Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus? Ini Jawabanya!

63
Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus
Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus

Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus – Hampir semua pengguna smartphone sudah mengenal salah satu platform jejaring sosial populer satu ini. Instagram menjelma sebagai platform berbagi foto dan video yang paling populer hingga saat ini. Fitur yang disediakan di dalamnya yang sangat lengkap, menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang memilih untuk menggunakannya. Membuat akun di Instagram juga gratis dan mudah, bahkan pengguna awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Kita hanya memerlukan alamat email maupun nomor HP untuk mendaftar akun di Instagram tersebut. Selanjutnya kita sudah bisa menikmati semua fitur yang disediakan di Instagram.

Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus
Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus

Awalnya Instagram hadir sebagai platform untuk berbagi foto dalam bentuk feed saja. Namun, seiring berjalannya waktu Instagram menyediakan fitur untuk berbagi video juga. Bahkan berbagi video di Instagram terdiri dari beberapa metode, mulai dari feed, reels, InstaStory, dan juga IGTV. Dan hingga sekarang ini fitur yang disematkan di IG semakin beragam sehingga semakin menarik banyak orang untuk menggunakannya. Di Instagram para pengguna juga dapat saling berinteraksi, baik melalui komentar postingan, DM Instagram, like, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Khususnya untuk DM atau Direct Messege di Instagram, kita memungkinkan untuk saling berkirim pesan di dalamnya. Bukan hanya berkirim pesan dalam bentuk teks saja, melainkan juga stiker maupun emoji sebagai bentuk ekspresi diri. Mengirim file media via DM Instagram ini juga sangat mudah dilakukan, meskipun tetap ada batasan kebijakan yang berlaku. Sebagai pengguna kita diberikan hak akses penuh terhadap DM Instagram di akun Instagram kita. Termasuk hal menghapus daftar DM Instagram yang dianggap kurang penting atau untuk membersihkan daftar DM IG. Akan tetapi, terkadang ada kondisi di mana DM Instagram ini tidak bisa dihapus. Berikut alasan kenapa chat IG tidak bisa dihapus dan cara mengatasinya yang harus kalian simak.

Kenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi DM Instagram Tidak Bisa Dihapus
Cara Mengatasi DM Instagram Tidak Bisa Dihapus

Chat atau DM Instagram biasanya akan tersimpan otomatis dan tetap ada selama kita belum menghapusnya. Kecuali akun Instagram yang kita ajak DM-an sudah terblokir, maka secara otomatis DM yang telah dikirim dari akun tersebut akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan. Mungkin hanya menyisakan DM kita yang terkirim ke akun IG terblokir tersebut.

Perihal DM Instagram yang tersimpan di halaman Kotak Masuk, kita dapat menghapusnya dengan mudah. Akan tetapi, ada kalanya saat kita ingin menghapus salah satu DM yang masuk di IG, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Bisa jadi karena tidak terdapat tombol Hapus atau tidak ada respon ketika kita sudah menekan tombol Hapus tersebut.

Lantas, kenapa chat IG tidak bisa dihapus tersebut? Berikut ini jawaban selengkapnya, yakni:

1. Koneksi Internet yang Sedang Error

Instagram merupakan aplikasi berbasis online sehingga kita membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Jika koneksi internet di HP android kita tidak stabil atau bahkan tidak terhubung sama sekali, tentunya tindakan apa pun tidak akan berpengaruh di Instagram. Termasuk saat kita menghapus salah satu atau beberapa DM Instagram, hal tersebut tidak dapat diproses. Di mana DM Instagram tersebut tetap ada alias tidak terhapus.

Untuk mengatasinya, pastikan koneksi internet di HP androidnya sudah normal dan lancar. Cobalah untuk berganti ke kartu provider lain yang masih memiliki kuota internet dan koneksinya lebih cepat dan stabil. Jika masih tetap, cobalah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kembali Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Atau kalau masih tetap tidak bisa, kamu coba hubungkan HP ke jaringan wifi.

2. Error atau Bug pada Sistem Android

Masalah bug pada software HP android juga bisa menjadi penyebab lain DM Instagram tidak bisa dihapus. Untuk itu, kamu perlu melakukan perbaikan pada sistem android yang mengalami error tersebut. Caranya cukup dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang HP android. Saat HP sudah menyala kembali, sekarang kamu hubungkan HP tersebut ke jaringan internet dan coba lakukan penghapusan DM Instagram kembali.

Melakukan restart pada HP android memang diklaim dapat mengatasi berbagai masalah error ringan di HP android, termasuk pada aplikasi maupun game. Selain itu, cara ini juga akan mempercepat performa HP sehingga lebih responsive saat digunakan.

3. Aplikasi Instagram Tidak Diupdate

Menggunakan aplikasi Instagram versi lama biasanya memang akan ada banyak error yang ditemukan di dalamnya, termasuk masalah DM yang tidak dapat dihapus. Ada beberapa alasan kenapa pengguna tidak mengupdate aplikasi Instagramnya ke versi terbaru yang tersedia di Play Store. Misalnya saja, untuk menghemat kuota data internet, mematikan fitur Update Otomatis di Play Store, atau juga tidak tahu kalau ada versi IG baru yang tersedia.

Solusinya cukup dengan melakukan pembaruan aplikasi Instagram secara langsung melalui Google Play Store. Caranya dengan membuka Google Play Store, kemudian cari Instagram dan klik Update atau Perbarui. Jika sudah selanjutnya kamu coba lakukan penghapusan ulang pada DM Instagram.

4. Penggunaan Aplikasi Instagram MOD

Selain WhatsApp MOD, tidak jarang juga pengguna smartphone android yang lebih suka menggunakan aplikasi Instagram MOD di HP miliknya. Instagram MOD memang menyajikan banyak fitur keren yang tidak bisa ditemukan di aplikasi Instagram original. Namun, biasanya terdapat beberapa bug di dalamnya yang membuat beberapa fungsi aplikasi menjadi error, termasuk saat akan menghapus DM Instagram yang masuk.

Untuk mengatasinya, kamu harus menghapus atau uninstall aplikasi Instagram MOD yang digunakan. Caranya tekan dan tahan pada ikon aplikasi Instagram MOD tersebut, kemudian pilih Hapus Instalasi dan konfirmasi dengan pilih Hapus. Setelahnya kamu bisa menginstall aplikasi Instagram original lewat Google Play Store dan login ke akun Instagram milikmu.

5. File Cache Aplikasi Instagram yang Menumpuk

Alasan kenapa chat IG tidak bisa dihapus selanjutnya yakni dikarenakan file cache yang menumpuk di dalam aplikasi. File cache aplikasi memang berguna untuk mempercepat loadingnya saat dijalankan di momen kedua. Akan tetapi, tidak jarang file cache yang dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan error, termasuk masalah chat di IG yang tidak dapat dihapus.

Untuk mengatasinya kamu perlu menghapus file cache atau sampah di aplikasi Instagram tersebut. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapusnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir pilih Hapus Memori atau Hapus Cache.
  • Selesai.

6. File Data Corrupt pada Aplikasi Instagram

File data aplikasi yang corrupt juga menjadi penyebab lain DM di Instagram tidak dapat dihapus. Selain itu, masalah data corrupt ini biasanya juga menyebabkan masalah error lain di aplikasi Instagram.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menghapus data aplikasi Instagram tersebut sehingga aplikasi kembali ke pengaturan default. Berikut langkah-langkah untuk menghapusnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian pilih Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

7. Masalah Batasan Penghapusan Pesan di Instagram

Dan penyebab terakhir chat IG tidak bisa dihapus yakni karena adanya batasan penghapusan pesan dari pihak Instagram. Pembatasan ini bisa saja terjadi pada semua atau beberapa DM saja, kamu bisa mencoba menghapus DM lain untuk membuktikannya.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai kenapa chat IG tidak bisa dihapus beserta cara untuk mengatasinya. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Membuat Voice Note WA Menjadi Video di HP
Artikel SelanjutnyaKenapa Threads Error di Android? Ini Cara Mengatasinya!
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini