Kenapa FF Keluar Sendiri dan Cara Mengatasinya

50
Cara Mengatasi FF Keluar Sendiri
Cara Mengatasi FF Keluar Sendiri

Kenapa FF Keluar Sendiri – Game Free Fire bisa dijadikan sebagai alternatif bagi pengguna HP android dengan spesifikasi standar yang ingin merasakan serunya permainan Battle Royale. Pasalnya, Free Fire ini didukung dengan grafis yang tidak terlalu tinggi sehingga kapasitasnya pun bisa dibilang kecil. Jika dibandingkan dengan PUBG Mobile tentunya kapasitas dari game Free Fire jauh lebih kecil dan ringan untuk dijalankan. Oleh karena itu, HP dengan spesifikasi standar pun akan tetap lancar untuk menjalankan game tersebut. Meski demikian, keseruan dari game Free Fire ini tidak kalah dengan game bergenre Battle Royale lainnya, seperti PUBG Mobile, Fortnite, Call of Duty dan lain sebagainya.

Kenapa FF Keluar Sendiri
Kenapa FF Keluar Sendiri

Pada game Free Fire disediakan beberapa mode permainan yang bisa dipilih oleh player. Salah satunya adalah Mode Solo atau Single Player, di mana pada mode ini player akan berjuang sendirian untuk tetap hidup. Pada mode ini akan ada 50 player yang bergabung dalam satu permainan dan hanya 1 player saja yang berhak untuk menjadi pemenanghya. Selain itu, ada juga Mode Squad yang memungkinkan kita untuk bermain tim bersama teman atau player lain. Pada mode ini kita akan melawan tim dari player lain untuk saling memperebutkan kemenangan. Kamu tinggal memilih sendiri mode permainan mana yang paling disukai untuk dimainkan di game tersebut.

Baca Juga:

Bermain game Free Fire di HP android, ada kalanya game tersebut mengalami error sehingga menyebabkan ia keluar dengan sendirinya. Dicoba untuk dijalankan kembali, namun beberapa saat game lagi-lagi berhenti sendiri dan keluar dari tampilannya. Kondisi semacam ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penting sekali untuk mengetahui beberapa penyebabnya tersebut agar kita lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Mengenai alasan kenapa FF keluar sendiri dan cara mengatasinya bisa kalian simak pada ulasan di bawah ini!

Kenapa FF Keluar Sendiri dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi FF Keluar Sendiri
Cara Mengatasi FF Keluar Sendiri

Bukan hanya game Free Fire, game ataupun aplikasi lainnya sering kali mengalami error semacam ini yang tentunya akan mengganggu kenyamanan pengguna. Game yang dijalankan dan tiba-tiba keluar dengan sendirinya seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Yang pasti mengetahui penyebabnya tersebut akan memudahkan kita dalam melakukan perbaikan serta mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Adapun alasan kenapa FF keluar sendiri beserta cara untuk mengatasi masalah error tersebut selengkapnya, sebagai berikut:

1. File Cache di RAM yang Penuh

RAM merupakan komponen hardware HP yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. RAM ini akan menyimpan file cache dari aplikasi dan game yang dijalankan, sehingga aplikasi dan game tersebut akan lebih cepat loadingnya saat dijalankan di momen kedua dan seterusnya.

Akan tetapi, terkadang file cache yang disimpan ini memenuhi RAM sehingga membuatnya tidak dapat menyimpan data baru. Kondisi seperti ini berdampak pada komponen dapur pacu HP lainnya yang akhirnya menyebabkan masalah error. Misalnya saja, aplikasi dan game yang keluar sendiri seperti ini. Untuk mengatasinya, kamu perlu menghapus file sementara yang tersimpan di RAM. Caranya dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang HP android.

2. Koneksi Internet yang Bermasalah

Selain karena ruang RAM yang penuh, game Free Fire keluar sendiri bisa juga disebabkan oleh koneksi internal yang tidak stabil bahkan tidak terhubung sama sekali. Kita tahu Free Fire merupakan game berbasis online, sehingga butuh koneksi internet untuk memastikannya tetap berjalan lancar.

Untuk mengatasi masalah koneksi error di HP android ini, cukup dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Caranya usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel, kemudian ketuk pada ikon Mode Pesawat. Setelah beberapa saat, kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut dengan cara yang sama seperti tadi.

Jika masih tetap tidak bisa, cobalah untuk menggunakan kartu provider lain yang memiliki kuota data internet di dalamnya. Atau bisa juga mencoba menghubungkan HP ke jaringan wifi yang biasanya lebih cepat dan stabil koneksi internetnya.

3. File Cache Game FF yang Menumpuk

File cache game FF biasanya akan tersimpan di memori internal dan tidak akan terhapus meskipun HP dilakukan restart. File cache dan data game yang menumpuk ini sering kali menyebabkan error, termasuk game yang berhenti sendiri. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu perlu menghapus file cache dan data dari game Free Fire tersebut.

Untuk cara menghapus file cache dan data dari game FF tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih game Garena Free Fire.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu pilih Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Lanjutkan dengan pilih Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Menghapus data game FF ini akan mengembalikan semua pengaturan di dalam game ke mode default. Selain itu, data login game FF juga akan dihapus sehingga kamu perlu login ulang.

4. Versi Game Free Fire yang Sudah Usang

Garena cukup sering memberikan update versi terbaru pada game Free Fire besutannya ini. Tujuannya tidak lain untuk mengatasi bug serta penambahan fitur di dalamnya. Menggunakan game Free Fire versi lama memang sering kali didapati masalah error di dalamnya, termasuk game yang sering keluar sendiri.

Untuk mengatasinya tentunya kamu perlu memperbarui versi game Free Fire di HP androidmu. Caranya cukup kunjungi Google Play Store dan cari game Free Fire, kemudian pilih Update atau Perbarui.

5. OS Android di HP Tidak Diupdate

Alasan kenapa FF keluar sendiri lainnya yakni karena masalah bug pada sistem operasi di HP android. Atau bisa juga karena versi OS Android yang kamu gunakan sekarang ini sudah tidak kompatibel dengan versi Free Fire terbaru. Masalahnya hanya satu, yakni karena kamu tidak mengupdate OS Android di HP-mu ke versi baru, meskipun sudah ada pemberitahuan dari sistem.

Sekarang kamu cek apakah memang ada versi OS Android baru yang tersedia di HP-mu atau tidak. Caranya masuk ke menu Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Download dan Install. Jika memang tersedia versi OS Android terbaru, maka kamu perlu mengunduhnya dan memasangnya di perangkat HP tersebut.

6. Banyak Aplikasi dan Game yang Berjalan di Background

Demi memaksimalkan fungsinya, beberapa jenis aplikasi biasanya akan tetap berjalan di latar belakang, meskipun kamu sedang tidak membukanya. Hal ini tentunya akan memberatkan kerja HP, dan jika dipaksakan untuk menjalankan game berat maka HP akan hang atau macet. Bahkan tidak jarang game yang baru dijalankan tersebut akan keluar dengan sendirinya, termasuk saat menjalankan game Free Fire.

Untuk masalah satu ini, solusinya bisa dengan menghentikan paksa aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut. Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk penghentian aplikasi di background HP tersebut, yakni manual (lewat Pengaturan) dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

7. Spesifikasi HP yang Tidak Memadai

Semakin kesini kapasitas dari game Free Fire ini memang semakin besar, sehingga HP keluaran lama kemungkinkan sudah tidak kompatibel dengannya. Jika dipaksakan, akibatnya HP tidak akan kuat menjalankan game Free Fire dan akhirnya membuat game sering keluar sendiri.

Tidak ada solusi lain untuk masalah ini, kecuali dengan membeli HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Sangat disarankan untuk membeli HP keluaran terbaru saat ini, karena fiturnya lebih lengkap dan dipastikan kompatibel untuk berbagai aplikasi dan game.

Penutup

Itulah tadi beberapa alasan kenapa FF keluar sendiri beserta cara mudah untuk mengatasinya yang harus kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Ganti Avatar FF dengan Foto Sendiri di HP Android
Artikel SelanjutnyaBerapa Full Size PUBG Mobile Terbaru? Ini Jawabannya!
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini