7 Keunggulan HP Android Dibandingkan iPhone (iOS)

Keunggulan HP Android Dibandingkan iPhone – Smartphone android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digandrungi sekarang ini. Hampir semua orang pasti punya yang namanya smartphone atau ponsel pintar. Fungsinya yang cukup beragam menjadi salah satu alasan kenapa semakin banyak orang yang berminat untuk memilikinya. Smartphone tidak hanya bisa menjadi alat komunikasi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk sarana bisnis, browsing informasi hingga untuk sekedar hiburan seperti bermain game.

Keunggulan HP Android Dibandingkan iPhone
Keunggulan HP Android Dibandingkan iPhone

Smartphone sendiri biasanya mengadopsi sistem operasi tersendiri agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Hingga sekarang ini setidaknya ada 2 jenis OS smartphone yang paling diminati yakni OS Android milik Google dan OS iOS milik Apple. Keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, pengguna biasanya memilih salah satu dari OS tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan. Namun, OS Android diklaim lebih banyak diminati dibandingkan iOS. Salah satu alasannya yakni kebebasan pengguna untuk mengoprek Android agar sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga:

iOS yang disematkan pada iPhone tentunya punya kelebihan tersendiri yang mana tidak dimiliki oleh HP android. Salah satunya ada fitur keamanan iPhone dianggap lebih canggih dan tangguh dibandingkan smartphone android. Umumnya iPhone dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sehingga yang memilikinya hanya kalangan menengah ke atas. Berbeda dengan HP android yang mana harganya terbilang lebih murah. Ini mungkin juga menjadi salah satu faktor lebih banyak orang yang memilih smartphone android. Masih ada banyak lagi keunggulan HP android dibandingkan iPhone. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

7 Keunggulan HP Android Dibandingkan iPhone (iOS)

Keunggulan Android Dibandingkan iOS
Keunggulan Android Dibandingkan iOS

1. Kebebasan menginstall aplikasi

Salah satu keunggulan smartphone android dibandingkan iPhone yakni dalam hal kebebasan untuk menginstall aplikasi. Jika di iPhone pengguna hanya diperbolehkan untuk mengisntall aplikasi dari App Store, berbeda dengan HP android. Pengguna bisa dengan mudah menginstall aplikasi dan game meskipun dari luar Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi android.

Ada banyak sekali aplikasi dan game keren yang tidak lolos masuk ke Google Play Store ataupun App Store. Namun, biasanya aplikasi dan game keren tersebut bisa diinstall dengan mengunduhnya di website penyedia aplikasi lainnya. Inilah salah satu kelebihan android yang pastinya tidak bisa dilakukan di iPhone.

2. Manambahkan microSD

Memori internal pada smartphone berguna untuk menyimpan file sistem serta file lain yang diunduh atau disimpan oleh penggunanya. Ruang memori internal yang luas merupakan hal yang penting, karena hal ini akan mempengaruhi kinerja dari smartphone. Memori internal HP yang penuh akan membuat pengguna tidak bisa lagi menyimpan file baru, menginstall aplikasi baru, bahkan beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan.

Jika kamu merupakan pengguna smartphone androi, maka tidak perlu mempermasalahkan hal ini. Pasalnya kamu masih bisa menambahkan memori eksternal, dalam hal ini bisa menggunakan microSD sebagai penyimpanan tambahannya. Hal ini tidak bisa dilakukan di iPhone. Ruang internal merupakan satu-satunya ruang penyimpanan yang bisa digunakan oleh penggunanya.

3. Aplikasi dan game yang lebih beragam

Keunggulan HP android dibandingkan iPhone berikutnya yakni dalam hal koleksi aplikasi dan game. HP android dengan Google Play Store-nya menyediakan banyak sekali koleksi aplikasi dan game yang bebas diunduh dan diinstall oleh penggunanya. Secara keseluruhan, aplikasi dan game yang disediakan di Google Play Store jumlahnya diperkirakan mencapai angka 3.5 jutaan.

Berbeda dengan iPhone dengan App Store-nya, yang mana jumlah keseluruhan aplikasi dan game di dalamnya hanya berada di kisaran angka 1.96 jutaan. Ini karena Apple punya sistem seleksi yang cukup ketat, sehingga tidak semua aplikasi bisa masuk dengan mudah.

4. Bisa menggunakan berbagai jenis Headphone

Headphone umumnya digunakan pengguna untuk mendengarkan musik atau menonton video. Headphone sendiri memiliki banyak sekali jenisnya dan dikeluarkan oleh banyak brand, mulai dari brand amatir hingga yang cukup terkenal. Headphone biasanya juga support untuk berbagai perangkat elektronik, salah satunya yakni smartphone. Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis headphone jika memang kamu termasuk pengguna smartphone android.

Inilah salah satu keunggulan smartphone android yang tidak dimiliki oleh iPhone. Seperti yang kita tahu, iPhone hanya mendukung perangkat headphone bawaan dari Apple saja. Tidak  seperti HP android yang bebas menggunakan jenis headphone dari berbagai brand. Parahnya lagi, headphone besutan Apple umumnya dibanderol dengan harga lumayan mahal.

5. Bebas melakukan modifikasi pengaturan keamanan

Seperti yang kita tahu, baik iPhone maupun android punya sistem keamanan masing-masing. Namun, sistem keamanan yang dimiliki oleh iPhone dengan iOS-nya dianggap lebih tangguh dan baik dalam menjaga privasi pengguna. Hal ini memang sangat penting, namun terkadang hal tersebut juga membuat pengguna kurang nyaman, karena tidak bisa mengatur sistem keamanan tersebut sendiri.

Berbeda jika kamu adalah pengguna HP android, yang mana mengubah pengaturan keamanan HP bisa dilakukan dengan bebas dan mudah. Misalnya untuk sistem lock screen, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan untuk mengamankan HP. Dengan aplikasi tambahan kamu juga bisa mengatur dengan mudah sistem kunci yang diterapkan, misalnya menggunakan PIN, pola atau juga fingerprint. Tidak hanya itu saja, kamu juga memungkinkan mengubah tampilan lockscreen dengan tema-tema yang unik, sehingga membuat layar HP lebih menarik.

Penutup

Itulah tadi beberapa keunggulan HP android dibandingkan iPhone (iOS) yang perlu kamu tahu. Menurutmu, setujukah dengan pernyataan keunggulan HP android di atas? Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?