Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya!

211
Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka
Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka – Sebagai pengguna HP Samsung pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan satu ini. Galaxy Theme merupakan aplikasi buatan Samsung yang disematkan pada semua perangkat smartphone besutannya. Aplikasi ini juga tersedia di Samsung Galaxy Store yang merupakan gudangnya aplikasi khusus Samsung. Melalui halaman Samsung Galaxy Store ini juga kalian dapat melakukan update aplikasi Galaxy Theme ke versi terbaru. Mengingat Samsung memang cukup rajin memberikan update versi terbaru untuk aplikasi tema yang dikembangkannya tersebut.

Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka
Kenapa Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka

Galaxy Theme sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan beragam tema keren dan unik untuk HP android Samsung. Beberapa tema yang disediakan tersebut ada yang bisa didownload dan digunakan secara gratis. Namun, ada beberapa pula yang merupakan tema berbayar sehingga kamu perlu berlangganan untuk bisa menggunakannya. Bukan hanya tema saja, di Galaxy Themes juga disediakan beragam wallpaper dan ikon yang bisa diterapkan pada HP Samsung. Sama dengan theme atau tema Samsung, wallpaper dan ikon ini juga ada yang gratis dan berbayar. Kamu bisa menyesuaikan sendiri tampilan antarmuka HP Samsung agar tampil beda dari yang lain, memanfaatkan tema, wallpaper dan ikon unik tersebut.

Baca Juga:

Membuka aplikasi Galaxy Themes, ada kalanya aplikasi tersebut mengalami error saat dijalankan. Misalnya saja aplikasi yang selalu keluar sendiri saat dibuka sehingga pengguna tidak dapat mengakses fitur yang disediakan di dalamnya. Pada kondisi ini biasanya pada HP akan muncul notifikasi error perihal aplikasi Galaxy Themes tersebut, seperti “Galaxy Themes Telah Berhenti”. Terkadang juga di HP Samsung tidak muncul pesan apa pun, hanya aplikasi Galaxy terus keluar sendiri alias force close saat dijalankan. Lantas, kenapa Galaxy Themes tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasinya? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Aplikasi Galaxy Themes Tidak Bisa Dijalankan di HP Samsung

Penyebab Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka
Penyebab Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka

Penting untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan aplikasi Galaxy Themes Samsung error tidak bisa dibuka. Kamu akan lebih mudah melakukan perbaikan error pada Galaxy Themes tersebut dan sekaligus melakukan pencegahan agar hal serupa tidak terulang lagi. Adapun beberapa faktor kenapa Galaxy Themes tidak bisa dibuka selengkapnya, sebagai berikut:

1. Error atau Bug pada Sistem Software di HP Samsung

Hal pertama yang membuat Galaxy Themes error di HP Samsung yakni karena adanya bug pada sistem operasi android. Bug memang sering ditemukan di OneUI yang merupakan OS Android yang dimodifikasi oleh Samsung. Kondisi tersebut berdampak pada beberapa fitur, termasuk pada aplikasi Galaxy themes.

Selain bug, kondisi error lain juga bisa dialami di HP Samsung sehingga mengalami Galaxy Themes tidak bisa terbuka. Misalnya saja file cache atau sampah yang memenuhi RAM dan penyimpanan internal HP.

2. File Cache Aplikasi Galaxy Themes yang Menumpuk

Selain itu, file cache atau sampah dari Galaxy Themes yang menumpuk lama biasanya juga sering menyebabkan error. File cache ini tidak akan terhapus otomatis meskipun HP Samsung dilakukan Restart atau Mulai Ulang.

3. File Data Corrupt pada Galaxy Themes

File data corrupted bisa saja terjadi pada semua jenis aplikasi di Samsung, termasuk Galaxy Themes. Kondisi ini biasanya memang akan berpengaruh pada fungsi aplikasi, salah satunya membuat ia tidak bisa dijalankan atau dibuka. Kalau pun bisa dibuka, beberapa fiturnya mungkin tidak berfungsi secara maksimal.

4. Penggunaan Galaxy Themes Versi Lama

Menggunakan aplikasi versi lama biasanya ditemukan banyak bug dan error di dalamnya. Hal ini juga bisa saja terjadi pada aplikasi Galaxy Themes jika tidak kamu update ke versi terbaru. Karena memang salah satu tujuan dari update versi aplikasi ini untuk mengatasi bug dan error di dalamnya.

5. Belum Punya Akun Samsung

Sama seperti aplikasi Google yang butuh akun Google untuk mengaksesnya, Galaxy Themes juga memerlukan akun Samsung agar bisa mengakses fitur di dalamnya. Kemungkinan di HP Samsung milikmu belum login ke akun Samsung mana pun, sehingga HP tidak dapat mengakses Galaxy Themes.

6. Belum Update ke OS Android Baru

Samsung cukup rajin memberikan update terbaru pada OS Android yang dikembangkannya. Bisa jadi kamu yang masih menggunakan versi OS Android lama, sistemnya ini tidak kompatibel lagi dengan Galaxy Themes sehingga membuatnya tidak bisa dibuka. Inilah salah satu alasan kenapa Galaxy Themes tidak bisa dibuka yang umum dialami oleh para pengguna.

Cara Mengatasi Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka di Samsung

Cara Mengatasi Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Galaxy Themes Tidak Bisa Dibuka

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah aplikasi Galaxy Themes yang tidak dapat dibuka tersebut. Beberapa cara bisa kalian terapkan sesuai dengan penyebab yang dialami di HP Samsung milikmu.

Adapun cara mudah mengatasi tidak bisa membuka Galaxy Themes di Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Samsung

Cara pertama bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak dapat menjalankan Galaxy Themes di HP Samsung, yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Tekan dan tahan tombol Power pada HP Samsung, kemudian pilih Restart atau Mulai Lagi.

Cara ini juga akan membuat performa HP lebih cepat dan responsive dibandingkan sebelumnya. Selain itu, beberapa masalah error ringan lainnya biasanya juga akan teratasi.

2. Update Versi Galaxy Themes

Jika masih tetap tidak bisa dibuka, alternatif lainnya bisa dengan melakukan update versi Galaxy Themes ke versi terbaru. Updatenya bukan melalui Google Play Store, melainkan melalui Samsung Galaxy Store.

Caranya buka Samsung Galaxy Store di HP Samsung milikmu, kemudian cari aplikasi Galaxy Themes melalui menu Pencarian. Selanjutnya klik pada aplikasi Galaxy Themes yang muncul di hasil pencarian, lalu klik Perbarui atau Update.

3. Login ke Akun Samsung di HP Samsung

Samsung Account atau Akun Samsung memiliki banyak fitur penting di dalamnya yang tentunya akan membuat pengguna semakin nyaman mengoperasikan HP Samsung. Jika belum memiliki akun Samsung, maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke opsi Akun dan Pencadangan.
  3. Lanjutkan dengan pilih Kelola Akun.
  4. Kemudian pilih Tambah Akun.
  5. Pilih opsi yang disediakan, kemudian setujui Persyaratan dan Ketentuan yang diberikan Samsung dengan memberikan Tanda Centang.
  6. Jika sudah semuanya, kemudian klik Buat Akun.
  7. Selanjutnya masukkan nomor HP yang ingin digunakan sebagai keamanan akun. Serta tambahkan juga email dan lakukan verifikasi penggunaannya.
  8. Selesai.

Jika sudah punya akun Samsung, sekarang kamu bisa membuka Galaxy Themes. Biasanya masalah error seperti sebelumnya tidak akan ditemukan lagi sekarang ini.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi Galaxy Themes

Cara lainnya jika masih mendapati aplikasi Galaxy Themes tidak bisa dibuka yakni dengan melakukan penghapusan cache dan data aplikasi. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP Samsung milikmu.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi Galaxy Themes.
  4. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Lanjutkan dengan klik Hapus Memori.
  6. Kemudian klik juga Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  7. Selesai.

Cara ini akan mengembalikan semua pengaturan di Galaxy Themes ke pengaturan awal, membuat aplikasi seperti pertama kali dipasang.

5. Update OS Android di HP Samsung

Jika aplikasi yang tidak bisa dibuka juga terjadi pada aplikasi lain di HP Samsung, kemungkinan hal ini disebabkan oleh error atau bug pada OS Android di Samsung. Untuk mengatasinya cukup dengan mengupdate OS Android yang digunakan ke versi terbaru.

Kamu perlu mengecek apakah pada HP Samsung milikmu sudah mendapatkan update versi OS Andorid baru atau tidak. Cara mengeceknya bisa melalui menu Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Unduh dan Install. Jika memang tersedia versi OS Android baru, maka kamu bisa klik Unduh. Kalau sudah selesai proses pengunduhannya, selanjutnya klik Pasang atau Jadwalkan Pemasangan.

Penutup

Itulah tadi beberapa alasan kenapa Galaxy Themes tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya yang ampuh bisa kalian terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi FIFA Mobile Gagal Masuk dan Penyababnya
Artikel SelanjutnyaDownload Tema Xiaomi Tembus WhatsApp untuk Semua Tipe
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini