Keuntungan dan Kerugian UBL Asus Zenfone Semua Tipe

Keuntungan dan Kerugian UBL Asus Zenfone – Sebagian dari kalian mungkin sudah tidak asing dengan sistem Lock Bootloader yang diterapkan pada semua seri smartphone Asus. Tapi bagi pengguna baru, mungkin belum tahu sistem tersebut. Lock Bootloader merupakan cara untuk mencegah hadirnya produk KW atau tiruan yang lagi marak sekarang ini. Selain itu, Lock Bootloader ternyata juga bertujuan memberi keamanan ekstra untuk sebuah smartphone android. Pengguna juga bisa melakukan pembaruan atau update firmware (OS) secara OTA.

Keuntungan dan Kerugian UBL Asus Zenfone
Keuntungan dan Kerugian UBL Asus Zenfone Semua Tipe

Mengetahui beberapa kelebihan tersebut mungkin kamu cukup bingung untuk melakukan unlock bootloader atau tidak. Faktanya, melakukan UBL atau unlock bootloader pada HP Asus semua tipe akan membuatmu mendapatkan banyak keuntungan. Secara garis besarnya, kamu bisa melakukan lebih banyak hal dibandingkan dengan smartphone Asus yang masih di Lock Bootloader.

Baca Juga:

Tapi demikian, keputusan ada di masing-masing pengguna. Apakah ingin melakukan bootloader atau tetap mempertahankan sistem lock bootloader. Tapi perlu kamu tahu, pihak Asus mensupport penggunanya jika ingin melakukan UBL dengan menyediakan tools atau aplikasi khusus untuk aktivitas tersebut. Cara unlock bootloader Asus semua tipe juga sangat mudah dilakukan, bahkan bagi pengguna baru. Dari pada bingung, berikut saya ulas keuntungan dan kerugian UBL Asus Zenfone semua tipe untuk kamu jadikan pertimbangan.

Keuntungan dan Kerugian UBL Asus Zenfone Semua Tipe

Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian UBL Asus Zenfone, kamu jadi bisa tahu apa langkah yang harus kamu pilih. Tapi bagi pengguna lama, kebanyakan mereka tanpa berpikir panjang akan melakukan UBL Asus Zenfone. Karena mereka sudah tahu betul akan ada banyak hal ekstra yang bisa dilakukan saat HP sudah di UBL atau unlock bootloader.

Keuntungan Unlock Bootloader Asus Zenfone Semua Tipe

1. Memungkinkan melakukan root

Keuntungan UBL Asus semua tipe yang pertama adalah memungkinkan pengguna untuk melakukan rooting smartphone. Seperti yang kita tahu, smartphone android yang sudah di-root akan memudahkan kita melakukan banyak hal dengan bebas. Mulai dari mengoprek sistem, meng-custom ROM, menghapus aplikasi bawaan dan masih banyak lagi. Jika smartphone masih dalam keadaan locked, kegiatan rooting tidak akan bisa dilakukan.

2. Memudahkan kita memasang Custom Recovery

Custom Recovery menjadi syarat penting untuk melakukan flashing HP. Ada banyak pilihan Custom Recovery yang bisa digunakan, namun yang cukup populer adalah TWRP.  Melakukan unlock bootloader pada HP Asus akan membuatmu bisa memasang TWRP tersebut di HP kesayangan. Dengan begitu, banyak hal bisa dilakukan termasuk saat akan melakukan flash HP.

3. Lebih mudah melakukan Flash

Ini merupakan sambungan dari kegiatan di atas, dimana HP yang sudah di-unlock bootloader dan dipasang TWRP akan memudahkan kita melakukan Flash. Lewat mode Fastboot, kita bisa lebih mudah melakukan flashing HP Asus khususnya.

4. Bisa menjalankan Fasboot Mode sepenuhnya

Jika HP Asus masih belum di-UBL, mungkin Fastboot Mode masih belum bisa diakses secara penuh. Dengan begitu pengguna belum bisa leluasa mengakses mode tersebut untuk melakukan berbagai hal. Seperti yang kita tahu, berbagai masalah android seperti brick, bootlop, deep freeze bisa diatasi lewat Fastboot Mode. Karena itulah, unlock bootloader sangat penting untuk dilakukan.

5. Modifikasi sistem setingkat dengan peran developer

Bagi kamu yang suka mengoprek sistem android, mungkin harus mendapatkan akses penuh ke bagian sistem terdalam yakni Bootloader dan kernel. Dengan begitu, kamu bisa dengan lebih leluasa melakukan modifikasi. Tingkat ini biasanya juga dimiliki oleh para developer. Berguna banget bukan?

Kerugian Unlock Bootloader Asus Zenfone Semua Tipe

Jika ada keuntungan, pasti juga ada kerugian dari melakukan UBL atau unlock bootloader pada Asus Zenfone. Meskipun kerugian yang dirasakan tidak sebanyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut adalah kerugian unlock bootloader Asus Zenfone semua tipe, antara lain:

1. Masa garansi hilang

Untuk smartphone baru, pasti pihak vendor akan memberikan masa garansi untuknya. Dimana masa garansi sebuah HP khususnya milik Asus berbeda-beda. Jika kamu ingin melakukan unlock bootloader HP Asus, sebaiknya pikirkan lagi karena masa garansinya akan hilang.

2. Tingkat keamanan sistem operasi akan menurun

Sejatinya Locked Bootloader dihadirkan untuk menyempurnakan sistem keamanan OS. Karena itulah, jika kamu melakukan UBL atau unlock bootloader akan membuat keamanan sistem operasinya bakal lebih rentan. Virus atau malware akan masuk dan menyerang ke dalam, bahkan bisa saja menyebabkan berbagai masalah pada HP.

3. Update Firmware/OS secara OTA tidak aktif

Kerugian melakukan UBL pada HP Asus Zenfone juga membuat HP tidak bisa melakukan pembaruan firmware/OS secara OTA. Sebagian pengguna mungkin akan mempertimbangkan masalah ini. Meskipun sebagian besar akan mengabaikannya, karena pembaruan firmware atau OS bisa dilakukan secara manual.

4. Tidak bisa di Re-lock bootloader

Dan kerugian unlock bootloader Asus Zenfone yang terakhir adalah HP tidak bisa di relock bootloader seperti semula. Mengetahui hal ini, kamu harus berpikir lagi jika ingin melakukan UBL pada HP Asus Zenfone kesayangan.

Penutup

Baik itu tadi beberapa keuntungan dan kerugian UBL Asus Zenfone semua tipe yang perlu kamu tahu. Mengetahui keuntungan dan kerugiannya bisa kamu jadikan pertimbangan apakah ingin melakukan UBL atau tidak. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.