakan yang terjadi pada ponsel anda jika bermasalah secara tiba-tiba. Gak usah bingung akan mencari informasi mengenai hal tersebut ya. Sebab di dalam artikel kali ini Bukandroid sudah berhasil merangkum dengan pasti tentang Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya.

Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya

Beberapa komponen perangkat keras yang terdapat didalam ponsel pintar ternyata memiliki kerentanan terhadapat kerusakan lho. Sudah penasaran komponen apa saja yang akan kita bahas pada artikel ini? Mari simak rangkumannya dibawah ini yaa.

1. Touch Screen

Touch Screen

Benda pertama yang rawan rusak pada perangkat smartphone ialah Touch Screen atau LCD nya, kenapa demikian? Seperti yang kamu ketahui komponen yang punya peran penting satu ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang benda lainnya didalam ponsel. Dengan ukurannya yang lebar, jika satu kali jatuh saja, amak akan dapat menimbulkan gores pada LCD tersebut. Itu cuma keburukan kecilnya, terbesarnya ialah timbulnya keretakan yang mengakibatkan touch screen tidak berfungsi, retak seribu yang menjadikan HP tidak nyaman lagi untuk digunakan. Selain itu, LCD juga terkadang mempunyai fisik yang cacat dari dalam pabrik nya loh. Oleh karena itu dalam membeli smartphone utamakan beli yang baru, karena kalau membeli barang second seringkali garansinya sudah habis.

Tips mencegahnya, yaitu dengan cara memakai Tempered Glass yang berfungsi sebagai pelindung layar HP ketika terjatuh, ia akan mampu meredam getaran yang dapat menyebabkan retak pada layar. Disarankan memang untuk langsung dipakaikan tempered glass sejenis Gorilla Glass ketika awal membeli smartphone untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Jika memang layar ponsel kamu sudah terlanjur hancur, maka sebelum membawanya ke tukang servis, pastikan terlebih dulu bahwa garansi dari ponsel tersebut masih aktif. Kalau ternyata masih aktif garansinya, maka tinggal kamu datangi saja tempat membeli HP tersebut untuk digaransikan dan biasanya 100% gratis tanpa biaya.

2. Baterai

Baterai

Komponen berikutanya ialah Baterai, kenapa baterai? dikarenakan kerusakan baterai dapat timbul dengan cepat apabila kita menggunakan smartphone dengan cara yang salah. Baterai kembung dan bocor merupakan penyakit yang suka hinggap pada baterai ponsel mau itu jenis tanam ataupun baterai copot. Kesalahan yang sering dilakukan orang tanpa sadar yaitu memainkankan HP sambil melakukan pengisian daya atau mengecas. Ponsel yang di charger semalaman juga berisko tinggi untuk membuat baterai cepat kembung loh, jadi jangan sampai lupa untuk mencabut charger ketika malam hari ya. Selain itu juga, ketika kita sedang memainkan hp dalam cuaca yang sangat panas dapat berdampak buruk terhadap baterai, biasanya HP juga akan terasa panas.

Tips mencegahnya, yaitu dengan mencabut chargeran di malam hari, jangan sampai ditinggal tidur. Lebih baik untuk kamu mengecas HP di pagi hari, ketimbang lupa mencabut colokannya dan berpotensi menimbulkan kerusakan. Selain itu juga jangan memainkan smartphone pada saat terak matahari muncul, biasanya ini sering terjadi kalau kita sedang berada di luar ruangan. Hal tersebut tentu akan berdampak pada suhu panas yang dihasilkan HP juga dan mengakibatkan baterai menjadi cepat usang. Oh iya satu lagi nih, selalu pakai colokan charger yang asli dari brand HP kamu ya. Hal ini juga berpengaruh terhadap daya listrik yang dihantarkan dari charger tersebut yang biasanya setiap HP akan berbeda-beda daya listrik yang dihantarkan.

3. IC Power

IC Power

Berikutnya ada IC Power, yaitu komponen ponsel yang berupa chip yang terletak dibagian dalam dan mempunyai fungsi sebagai perangkat yang menghantarkan arus daya keseluruh bagian ponsel. Penyebab yang memungkinkan terjadinya kerusakan terhadap IC Power salah satunya adalah, pemakaian smartphone yang begitu lama. Sehingga ponsel akan terasa panas yang mengakibatkan chipset IC Power tersebut menjadi rusak. Tak cuma itu saja, handphone yang terkena air juga dapat menimbulkan kerusakan terhadap IC power lho, lebih tepatnya chipset akan mengalamo korosi sehingga terjadi masalah serius. Nah sama halnya dengan mengisi baterai yang terlalu lama juga bisa merusak IC Power.

Tips mencegahnya, yaitu dengan cara menghindari dari ketiga penyebabnya tadi ya. Kalau HP kamu basah terkena air maka langsung matikan saja, lalu lakukan pengeringan cukup lama hingga benar-benar kering dan baru hidupkan kembali HP. Tidak mencharger dimalam hari sebelum tidur memang pilihan yang tepat, mengingat resiko yang akan terjadi jika lupa meleaps colokannya akan sangat berbahaya, tidak hanya berdampak buruk pada baterai tapi juga IC Power.

4. Tombol Power dan Volume

Tombol Power dan Volume

Tombol Power dan Volume merupakan tombol-tombol yang terdapat pada perangkat seluler tentu akan rawan sekali untuk rusak dibandingkan sama komponen lainnya. Hal ini dikarenakan pada penggunaan tombol ini sendiri terkadang tingkat pemakaiannya lebih sering dilakukan dan tenaga yang dikeluarkan juga cenderung terlalu ditekan. Sehingga itu akan berakibat buruk pada bagian fisik dalam maupun luar pada tombol tersebut. Saya bilang begitu sebab sering terjadi pada lingkungan sekitar saya yang mengalami masalah terhadap tombol power atau juga volume, dan bahkan tombol home kalau ada.

Tips mencegahnya, yaitu melalui penggunaan yang wajar dan juga penekanan tombol yang tidak terlalu memaksa. Selain itu juga kamu bisa menggunakan softcase sehingga penekanan pada tombol-tombol tersebut akan lebih halus dan penekanannya menjadi lebih pelan.

Penutup

Baik, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai artikel kita yang berjudul Beberapa Komponen HP Sering Rusak dan Tips Mencegahnya. Jangan lupa untuk share artikel kita ya, terimakasih.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Dewasa di Google Play Store Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Dapat Emote Free Fire Gratis Terbaru
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini