Kenapa Threads Error di Android? Ini Cara Mengatasinya!

53
Kenapa Threads Error
Kenapa Threads Error

Kenapa Threads Error – Sempat booming beberapa waktu lalu platform jejaring sosial baru yang digadang-gadang bakal menjadi saingan dari Twitter. Platform baru tersebut diberi nama Thread yang dikembangkan oleh perusahaan ternama Facebook Inc (Meta Platforms). Seperti yang kita tahu, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini sukses dengan 3 platform jejaring sosial, yakni Facebook, Instagram dan WhatsApp. Dan kali ini mereka menghadirkan platform baru lagi sebagai wadah untuk berinteraksi di dunia maya, yakni Threads. Banyak yang bilang kalau Threads meniru konsep dari Twitter, meskipun pihak Mark Zuckerberg mengklaim hal tersebut tidak benar.

Kenapa Threads Error
Kenapa Threads Error

Hampir sama dengan platform media sosial lainnya, Threads memungkinkan penggunanya untuk membagikan postingan berupa teks, gambar maupun video. Dari postingan tersebut pengguna lain dapat berinteraksi dengan cara memberikan like, komentar maupun membagikan ulang postingan tersebut. Threads sendiri dihadirkan khusus bagi para pengguna Instagram, di mana dalam Threads ini mereka dapat berinteraksi dengan teman dekat dengan lebih nyaman. Ya, Threads memang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman berinteraksi secara lebih intim dan pribadi dengan orang terdekat.

Baca Juga:

Membuat akun Threads juga sangat mudah bahkan gratis, ini yang membuat banyak orang menyukainya. Kita hanya perlu akun Instagram untuk masuk ke akun Threads baru dan kemudian bisa langsung menggunakannya secara instan. Selanjutnya kamu dapat mengatur preferensi privasi di akun Threads milikmu dan menambahkan kontak penting yang ingin diajak untuk berinteraksi di Threads. Tentunya masih ada banyak fitur menarik lainnya yang disediakan di Threads yang menjadi daya tarik lain bagi para pengguna. Akan tetapi, ada kalanya ada masalah error yang dialami ketika kita mengakses akun Threads, misalnya saja tidak bisa login. Lantas, kenapa Threads error dan tidak bisa dibuka? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini!

Alasan Kenapa Threads Error dan Cara Mengatasinya

Penyebab Threads Error
Penyebab Threads Error

Threads memang mengusung konsep mirip seperti Twitter, yang mana di dalamnya kita dapat membentuk komunitas yang lebih ramah konten. Selain itu, kita juga dapat mengatur kontak teman yang dapat berinteraksi sehingga komunikasi akan lebih intim atau pribadi. Untuk membagikan postingan di Threads, maksimal hanya diperbolehkan sebanyak 500 karakter yang dapat pula dilengkapi foto maupun video durasi 5 menit maksimalnya.

Threads bisa dibilang masih seumur jagung, sehingga tidak heran jika ditemukan banyak bug di dalamnya. Baru-baru ini banyak pengguna yang mengeluhkan kalau aplikasi Threads miliknya tidak dapat diakses. Masalah error seperti ini bahkan tidak hanya dialami oleh satu pengguna saja, melainkan banyak pengguna.

Lantas, kenapa Threads error dan tidak bisa diakses? Mengenai jawabannya, bisa kalian simak berikut ini:

1. Koneksi Internet Bermasalah

Masalah utama yang banyak diabaikan oleh pengguna Threads adalah koneksi internet di perangkat smartphonenya. Karena Threads merupakan aplikasi berbasis online, sehingga mengaksesnya tentu butuh koneksi internet yang lancar dan stabil. Jika koneksi internet di HP bermasalah bahkan tidak terhubung, tentunya ini menyebabkan Threads error tidak bisa masuk.

Untuk mengatasinya kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Jika masih tetap, cobalah untuk berpindah ke kartu provider lain dan pastikan kuota datanya masih ada. Atau lebih bagus lagi menghubungkan HP ke jaringan wifi yang diklaim lebih cepat dan stabil.

2. Error pada Sistem Android

Selain koneksi internet, masalah error pada software HP juga bisa menjadi penyebab lain Threads error. Bisa karena file cache yang menumpuk, data corrupt pada sistem android, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan lain sebagainya.

Untuk solusi satu ini, kamu cukup melakukan Restart pada HP android tersebut. Setelah HP menyala kembali, biasanya masalah error pada aplikasi Threads akan teratasi dan kamu dapat mengaksesnya seperti biasa.

3. File Cache Aplikasi Threads yang Menumpuk

File cache aplikasi memang berguna untuk memperlancar proses ketika menjalankan aplikasi di momen kedua. Akan tetapi, terkadang file cache yang dibiarkan menumpuk lama menyebabkan aplikasi error saat dijalankan. Hal serupa juga bisa terjadi pada aplikasi Threads yang tidak jarang dibersihkan file cachenya.

Mengatasi masalah satu ini cukup dengan menghapus file cache dari aplikasi Threads tersebut. Langkah-langkah untuk menghapusnya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Threads.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

4. Aplikasi Threads Bermasalah

Alasan kenapa Threads error lainnya bisa jadi karena adanya masalah pada aplikasi itu sendiri. Bisa jadi, karena file data aplikasi corrupt, Threads tidak diupdate ke versi baru, atau masalah yang lainnya. Yang pasti beberapa kondisi tersebut yang membuat kita tidak dapat mengakses akun Threads dan selalu gagal untuk masuk.

Solusi untuk mengatasinya yakni dengan mengecek apakah ada versi Threads baru yang tersedia di Google Play Store. Jika memang ada, maka kamu perlu melakukan update versi aplikasi Threads tersebut.

Jika memang tidak ada versi terbaru dari Threads, kemungkinan masalah error ini dikarenakan data corrupted pada aplikasi. Mengatasinya bisa dengan melakukan penghapusan atau uninstall dan install ulang aplikasi Threads. Atau bisa juga dengan melakukan penghapusan data aplikasi Threads, caranya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Threads.
  • Lalu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian pilih Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

5. Masalah pada Server Utama Threads

Aplikasi Threads yang mengalami error tidak dapat diakses, bisa jadi hal ini dikarenakan adanya masalah pada server pusat. Misalnya saja terjadi server down yang diakibatkan server tidak dapat menampung pengguna yang aktif secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini tidak diherankan, karena kemunculannya pertama kali Threads langsung diserbu banyak peminat.

Tidak ada yang perlu dilakukan untuk kondisi semacam ini, kecuali hanya menunggu hingga server pusat pulih kembali dan kita dapat mengaksesnya dengan nyaman. Kamu juga perlu aktif untuk mengecek situs Meta Platform untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai pembaruan informasi Threads yang diberikan.

Penutup

Itulah tadi alasan kenapa Threads error tidak bisa diakses beserta cara untuk mengatasinya yang mudah dan ampuh. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya!

Artikel SebelumnyaKenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus? Ini Jawabanya!
Artikel SelanjutnyaCara Mengaktifkan Mode Gelap Threads di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini