Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya

67
Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati
Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati

Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati – Realme merupakan salah satu brand smartphone terbaru yang langsung menarik minat banyak pecinta smartphone android. Realme menghadirkan smartphone terbaik dengan mengusung desain yang modis sehingga cocok untuk anak muda jaman sekarang. Selain desain bodinya yang kece, HP dari Realme ini juga dibekali dengan spesifikasi tinggi sehingga mampu menghasilkan performa yang mumpuni. Tidak hanya itu saja, harga banderol dari HP Realme ini bisa dibilang cukup terjangkau. Beberapa alasan inilah yang akhirnya membuat Realme langsung booming dan menyita perhatian banyak orang, termasuk di Indonesia.

Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati
Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati

Hingga saat ini Realme sudah menghadirkan banyak seri HP dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari HP Realme C Series, Realme Narzo Series, Realme GT Series, Realme XT Series, dan lain sebagainya. Masing-masing seri HP Realme ini ditargetkan khusus untuk kalangan menengah ke bawah, terbukti dari harga banderolnya yang memang terbilang murah. Meskipun ada seri HP Realme juga yang ditawarkan dengan harga lumayan mahal dengan spek dewa, khusus dihadirkan untuk pangsa pasar menengah ke atas. Fitur yang disematkan di dalamnya juga terbilang lengkap, bahkan ada beberapa fitur yang hanya bisa ditemukan di HP Realme saja.

Baca Juga:

Meskipun demikian, ada kondisi di mana HP Realme mengalami kerusakan atau error. Baik itu, pada sistem operasi di dalamnya atau pada komponen hardware HP Realme. Misalnya saja, HP Realme yang tiba-tiba mati saat kita menggunakannya menjalankan aplikasi maupun game. Kondisi seperti ini tidak jarang membuat pengguna merasa panik, bahkan tidak jarang yang menyangka kalau HP Realme miliknya tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Padahal, masalah layar HP Realme mati seperti ini masih bisa diperbaiki sehingga HP dapat menyala lagi. Layar HP Realme sendiri seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan ini wajib untuk diketahui. Informasi selengkapnya mengenai penyebab HP Realme layar mati tiba-tiba bisa kalian simak di bawah ini.

Kenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Realme Tiba-Tiba Mati
Penyebab HP Realme Tiba-Tiba Mati

Penting untuk mengetahui apa saja penyebab HP Realme tiba-tiba mati sendiri seperti ini. Mengetahuinya akan membuat kita lebih mudah melakukan perbaikan pada HP sehingga bisa normal kembali. Selain itu, hal ini juga memungkinkan kita untuk melakukan pencegahan agar masalah error atau kerusakan yang sama tidak terulang lagi.

Adapun beberapa alasan kenapa HP Realme tiba-tiba mati sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. HP Realme Kehabisan Daya Baterai

Ada kalanya kita terlalu serius memainkan HP sehingga tidak sadar kalau daya baterainya sudah hampir habis. Terus memainkan HP akhirnya membuat daya baterainya habis alias drop sehingga layar mati tiba-tiba.

Kondisi semacam ini membuat HP Realme tidak bisa dinyalakan lagi karena daya baterai sudah benar-benar habis atau tersisa 0%. Pada dasarnya pada HP Realme terdapat fitur yang memberikan notifikasi saat daya baterai mencapai presentase tertentu, misalnya jika tersisa 20%, 10%, atau 5%. Namun, sebagian dari kalian mungkin mengabaikannya sehingga HP sampai kehabisan daya baterai.

Solusinya, kamu bisa mengecas HP Realme yang tiba-tiba mati karena baterai drop tersebut. Saat menancapkan charger pertama kali, mungkin HP Realme tidak merespon dengan layar tetap mati. Tunggulah beberapa menit, biasanya baterai akan mulai terisi dan muncul ikon pengisian baterai di layar.

2. HP Realme Terlalu Panas atau Overheat

Mengoperasikan HP dalam waktu yang lama dan menjalankan banyak aplikasi serta game, biasanya membuat suhu panas HP meningkat drastis. Jika dibiarkan akan membuat suhu panasnya semakin meningkat dan terjadi overheat.

Sistem keamanan HP Realme akan mendeteksi kondisi ini dan mematikan daya HP secara otomatis, seolah-olah HP mati dengan sendirinya. Pasalnya jika kondisi ini dibiarkan, maka akan berdampak pada kerusakan hardware bahkan bisa terjadi ledakan.

Untuk solusi dari masalah ini, kamu perlu mendiamkan atau mengistirahatkan HP selama 1-2 jam. Lebih maksimal lagi dengan mematikan daya HP Realme terlebih dahulu dan mendiamkannya. Jika suhunya dirasa sudah dingin, maka kamu bisa mengoperasikan HP tersebut kembali.

3. Aplikasi atau Game yang Diinstall

Di Google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi dan game yang bisa kita install secara bebas. Akan tetapi, tidak semua aplikasi tersebut bisa dijalankan di HP kita, termasuk di Realme. Tentunya masalah kompatibilitas aplikasi ini dikarenakan beberapa hal, baik itu karena spesifikasi yang tidak memadai, tidak memiliki fitur yang dibutuhkan aplikasi dan lainsebagainya.

Jika dipaksakan memasang aplikasi atau game yang tidak kompatibel dengan tipe HP Realme kita, salah satu dampaknya membuat HP sering mati sendiri. Selain itu, menginstall aplikasi atau game ilegal dari luar Play Store juga sering menjadi faktor yang menyebabkan HP mengalami error. Termasuk masalah error yang membuat HP Realme sering mati sendiri saat digunakan.

Solusinya, cari aplikasi atau game yang baru kamu install sebelum HP Realme sering mati sendiri. Jika sudah ketemu, kemudian lakukan penghapusan instalasai atau uninstall aplikasi tersebut. Untuk melihat daftar aplikasi terinstall di HP Realme ini yakni masuk ke Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> Daftar Aplikasi.

4. Penyimpanan Internal Penuh

Alasan kenapa HP Realme tiba-tiba mati sendiri selanjutnya adalah karena memori internal HP yang sudah penuh. Hal ini membuat sistem tidak dapat memproses perintah di HP Realme, sehingga membuatnya mati tiba-tiba. Selain ruang penyimpanan internal, RAM yang penuh juga bisa menyebabkan HP Realme sering mati sendiri seperti ini.

Solusi untuk mengatasinya cukup dengan melakukan penghapusan file yang tidak penting yang disimpan di memori internal. Selain itu, lakukan penghapusan file cache atau sampah dari aplikasi dan sistem di HP tersebut. Salah satu caranya dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang HP Realme. Kamu juga bisa membuka menu Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> Daftar Aplikasi >> pilih aplikasi atau game >> Penyimpanan >> Hapus Cache dan Hapus Data.

5. Error atau Bug pada Sistem Android

Masalah lainnya terdapat pada software HP Realme yang bermasalah sehingga membuatnya sering mati dengan sendirinya. Masalah ini bisa disebabkan oleh bug atau data sistem yang corrupt. Selain membuat HP mati tiba-tiba, kondisi semacam ini biasanya juga menimbulkan dampak error lain pada HP Realme, seperti aplikasi tidak bisa dibuka, HP Realme restart sendiri dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa melakukan update OS Android ke versi terbaru. Caranya dengan membuka menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Download dan Install OS Android Versi Terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan yang namanya factory reset atau hard reset Realme. Cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal serta mengembalikan semua pengaturan di HP Realme tersebut ke mode default.

6. Serangan Virus atau Malware

Sama seperti Sistem Operasi Windows, OS Android juga sering kali menjadi sasaran virus atau malware. Virus atau malware yang masuk dan menyerang sistem android akan memberiakn beberapa dampak negatif, termasuk membuatnya error. Salah satu kondisi yang bisa dirasakan adalah HP yang sering mati secara tiba-tiba.

Solusi dari virus dan malware di android ini yakni dengan memasang aplikasi antivirus. Di Google Play Store sudah ada banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu gunakan, seperti Avast Antivirus, AVG Antivirus, Malwarebytes dan lain sebagainya. Atau lebih efektif lagi dengan melakukan hard reset HP Realme.

7. Baterai yang Rusak

Baterai bisa diibaratkan sebagai nyawa dari sebuah perangkat smartphone android, termasuk HP Realme. Karena itulah, tanpa baterai maka HP tidak akan bisa dinyalakan dan digunakan sebagaimana mestinya. Ada kalanya baterai HP ini mengalami error atau kerusakan yang membuat tidak dapat menyupplai daya ke komponen HP dengan maksimal. Salah satu dampaknya membuat HP sering mati tiba-tiba.

Untuk solusi terbaiknya yakni dengan memeriksa sambungan dari baterai. Atau jika memang baterainya sudah rusak, maka mengganti baterai dengan yang baru menjadi solusi paling tepat untuk dilakukan.

Penutup

Itulah tadi beberapa alasan kenapa baterai HP Realme tiba-tiba mati beserta cara untuk mengatasinya perlu kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaWajib Punya! Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi di Android
Artikel SelanjutnyaCara Update Emoji Samsung Terbaru yang Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini