Kode Reset HP Samsung dan Cara Menggunakannya

56
Kode Reset HP Samsung
Kode Reset HP Samsung

Kode Reset HP Samsung – Samsung merupakan salah satu brand ternama yang terkenal dengan produknya yang berkualitas bagus dan awet. Termasuk juga untuk produk smartphone android besutannya, HP dari Samsung sangat awet dan bahkan tahan banting. Saat terjatuh pun HP dari Samsung ini masih bisa berfungsi normal layaknya tidak terjadi apa-apa. Bahkan beberapa tipe HP premium Samsung juga sudah ada yang dibekali dengan fitur anti-air sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas underwater, seperti foto selfie atau merekam video.

Kode Reset HP Samsung
Kode Reset HP Samsung

Berbagai fitur canggih memang sudah disematkan di smartphone Samsung, khususnya untuk yang kelas flagship. Tidak lain hal ini tujuannya untuk menarik minat para pecinta smartphone yang ada di seluruh dunia. Terbukti dari tahun ke tahun Samsung selalu mencapai target penjualan tertinggi dibandingkan dengan brand produk smartphone android lainnya. Selain smartphone high-end, Samsung juga mengeluarkan seri HP android murah untuk para peminat setianya, seperti Samsung Galaxy J Series, A Series, M Series dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Meskipun demikian, HP Samsung ternyata juga bisa mengalami masalah error atau kerusakan. Mulai dari HP yang restart sendiri, tidak bisa terhubung ke internet, aplikasi tidak bisa dibuka dan keluar sendiri, tidak memasang aplikasi baru, HP mati total dan masalah error lainnya. Untuk mengatasi berbagai masalah error pada sistem tersebut, salah satu cara terbaiknya yakni dengan melakukan reset. Untuk melakukan reset HP android sekarang sudah bisa menggunakan kode khusus bisa diakses melalui menu Telepon atau Panggilan di HP Samsung. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini kode reset HP Samsung beserta cara penggunaannya yang mudah bisa kamu coba terapkan.

Kode Reset HP Samsung Terbaru

Kode Reset Samsung
Kode Reset Samsung

Di setiap smartphone android biasanya memiliki kode rahasia yang disediakan oleh vendornya, termasuk juga pada HP Samsung. Kode rahasia ini sendiri biasanya merupakan kode dial up, di mana cara untuk mengaksesnya bisa melalui menu Telepon atau Panggilan, Kode dial atau kode rahasia ini sendiri terdiri dari kombinasi angka dan diawal serta akhir ada tanda * dan #.

Kode rahasia yang disediakan di setiap HP Samsung memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari kode untuk melakukan reset Samsung, tes layar sentuh Samsung, cek speaker dan mikrofon, cek warna yang dikeluarkan layar, cek jaringan HP, hingga kode untuk mengetahui informasi mengenai spesifikasi HP.

Dalam hal ini terdapat kode rahasia Samsung yang fungsinya untuk melakukan reset, baik itu Hard Reset maupun Factory Reset. Keduanya tersebut memiliki kode rahasia yang berbeda, meskipun cara penggunaannya hampir sama. Lantas, berapa kode reset HP Samsung tersebut? Berikut ini kode rahasianya yang bisa kamu gunakan untuk mereset HP Samsung, yakni:

  1. *2767*3855# = Kode rahasia Samsung untuk melakukan hard reset.
  2. *#*#7780#*#* = Kode rahasia Samsung untuk melakukan factory reset.
  3. *2767*2878# = Kode rahasia alternatif untuk melakukan reset HP Samsung dengan mudah dan cepat.

Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung mengenai perbedaan antar hard reset dan factory reset. Sebenarnya kedua ini hampir sama fungsinya, yakni untuk mengembalikan HP ke setelan awal pabrik. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah error berat yang terjadi pada sistem android.

Untuk definisi yang lebih detail, hard reset merupakan salah satu langkah untuk mereset HP androis secara keseluruhan. Menyeluruh artinya semua data yang ada di HP akan dihapus, mulai dari data firmware, data yang tersimpan di memori internal, serta pengaturan yang diterapkan di HP android.

Sementara untuk factory reset merupakan langkah reset HP ke pengaturan awal pabrik, di mana hal ini akan menghapus data yang tersimpan di memori internal dan juga pengaturan yang ada di HP android.

Sama-sama akan menghapus data yang tersimpan di memori internal HP, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu jika memang terdapat data penting yang tersimpan di memori HP. Cara backup ini sendiri bisa melalui menu Pengaturan atau Settings, dan membackup atau mencadangkannya bisa ke memori eksternal ataupun cloud storage.

Cara Menggunakan Kode Reset Samsung

Setelah mengetahui kode reset HP Samsung di atas, sekarang kita lanjut ke cara bagaimana untuk menggunakan kode rahasia tersebut. Pastikan di HP Samsung milikmu sudah tidak ada data penting dan sudah melakukan backup data. Mengenai langkah-langkah untuk menggunakan kode untuk mereset HP Samsung tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP Samsung.
  2. Kemudian ketik salah satu kode reset yang disediakan di atas, baik itu kode untuk Factory Reset maupun Hard Reset.
  3. Selesai mengetik kode, nantinya HP akan langsung menampilkan halaman untuk memulai reset HP Samsung.
  4. Tinggal kamu tunggu proses reset HP Samsung tersebut hingga selesai. Biasanya HP akan melakukan reboot atau restart secara otomatis, dan waktu yang dibutuhkan bervariasi antara 5 menit hingga 20 menit. Durasinya ini tergantung banyaknya data yang disimpan di HP Samsung tersebut.
  5. Selesai.

Kode reset Samsung di atas hanya sebuah jalan pintas untuk melakukan reset HP Samsung. Jika memang kode tersebut sudah tidak work, maka kamu bisa melakukan reset dengan cara manual, yakni melalui menu Pengaturan atau lewat menu Recovery Mode.

Penutup

Itulah tadi kode reset HP Samsung beserta cara penggunaannya yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO Tanpa Aplikasi
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Layar HP Bergaris Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini