Keunggulan dan Kelemahan Baterai Tanam Pada Smartphone!

145
Keunggulan dan Kelemahan Baterai Tanam Pada Smartphone!
Keunggulan dan Kelemahan Baterai Tanam Pada Smartphone!

Keunggulan dan kelemahan beterai tenam pada smartphone! Di era modern dan serba teknologi ini kebradaan sebuah baterai sangat penting dan erat di dalam kehidupan manusia, misalnya saja baterai pada smartphone yang kita gunakan. Baterai pada smartphone yang umum di pakai terdiri dari dua jenis beterai yaitu baterai removable (baterai bisa di lepas) dan baterai non removable (baterai tanam). Baterai removable merupakan baterai yang umum di pakai untuk perangkat smartphone, tipe baterai ini bisa dapat di lepas, dan umumnya perangkat yang menggunakan ini memiliki desain tebal. Sedangkan baterai non removable atau tanam, seperti namanya baterai ini tertanam di dalam perangkat.

Keunggulan dan Kelemahan Baterai Tanam Pada Smartphone!

Fungsi baterai sendiri untuk memberikan energi untuk perangkat smartphone, karena hampir semua elektronik yang sifatnya mobile memerlukan baterai sebagai seumber energi. Tentu bukan menjadi rahasia umum lagi ji baterai adalah salah satu komponen yang sangan dibutuhkan pada smartphone, karena tanpa adanya baterai makan smartphone tidak bisa dinyalakan. Tetapi di zaman sekarang kebanyakan smartphone yang menggunakan baterai non removable atau sering disebut dengan baterai tanam. Tren menggunakan baterai tanam di mulai oleh perusahaan apple, sejak tahun 2007 mereka mengklaim tidak akan menggunakan baterai lepas lagi. Namun untuk beberapa tahun kemudian android mulai mengikuti tren baterai tanam.

Baca Juga:

Baterai tanam sendiri memiliki arti bahwa baterai tersebut tidak fleksibel untuk di lepas atau di pasang seperti batere removable. Dengan kehadiran baterai tanam tersebut, secara otomatis desain smartphone pun ikut berkembang sesuai dengan kapasitas baterai itu. Segi desain, ukuran, dan berat hal ini tidak lain untuk menjaga desain ekstetika dari smartphone. Di kesempatan kali ini kami membagi informasi untuk anda, sehingga bisa dapat membantu dalam menentukan kebagusan dari baterai tanam.

Keunggulan dan Kelemahan Baterai Tanam Pada Smartphone!

Baterai tanam memiliki karaktersitik yang cukup bebrbeda dari baterai lepas pasang dan tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan pada smarthone dengan memakai baterai tanam. Bagi anda yang masih ragu untuk menggunakan baterai tanam, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja keunggulan dan kelemahan pada jenis baterai ini. Nah di artikel ini kami akan membahas secara detail apa saja keunggulan dan kelemahan baterai tanam pada smartphone, mari simak penjelasan di bawah ini.

Keunggulan Baterai Tanam

Keunggulan Baterai Tanam

1. Baterai lebih awet

Umur baterai tanam akan menjadi lebih panjang di bandingkan baterai biasa. karena baterai tanam sangat diminimalisir sehingga penggunanya tidak harus repot untuk permasalahan mengganti baterai baru. Bagi kamu yang sering kerepotan untuk menggonta- ganti baterai tentunya ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan, karena baterai tanam akan berjalan sangat stabil dan tidak sering mengalami drop.

2. Mudah Memindahkan SIM CARD dan SD CARD

Memiliki smartphone dengan baterai tanam membuat pemindahan sim card dan sd card menjadi lebih mudah dan praktis, karena tidak perlu menonaktifkan samrtphone terlebih dahulu. Untuk baterai tanam port kartu SIM card dan SD card berada di luar yang biasanya terletak di bagian samping body smartphone, oleh karena itu ini menjadi keunngulan dari baterai tanam.

3. Daya Baterai Lebih Besar

Untuk baterai tanam memang memiliki daya lebih besar di bandingkan baterai lepas pasang. Di sebabkan karena jenis baterai tanam yang tidak bisa di lepas pasang sehingga pengguna memilih jenis daya dan kualitas yang unggul. Daya baterai tanam lni dua kali lipat dari baterai lepas pasang, itula yang menjadikan baterai tanam tahan lama. Mengingat baterai sangat penting dan akan terus terpakai selama smartphone masih berfungsi yang kemungkinan akan di pakai selama beberapa tahun.

4. Body Hp Slim

Tak heran lagi kalau sekarang body hp menjadi hal yang paling penting, karena smartphone sekarang menjadi bagian dari keseharian. Orang mulai mempertimbangkan penampilan smartphone, oleh karena itu manufaktur mulai melakukan berbagai cara untuk menciptakan desain smartphone yang lebih slim. Salah satunya menggunakan cara beterai tanam, dengan baterai tanam anda bisa mendapatkan smartphone yang lebih stylish. Dengan desain yang lebih bervariasi, jenis ini bisa memangkas ruang kosong agar smartphone semakin slim. Bagi kamu yang sangat memprioritaskan tampilan, memilih smartphone dengan baterai tanam inila yang menjadi faktor terciptanya desain yang indah saat smartphone anda genggam.

5. Kebersihan Lebih Terjaga

Ketika kamu terlalu sering membuka tutup casing bagian belakang smartphone membuat kotoran mudah masuk dan memenuhi bagian tersebut. Tetapi dengan baterai tanam dan keberadaan sim card dan sd card di samping, debu menjadi tidak akan masuk ke dalam Hp. Karena kebersihan bagian dalam Hp ini cukup penting, Hp dengan bagian di dalam berdebu atau kotor akan berpotensi lebih tinggi mengalami kerusakan. Itula yang menjadikan baterai tanam lebih tahan lama, karena kebersihan mesinnya selalu terjaga dengan baik.

Kekurangan Baterai Tanam

Kekurangan Baterai Tanam

1. Sulit Mengatasi Hang

Hang adalah terjadinya eror atau lambat pada sistem operasinya, masalah ini yang sering terjadi oleh setiap penggunaan smartphone. Cara yang sering kita lakukan ketika baterai lagi nge hang adalah mencabut baterai lalu memasangnya lagi, hal ini sulit di lakukan ketika memakai baterai tanam. Namun pada beberapa hp lainnya, terdapat kombinasi tombol yang dapat digunakan dalam mengatasi kasus hang. Tetapi kalau tidak memungkinkan atau tidak terdapat pada smartphone anda, cara satu-satunya adalah menunggu baterai sampai habis.

2. Sulit Mengganti Baterai

Smartphone dengan baterai tanam memang di desain untuk tidak di lepas pasang. Hal ini akan menjadi masalah tersendiri bila ada sesuatu yang darurat terjadi pada smartphone kamu. Inilah resiko yang terjadi ketika kamu memilih smartphone dengan baterai tanam, sehingga kerusakan yang barsangkutan dengan baterai tidak akan bisa di selesaikan sendiri dan kamu perlu bantuan service center untuk membuka casing hp dan menggantikan baterai yang baru.

3. Tidak Bisa mengganti Baterai Cadangan

Kamu tidak bisa menggunakan baterai cadangan ketika daya baterai makin menipis. Karena memang baterai ini tidak dapat diganti dengan sembarangan, makannya itu membuat pasar tidak menyediakan stok baterai jenis ini. Penggantian baterai yang rumit membuat kita tidak bisa mengganti baterai kapan saja, dan lagi-lagi harus berurusan dengan service center. Solusi lainnya kamu bisa mencoba untuk memakai aplikasi sejenis penghemat daya baterai seperti Battery Saver DU.

4. Lebih Cepat Panas dan Eror

Kenapa Smartphone dengan baterai tanam memiliki resiko cepat panas atau eror? hal ini terjadi karena tidak ada akses untuk membuka casing. Bila terjadi sesuatu pada hp entah itu tercebur air, anda tidak bisa membuka casing untuk mengeringkannya seperti baterai cabutan yang biasanya bisa di keringkan. Sehingga yang terjadi jika didiamkan terlalu lama akan berpotensi eror dan mengalami kerusakan yang parah. Begitupun jika baterai menjadi panas, hal ini disebabkan karena perangkat ponsel benar-benar menempel dan terhubung langsung ke baterai sehingga panas lebih cepat mengalir.

Penutup

Demikian informasi mengenai keunggulan dan kelemahan baterai tanam yang di sampaikan melalui artikel ini. Hal paling utama adalah pilihlah baterai dengan merek ternama, itu akan lebih baik bila menggunakan baterai bawaan smartphone anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa juga share artikel ini do sosial media kalian. Sampai jumpa lagi.

Artikel SebelumnyaCara Download Parallel Space APK Versi Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mengunci Youtube untuk Anak Paling Mudah
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini