Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri

Keyboard Android Hilang Sendiri – HP android tersusun dari berbagai komponen hardware yang memiliki fungsi masing-masing. Di mana setiap komponen hardware pada HP android ini saling terhubung dan bekerja sama untuk menghasilkan performa HP yang maksimal. Hal ini juga agar HP bisa menjalankan perintah sesuai yang diinstruksikan oleh pengguna. Jika ada salah satu komponen pada HP yang mengalami kerusakan, tentunya hal ini akan membuat fungsi HP menjadi kurang maksimal. Pengguna pun akan merasa kurang nyaman karena HP tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya tersebut.

Keyboard Android Hilang Sendiri
Keyboard Android Hilang Sendiri

Salah satu komponen penting pada HP android adalah baterai yang menjadi nyawa dari HP android. Baterai ini sendiri berfungsi sebagai penampung dan penyalur daya listrik ke semua komponen HP, sehingga HP bisa dihidupkan dan doperasikan. Selain itu, ada pula komponen layar yang berfungsi sebagai penampil gambar pada HP. Melalui layar ini juga pengguna bisa melakukan pengendalian pada HP dan memberikan perintah. Ada satu komponen lagi pada HP yang letaknya tersembunyi, yakni keyboard. Komponen ini sendiri tidak hadir dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk virtual.

Baca Juga:

Berbicara mengenai keyboard di HP android, fungsinya sama saja seperti pada perangkat PC atau laptop. Keyboard ini berfungsi sebagai alat inputan yang digunakan ketika ingin mengetik atau memasukkan perintah melalui huruf, angka dan tanda. Keyboard pada HP android ini sendiri bisa dengan mudah dihilangkan dan dimunculkan lagi oleh pengguna ketika dibutuhkan. Akan tetapi, pada kondisi tertentu keyboard di HP tersebut menghilang dan tidak mau muncul. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Lantas, bagaimana cara mengatasi keyboard android hilang sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri

Keyboard Tidak Muncul Android
Keyboard Tidak Muncul Android

Keyboard pada laptop punya fungsi yang cukup penting, khususnya bagi kamu yang suka banget chattingan. Selain itu, berfungsi juga saat mengakses browser dan ketika kamu ingin mencari sesuatu di internet. Karena itulah, merupakan hal wajib untuk mengatasi semua masalah yang terjadi pada keyboard agar berfungsi normal. Termasuk juga masalah keyboard yang tidak mau muncul di HP android.

Adapun beberapa cara mengatasi keyboard android hilang sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Untuk memunculkan lagi keyboard yang hilang di HP android, sebaiknya kamu lakukan restart HP. Cukup dengan menekan agak lama pada tombol Power, kemudian kamu pilih menu Restart. Setelah HP menyala, masalah keyboard yang hilang tadi akan langsung teratasi.

Tidak hanya bisa mengatasi keyboard yang hilang dan tidak mau tampil, melakukan restart juga bisa mengatasi masalah lainnya di HP android. Dan yang menarik lagi, setelah dilakukan restart performa HP akan lebih meningkat dan responsive.

2. Hapus Cache dan Paksa Berhenti Keyboard

Alternatif kedua untuk mengatasi masalah keyboard di HP android yang hilang yakni dengan melakukan penghapusan cache. File cache ini biasanya akan tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi, dan gunanya untuk mempercepat loading saat mengakses aplikasi tersebut. Nyatanya file cache yang tersimpan dan menumpuk terlalu lama dapat menyebabkan error pada aplikasi, termasuk aplikasi keyboard.

Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan penghapusan file cache tersebut. Selain itu, lakukan pula Paksa Berhenti atau Force Close pada aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang yang menyebabkannya tidak bisa muncul. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudia masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Keyboard yang kamu gunakan.
  • Kemudian klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Jika sudah, selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Hapus Data Keyboard

Jika dengan melakukan kedua cara di atas masih tetap keyboard tidak mau muncul, maka kamu bisa mencoba melakukan cara ketiga ini. Cara ini akan menghapus data pada keyboard sehingga akan membuatnya kembali ke pengaturan default. Berbagai masalah data corrupt, bug, dan error lainnya biasanya akan langsung teratasi dengan menerapkan cara ini.

Untuk melakukan penghapusan data pada aplikas keyboard di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudia masuk ke opsi Aplikasi.
  • Kamu cari dan pilih aplikasi Keyboard yang digunakan dan mengalami error.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.
  • Selesai.

Menerapkan cara ini akan membuat keyboard di reset ke pengaturan awal. Biasanya data seperti stiker tambahan dan yang lainnya akan dihapus dan keyboard seperti pertama kali digunakan.

4. Update Sistem Operasi Android ke Versi Baru

Bisa jadi keyboard yang tidak tampil dikarenakan error atau bug pada sistem android yang kamu gunakan. Atau bisa juga karena keyboard tidak kompatibel dengan versi OS Android yang digunakan saat ini. Untuk itu, kamu perlu melakukan update OS Android yang terpasang di HP android.

Melakukan cara ini tidak hanya akan memperbaiki masalah sistem android, melainkan juga menambah fitur baru di dalamnya. Untuk melakukan update OS Android di semua HP tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya klik pada opsi Unduh dan Install.
  • Lihat apakah ada versi OS Android terbaru yang tersedia. Jika memang ada, selanjutnya kamu lakukan download filenya dan install di perangkat androidmu.
  • Tunggu sampai proses instalasinya selesai dan HP melakukan reboot.
  • Selesai.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan OS Android 11. Untuk tipe HP lainnya mungkin agak berbeda, bisa kamu sesuaikan sendiri.

5. Lakukan Factory Reset HP Android

Keyboard yang hilang di HP android ini juga bisa disebabkan karena adanya bug atau error pada sistem android. Meski sudah dilakukan update OS Android, terkadang masalah error seperti ini tetap terjadi sebelum HP dilakukan reset atau factory reset. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal, serta akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.

Untuk melakukan factory reset HP android, setidaknya ada dua metode yang bisa diterapkan yakni melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Paling mudah melakukan reset lewat menu Pengaturan di HP. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

6. Gunakan Aplikasi Keyboard Tambahan

Keyboard bawaan di HP android yang bermasalah, bisa kamu ganti dengan menggunakan aplikasi keyboard tambahan. Di Google Playstore terdapat banyak jenis aplikasi keyboard terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis dan tidak kalah menarik dibandingkan keyboard bawaan brand. Beberapa pilihan aplikasi keyboard android terbaik tersebut, di antaranya:

Kamu bisa langsung mengunduh salah satu aplikasi keyboard android terbaik di atas dan memasangnya di HP android. Kemudian kamu jadikan aplikasi keyboard tersebut sebagai keyboard default di HP-mu. Untuk cara menjadikan aplikasi keyboard tambahan sebagai keyboard default di android, yakni:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Lalu klik opsi Daftar dan Default Keyboard.
  • Lanjutkan dengan klik Default Keyboard.
  • Dan kamu pilih aplikasi keyboard tambahan yang diinstall tadi.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi keyboard android hilang sendiri yang mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini