Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti? Ini Cara Mengatasinya!

135
Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti
Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti

Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti – Sebagai pengguna HP android, kalian pasti sudah sangat mengenal aplikasi bernama WhatsApp. Ini merupakan aplikasi chatting online mobile terpopuler di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Hampir semua pengguna HP androdi telah memasang aplikasi WA tersebut di perangkat smartphonenya. Hadirnya aplikasi WhatsApp mampu menggusur eksistensi dari layanan SMS dalam urusan berkirim pesan teks. Yang mana menggunakan layanan SMS mengharuskan kita selalu membayar setiap kali mengirimkan pesan. Berbeda dengan layanan WhatsApp, kita hanya perlu menyambungkan HP ke jaringan internet dan dapat mengirim chat di WA sepuasnya.

Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti
Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti

Berkirim chat di WhatsApp bukan hanya sekedar mengirin pesan teks saja, melainkan juga file media, emoticon, stiker, hingga jenis file lainnya. Fleksibilitas dari fungsi WhatsApp ini membuat banyak orang semakin nyaman menggunakannya, bahkan menjadikannya sebagai aplikasi utama. Bagi pebisnis misalnya, WhatsApp dijadikan sarana untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan atau bahkan pelanggan setia. Kita bisa memberikan respon dengan lebih cepat melalui WhatsApp tersebut, serta penggunaannya yang mudah dan praktis. Terlebih lagi WhatsApp bisa dijalankan di perangkat laptop atau PC, semakin memudahkan penggunaannya. Dalam hal ini WhatsApp di PC atau laptop akan terintegrasi langsung dengan akun WhatsApp di HP.

Baca Juga:

Menggunakan aplikasi WhatsApp, kita perlu menyimpan kontak teman atau orang lain agar bisa berkirim pesan di WhatsApp. Nomor WhatsApp teman atau orang lain dapat disimpan di Buku Kontak HP, nantinya kontak tersebut akan terintegrasi langsung dengan WhatsApp. Selain menyimpan kontak WA, kita juga memungkinkan untuk mengedit kontak yang telah disimpan tersebut. Baik itu, mengubah nama kontak, mengubah nomor WA, dan mengubah informasi kontak lainnya. Ada kalanya ketika akan mengubah nama kontak di WhatsApp, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan. Nama kontak WA tetap menggunakan nama lama dan tidak bisa diganti. Lantas, kenapa nama kontak WA tidak bisa diganti? Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Kenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti?

Penyebab Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti
Penyebab Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti

Ada beberapa faktor yang membuat nama kontak di WhatsApp tidak dapat diubah dan tetap menggunakan nama lama ketika pertama kali menyimpannya. Mengetahui penyebabnya ini tentunya akan memudahkan kita dalam mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa alasan kenapa nama kontak WA tidak bisa diganti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Koneksi Internet yang Bermasalah

Penyebab nama kontak WhatsApp tidak bisa diubah yang pertama yakni karena masalah koneksi internet. Kita tahu WhatsApp merupakan aplikasi berbasis online yang membutuhkan koneksi internet agar berfungsi normal. Semua pengaturan di dalamnya tidak akan berubah sekali pun kamu telah mengubahnya, jika HP tidak terhubung ke jaringan internet.

Saat tidak terhubung ke jaringan internet, kita sebenarnya masih bisa mengakses WhatsApp. Akan tetapi, seperti yang dikatakan di atas, semua perubahan yang dilakukan tidak akan disimpan. Termasuk pengeditan nama kontak di WhatsApp yang tidak akan disimpan.

2. Terdapat Bug di Aplikasi WhatsApp

Kemudian danya bug atau error pada aplikasi WhatsApp, juga dapat menyebabkan nama kontak yang sudah diedit tidak berubah atau tidak disimpan. Bug ini sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti file cache yang menumpuk, data corrupt, aplikasi WhatsApp perlu diupdate dan lain sebagainya.

Kamu perlu mengatasi beberapa permasalahan tersebut agar nantinya perubahan nama pada kontak WA bisa disimpan secara permanen.

3. Izin Mengakses Kontak Tidak Diaktifkan untuk WhatsApp

Beberapa jenis aplikasi yang dipasang di HP android membutuhkan izin akses fitur dan komponen fisik HP agar bisa berjalan maksimal. Termasuk juga WhatsApp, dalam hal ini aplikasi tersebut sangat membutuhkan akses ke Kontak di HP. Jika izin akses ini tidak diberikan atau dinonaktifkan, tentunya WhatsApp tidak dapat mengakses kontak.

Mengubah nama kontak di HP tidak akan berpengaruh pada nama kontak di WA, sekali pun nomornya sama. Jadi, fitur perizinan Kontak untuk WhatsApp harus diaktifkan terlebih dahulu agar bisa mengedit nama kontak WA.

4. Bug atau Error pada Aplikasi Kontak

Selain bug pada WhatsApp, aplikasi Kontak di HP juga bisa mengalami error sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Mengubah nama kontak di WhatsApp bisa dilakukan melalui aplikasi Kontak di HP. Namun, jika terdapat bug atau error tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan.

5. Daftar Kontak WhatsApp Belum Diperbarui

Seperti yang dijelaskan tadi, mengubah nama Kontak WA bisa dilakukan melalui aplikasi Kontak. Ketika sudah berhasil diubah nama kontaknya, namun saat dilihat di daftar kontak WhatsApp namanya tidak berubah. Hal ini bisa terjadi karena pengguna belum memperbarui data kontak WhatsApp tersebut.

Jika kamu bertanya kenapa nama kontak WA tidak bisa diganti, jawabannya adalah salah satu dari kelima faktor di atas.

Cara Mengatasi Nama Kontak WhatsApp Tidak Bisa Diganti

Cara Mengatasi Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti
Cara Mengatasi Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi kontak WA yang tidak dapat diganti, yang mana cara ini sangat mudah untuk diterapkan. Bahkan bagi kamu yang masih awam juga tidak akan kesulitan menerapkan cara ini. Adapun cara memperbaiki nama kontak WA tidak bisa diubah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi kontak WA tidak bisa diubah yakni dengan melakukan restart. Cara ini akan memperbaiki berbagai masalah error atau bug ringan di android, termasuk masalah di WhatsApp satu ini.

2. Aktifkan Izin Kontak di WhatsApp

Izin kontak menjadi salah satu faktor yang menyebabkan nama kontak di WhatsApp tidak berubah meskipun sudah diganti. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengatifkan izin akses WhatsApp ke Kontak tersebut. Langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  3. Lanjutkan dengan mencari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Pada halaman Info Aplikasi WhatsApp, kamu pilih opsi Izin Aplikasi.
  5. Kemudian pilih Kontak, lalu pilih Izinkan.
  6. Selesai.

Dengan cara ini seharusnya WhatsApp sudah bisa mengakses daftar kontak yang tersimpan di aplikasi Kontak HP. Dan perubahan yang dilakukan di aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi dengan daftar kontak di WhatsApp.

3. Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet di HP stabil agar WhatsApp dapat berfungsi dengan normal. Dalam hal ini berbagai masalah error di WhatsApp akan diatasi, termasuk perubahan nama kontak yang gagal atau error.

Jika mendapati koneksi internet di HP sedang error atau tidak stabil, cobalah untuk mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP. Tunggu beberapa saat, lalu matikan lagi Mode Pesawat tersebut dan aktifkan data seluler di HP. Seharusnya koneksi internet di HP sudah kembali normal dan stabil.

4. Perbaiki Masalah Error di WhatsApp dan Kontak

Untuk mengatasi masalah error atau bug di WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pertama yakni dengan menghapus cache di aplikasi WhatsApp, caranya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke Aplikasi atau Manajeman Aplikasi.
  • Cari dan pilih WhatsApp.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache.
  • Selesai.

Kedua, kamu lanjutkan dengan menghapus data WhatsApp. Namun, sebelum melakukan cara ini sebaiknya kamu lakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian yang ketiga, yakni dengan mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru melalui Google Play Store. Dan terakhir lakukan Uninstall atau Hapus Instalasi aplikasi WhatsApp, lalu install ulang WhatsApp lewat Google Play Store. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Kontak untuk mengatasi error dan bug di dalamnya.

5. Perbarui Daftar Kontak WhatsApp

Langkah sering dilupakan oleh para pengguna WhatsApp yang melakukan perubahan pada data kontak, termasuk nama kontak WhatsApp. Cara ini akan memperbarui daftar kontak WhatsApp yang langsung terintegrasi dengan Kontak di HP. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik ikon Chat yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Daftar kontak WA akan ditampilkan di sana. Selanjutnya kamu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih Perbarui atau Refresh.
  4. Tunggu beberapa saat sampai data kontak berhasil diperbarui.
  5. Selesai.

Penutup

Itulah tadi alasan kenapa nama kontak WA tidak bisa diganti beserta cara untuk mengatasinya yang mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Kirim Folder Lewat WhatsApp Android
Artikel SelanjutnyaCara Menghapus Daftar Blokir di WA Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini