Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok? Ini Penjelasannya!

17
Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok
Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok

Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok – Sudah menjadi kebiasaan umum berbelanja barang kebutuhan melalui aplikasi TikTok. Kita tahu TikTok sudah menyediakan fitur khusus yang menjadi tempat bertemua penjual dan pembeli, yakni bernama TikTok Shop. Fitur ini cara kerjanya mirip dengan marketplace yang ada di Indonesia, hanya saja metode transaksi yang diberikan mungkin berbeda. Dari segi daya tariknya, TikTok Shop bisa dibilang lebih menarik untuk digunakan sebagai tempat jualan atau berbelanja online. Tidak heran banyak orang berbondong-bondong untuk membuka toko di TikTok maupun berbelanja online di sana.

Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok
Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok

TikTok Shop sendiri menyediakan banyak fitur menarik yang menjadi alasan lain kenapa banyak orang lebih memilihnya dibandingkan marketplace lain. Salah satunya adalah voucher yang diberikan di TikTok Shop sangat melimpah, sehingga ini menjadi daya tarik bagi pembeli. Bahkan jika kita mengikuti live streaming penjual di TikTok, diskon besar tidak jarang didapatkan untuk pembelian produk yang dipromosikan. Hadirnya TikTok Shop ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli saja, melainkan bagi influencer. Mereka memungkinkan untuk menikmati layanan TikTok Affiliate demi mendapatkan cuan dari TikTok.

Baca Juga:

Sayangnya, baru-baru ini beredar berita tentang TikTok Shop yang harus ditutup secara paksa oleh Pemerintah Indonesia. Tentunya hal ini membuat banyak orang bingung, pasalnya bagi sebagian besar masyarakat TikTok Shop ini menjadi ladang mereka untuk mencari cuan. Terlebih lagi bagi penyuka belanja online di TikTok, sekarang mereka tidak bisa lagi menikmati diskon besar-besaran dengan berbelanja barang kebutuhan di sana. Dari hal ini muncul pertanyaan dari banyak orang “kenapa tidak bisa checkout di TikTok Lagi?”. Untuk informasi selengkapnya mengenai hal tersebut bisa kalian simak ulasan di bawah ini.

Kenapa Tidak Bisa Checkout di TikTok? Ini Penjelasannya!

Penyebab Tidak Bisa Checkout di TikTok
Penyebab Tidak Bisa Checkout di TikTok

Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu apa alasan yang membuat TikTok Shop harus dihapus di Indonesia. Perlu kalian tahu, langkah penutupan TikTok Shop di Indonesia ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki pasar UMKM. Mereka menilai adanya TikTok Shop mempermudah barang impor masuk ke Indonesia, sehingga hal ini akan menurunkan daya minat masyarakat terhadap produk UMKM atau produk asli Indonesia.

Kebiasan masyarakat dalam hal membeli barang kebutuhan memang sudah berubah sekarang ini. Banyak dari mereka yang lebih suka berbelanja secara online, dibandingkan harus datang langsung ke tempat penjual. Di sisi lain tidak semua pelaku UMKM memasarkan produknya secara online. Ditambah lagi dengan banyaknya produk impor yang dibanderol dengan harga murah, hal ini berdampak terhadap penjualan produk UMKM yang semakin menurun.

Dan dengan alasan ini akhirnya Pemerintah Indonesia menuntut pihak TikTok untuk segera menutup marketplace miliknya, yakni TikTok Shop. Dari penutupan ini tentunya kita tidak bisa lagi checkout barang dari TikTok.

Alternatif Membeli Produk Murah dari Penjual di TikTok Selain TikTok Shop

Alternatif Membeli Produk Murah dari Penjual di TikTok Selain TikTok Shop
Alternatif Membeli Produk Murah dari Penjual di TikTok Selain TikTok Shop

TikTok Shop yang ditutup, bukan berarti kita tidak bisa lagi membeli produk murah dari penjual yang ada di TikTok. Para penjual biasanya memiliki platform lain sebagai tempat pemasaran atau promosi produk yang dijualnya. Tidak jarang dari mereka tetap aktif mempromosikan produknya di TikTok, namun untuk pembalian produk penjual akan mengarahkan pembeli ke platform lain.

Beberapa platform populer yang digunakan oleh penjual di TikTok sebagai alternatif TikTok Shop, seperti chat WhatsApp, marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll), Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satu platform yang diberikan oleh penjual untuk mulai checkout barang.

Sayangnya, memilih platform lain untuk berbelanja online ini mungkin voucher yang bisa digunakan tidak sebanyak di TikTok Shop. Meskipun beberapa penjual tetap memberikan diskon untuk barang-barang yang dijualnya demi menarik minat pembeli. Hanya saja diskon yang diberikan tidak sebanyak yang disediakan di TikTok Shop.

Selain di TikTok Shop, di Shopee juga disediakan fitur live streaming yang di dalamnya memberikan banyak voucher diskon mirip seperti di TikTok Shop. Kamu juga bisa mendapatkan voucher free ongkir untuk mengurangi biaya yang harus ditanggung untuk pengiriman barang yang dibeli. Jika kamu menjadi marketplace alternatif dari TikTok Shop, Shopee bisa menjadi opsi pertama yang bisa kamu pilih.

Jadi, sudah jelas alasan kenapa tidak bisa checkout di TikTok adalah karena TikTok Shop sudah ditutup oleh Pemerintah Indonesia. Dalam hal ini penjual tidak bisa lagi menjual produknya lewat TikTok, meskipun masih memungkinkan untuk mengarahkan pembeli ke platform lain untuk mulai berbelanja secara online.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai kenapa tidak bisa checkout di TikTok Shop yang harus kamu tahu. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaKenapa TikTok Tidak Ada Suaranya? Ini Cara Mengatsinya!
Artikel SelanjutnyaCara Memasang Nada Dering dari TikTok di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini