Apa Itu Keyframe Alight Motion? Bagaimana Cara Membuatnya?

101
Keyframe Alight Motion
Keyframe Alight Motion

Keyframe Alight Motion – Mengedit video sudah bisa dilakukan dengan mudah sekarang ini menggunakan perangkat smartphone android. Kita bisa memanfaatkan fitur editing video bawaan yang ada di HP android, meskipun alat editing yang disediakan ini terbilang minim / standar. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi editing video yang tersedia di Google Play Store. Hampir semua aplikasi edit video android ini bisa digunakan secara gratis. Namun, biasanya ada beberapa fitur premium yang disediakan di dalamnya, yang mana fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja.

Keyframe Alight Motion
Keyframe Alight Motion

Berbicara mengenai aplikasi edit video di HP android, ada banyak sekali pilihannya yang bisa digunakan sesuai keinginan dan kebutuhan. Setiap aplikasi edit video ini memiliki keunggulan masing-masing yang menjadi daya tariknya bagi pengguna. Bahkan setiap waktunya akan ada fitur-fitur baru yang disematkan di dalam aplikasi untuk semakin membuat betah para penggunanya. Salah satu aplikasi edit video terbaik di android yang juga rutin memberikan update terbaru untuk aplikasinya tersebut yakni Alight Motion. Aplikasi ini diklaim dapat menghasilkan video editing yang berkualitas tinggi layaknya hasil editan tangan profesional. Ditambah lagi dengan fitur di dalamnya yang terbilang sangat lengkap, memudahkan kita dalam mengedit video.

Baca Juga:

Pada Alight Motion ini ada yang namanya Keyframe, yang mana ini menjadi pertanyaan banyak pengguna. Banyak dari mereka yang belum mengerti apa itu kunci frame yang ada di Alight Motion dan apa fungsinya. Di grub-grub banyak yang membahas cara untuk membuat kunci frame di Alight Motion tersebut. Sayangnya, tidak jarang pengguna khususnya para pemula yang belum mengerti akan hal tersebut. Tenang saja, melalui artikel ini kamu akan bisa paham mengenai keyframe Alight Motion dan cara pembuatannya, tentunya harus membaca sampai selesai. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Apa Itu Keyframe Alight Motion?

Keyframe Alight Motion merupakan batas titik baik titik awal maupun titik akhir dari animasi dan transisi yang ada di Alight Motion. Mengetahui keyframe ini sendiri sangat penting agar proses editing video di aplikasi tersebut bisa berjalan lancar tanpa kendala. Penentuan keyframe ini nantinya akan berpengaruh pada efek yang diterapkan di dalam video editing.

Lebih sederhananya, misalnya kamu ingin menambahkan efek animasih di bagian tengah video. Nah, di sini kamu perlu menentukan titik awal efek muncul ingin ditaruh di detik ke berapa, serta menentukan titik akhir hilangnya efek animasi yang digunakan tersebut. Durasi dari titik awal dan titik akhir inilah yang dinamakan dengan keyframe.

Membuat keyframe pada video yang ingin dibuat, ini akan memberikan efek animasi yang keren pada gambar. Yang mana gambar yang semula tidak bergerak menjadi bergerak mengikuti settingan keyframe yang kamu terapkan di dalamnya.

Banyak pengguna yang menyepelekan keyframe saat mengedit di Alight Motion, bahkan mengabaikan penggunaannya. Alhasil, saat pengguna ingin menambahkan efek tertentu sebelum membuat keyframe, nantinya akan muncul peringatan di aplikasi yang tertulis “Keyframes required Alight Motion”. Intinya pada peringatan tersebut mengharuskan pengguna mengatur atau membuat keyframe terlebih dahulu sebelum menambahkan efek lain di dalamnya.

Fungsi dari Keyframe di Aplikasi Alight Motion

Dalam membuat video animasi di aplikasi Alight Motion, pembuatan keyframe sangat penting untuk diperhatikan. Melihat dari fungsinya, keyframe dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama yakni keyframe yang berguna untuk memberikan informasi di mana titik awal video animasi dimulai dan titik akhir video berhenti. Sementara yang kedua yakni keyframe yang menjadi penggambaran adegan atau aksi.

Membuat video animasi, langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan dan membuat keyframe ini, khususnya di aplikasi Alight Motion. Ia adalah bingkai utama yang digunakan sebelum memulai proses pembuatan video animasi.

Cara Membuat Keyframe di Aplikasi Alight Motion

Cara Membuat Keyframe di Aplikasi Alight Motion
Cara Membuat Keyframe di Aplikasi Alight Motion

Sekarang lanjut ke cara untuk membuat keyframe Alight Motion step by step yang bisa kamu terapkan nanti. Cara ini juga menjadi solusi munculnya peringatan saat membuat video animasi di Alight Motion, yang mana penyebab utamanya karena keyframe belum dibuat tetapi sudah menggunakan efek lain di dalamnya.

Adapun langkah-langkah untuk membuat kunci frame yang mudah di aplikasi Alight Motion selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama pastikan kamu sudah mendownload dan menginstall aplikasi Alight Motion di perangkat smartphonemu. Selanjutnya kamu buat akun terlebih dahulu di aplikasi tersebut menggunakan akun Google atau Facebook.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu mulai membuat proyek baru. Caranya dengan klik menu Tambah untuk membuat proyek baru di aplikasi Alight Motion.
  4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan untuk proyek baru yang akan dibuat. Mulai dari memberi nama proyek, mengatur resolusi, framerate, hingga background yang ingin digunakan.
  5. Sekarang mulai memasukkan foto atau video yang ingin diedit dan dijadikan video animasi yang keren. Kamu juga bisa menambahkan langsung beberapa foto untuk diedit di dalam aplikasi Alight Motion ini.
  6. Sampai di sini kamu tidak akan bisa menggunkan efek atau alat lain sebelum membuat keyframe, yang mana nanti hanya akan muncul peringatan untuk membuat keyframe terlebih dahulu.
  7. Untuk membuat keyframe, kamu mulai dengan cara klik pada bagian yang ingin ditambahkan keyframe. Kemudian pilih menu Move & Transition, lalu klik ikon Berlian yang ada di sebelah kiri bawah layar. Selanjutnya atur keyframe sesuai keinginan dan kebutuhan, kemudian klik ikon Berlian hingga tanda + menjadi tanda –. Pastikan keyframe yang dibuat minimal 2 atau lebih.
  8. Selanjutnya kamu tinggal menambahkan berbagai efek dan gunakan alat editing lain untuk menyempurnakan video animasi yang dibuat.
  9. Selesai.

Tutorial yang dijelaskan di atas merupakan cara dasar dalam pembuatan keyframe, yang mana minimal titik keyframe yang dibuat sebanyak 2 titik. Kedua ini merupakan titik awal dan titik akhir yang tentunya bisa kamu tentukan sendiri durasi dari keyframenya.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai keyframe Alight Motion beserta cara pembuatannya yang mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Memperpendek Link di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Download Video Capcut Tanpa Watermark di Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini