Cara Kirim Video Besar Durasi Panjang WA Android

45
Kirim Video Besar Durasi Panjang WA
Kirim Video Besar Durasi Panjang WA

Kirim Video Besar Durasi Panjang WA – WhatsApp atau yang dikenal juga dengan sebutan WA merupakan aplikasi chatting online yang dikembangkan oleh Facebook Inc. Jadi, jangan heran jika fitur yang disediakan di dalamnya hampir sama dengan Facebook dan Instagram. Misalnya untuk fitur Status WhatsApp yang disediakan di dalamnya. Fitur ini tentunya sangat mirip dengan fitur InstaStory di Instagram dan Facebook Stories di Facebook. Video, foto atau teks yang diunggah pada ketiga fitur tersebut akan secara otomatis dihapus setelah melewati waktu 24 jam.

Kirim Video Besar Durasi Panjang WA
Kirim Video Besar Durasi Panjang WA

Tidak hanya fitur itu saja, di WhatsApp juga disediakan fitur menarik lainnya yang menjadi daya tarik bagi para pengguna. Untuk urusan mengirim pesan di WhatsApp, keamanannya sudah terjamin dan tidak akan bisa dilihat oleh siapa pun. Hal ini dikarenakan WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end yang memungkinkan pesan yang dikirim dan diterima hanya bisa diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Bahkan pihak WhatsApp tidak memiliki hak untuk ikut memantau aktivitas chat dari para pengguna aplikasi WhatsApp tersebut.

Baca Juga:

Perihal mengirim pesan di WhatsApp, kita tidak hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk teks saja. Melainkan juga memungkinkan untuk mengirim file media di WhatsApp, seperti foto, video, dan jenis file media lainnya. Mengirim foto dan video di WhatsApp ternyata ada batasan tersendiri yang harus dipahami oleh pengguna. Khususnya untuk file video yang tidak diperbolehkan terlalu panjang  saat ingin dikirim lewat WhatsApp. Meski begitu, ada trik khusus yang memungkinkan kita mengirim video berdurasi panjang di WA. Berikut cara kirim video besar durasi panjang WA yang bisa kamu simak dan terapkan.

Batas Ukuran dan Durasi Video untuk Bisa Dikirim Lewat WhatsApp

Perlu kamu tahu batas size dan durasi video yang bisa dikirimkan di aplikasi WhatsApp. Untuk size atau kapasitas maksimal video untuk dikirim di WhatsApp yakni 16MB. Sementara untuk durasi maksimalnya tidak bisa ditentukan secara pasti, bisa 5menit-10 menit tergantung resolusi videonya.

Semakin besar resolusi video, maka hal ini akan membuat ukurannya semakin besar. Begitu juga sebaliknya, ukuran video akan semakin ringan jika resolusinya diturunkan. Dengan cara ini durasi video akan menjadi lebih panjang untuk ukuran video yang diperkecil tersebut.

Cara Kirim Video Besar Durasi Panjang WA Android

Cara Kirim Video Durasi Panjang di WhatsApp
Cara Kirim Video Durasi Panjang di WhatsApp

Untuk mengirim video dengan durasi panjang di WhatsApp, setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu pilih dan terapkan. Cara ini pastinya sangat mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara kirim video besar durasi panjang WA android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengompres Video untuk Memperkecil Ukurannya

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa mengirim video dengan durasi panjang di WA yakni dengan melakukan kompres atau memperkecil kapasitasnya. Untuk melakukannya sendiri bisa menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan. Keduanya sama mudahnya untuk dilakukan dan hasil video compressingnya juga bagus.

Jika ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama VidCompact. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu download dan install aplikasi VidCompact dari Google Playstore.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu pilih menu Pangkas & Kompres.
  4. Kemudian kamu cari dan pilih video durasi panjang yang ingin dikirim di WhatsApp.
  5. Setelah berhasil dipilih, selanjutnya kamu pilih resolusi video. Pastikan kamu memilih resolusi dengan hasil ukuran video tidak lebih dari 16MB agar bisa dikirim di WhatsApp.
  6. Jika sudah, selanjutnya lakukan compressing video dan tunggu hingga selesai. Kemudian kamu download hasil video yang sudah dikompres tersebut lalu kirim ke teman di WhatsApp.
  7. Selesai.

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan situs compressor online di internet. Salah satunya yakni melalui situs Video2Edit.com yang bisa diakses secara gratis.

  1. Caranya yakni dengan membuka browser di HP android.
  2. Kemudian kunjungi situs Video2Edit.com tersebut.
  3. Selanjutnya klik menu Pilih File, kemudian cari dan pilih file video durasi panjang dan besar yang ingin dikompres.
  4. Tunggu sampai proses upload video selesai, kemudian pada bagian Pengaturan kamu pilih Format Video dan tentukan Ukuran File Video.
  5. Selanjutnya klik tombol MULAI.
  6. Tinggal menunggu hingga proses kompresing video selesai, kemudian kamu bisa mendownload hasilnya.
  7. Selesai.

Catatan: Memang benar video yang dikompres ukurannya akan diperkecil. Namun, hal ini akan berpengaruh pada resolusi video yang tampak menurun, bahkan terlihat pecah saat diputar.

2. Mengunggah Video di Google Drive

Meskipun mudah, namun kekurangan cara di atas membuat video tampak buram dan pecah saat diputar. Jika hal tersebut tidak ingin kamu alami, maka bisa mencoba cara kedua ini. Di sini kamu bisa mengirim video besar dan durasi panjang dengan kualitas HD, tanpa dikurangi sama sekali.

Kamu bisa memanfaatkan layanan cloud storage dari Google, yakni bernama Google Drive. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu buka aplikasi Google Drive di perangkat smartphone. Pastikan kamu sudah login ke akun Google milikmu.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Tambah (+) yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian pilih opsi Upload.
  4. Sekarang cari dan pilih video berukuran besar dan berdurasi panjang yang ingin dikirim lewat WhatsApp.
  5. Selanjutnya tinggal menunggu hingga video berhasil diunggah ke akun Google Drive.
  6. Jika sudah, selanjutnya kamu klik pada file video di Google Drive tersebut, lalu klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas video.
  7. Selanjutnya pilih opsi Kelola Akses, lalu klik pada opsi Dibatasi. Klik lagi opsi Dibatasi, lalu beri centang pada opsi Siapa Saja yang Memiliki Link Ini.
  8. Klik lagi ikon Tiga Titik di pojok kanan atas video, lalu klik Salin Link.
  9. Sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan teman yang ingin dikirim video tadi. Paste link video dari Google Drive tadi dan klik Kirim.
  10. Selesai.

Catatan: Selain Google Drive, kamu juga bisa memanfaatkan layanan cloud storage gratis lain yang ada di internet. Misalnya saja menggunakan Dropbox, OneDrive, Idrive dan lain sebagainya.

3. Memotong Video Menjadi Beberapa Bagian

Dan cara yang terakhir untuk bisa kirim video besar durasi panjang WA di android yakni dengan memotong video menjadi beberapa bagian. Cara ini akan menyiasati batas ukuran video yang bisa dikirim di WhatsApp.

Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan aplikasi edit video yang ada di Google Playstore, misalnya saja SplitVideo. Atau bisa juga memanfaatkan situs split video online yang ada di internet.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara kirim video besar durasi panjang di WhatsApp HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini