4 Cara Mudah Keluar Mode Odin Samsung

393
Keluar Mode Odin Samsung
Keluar Mode Odin Samsung

Keluar Mode Odin Samsung – Samsung merupakan salah satu brand smartphone ternama yang memiliki nilai penjualan smartphone terlaris di dunia. HP dari Samsung menjadi mampu menarik minat banyak orang untuk membelinya. Tidak heran karena kualitas dari produk smartphone Samsung ini sangat bagus. Spesifikasi yang diusung juga terbilang tinggi sehingga mampu menghasilkan performa yang cepat dan responsive. Komponen yang digunakan di dalamnya juga berkualitas tinggi sehingga sangat awet dan kuat. Ditambah lagi dengan dukungan fitur canggih di dalamnya yang seakin membuat HP Samsung menarik untuk dipilih.

Keluar Mode Odin Samsung
Keluar Mode Odin Samsung

Meski demikian, bukan berarti HP Samsung tidak pernah mengalami masalah error. Yang namanya perangkat elektronik pasti penah mengalaminya, termasuk smartphone dari Samsung ini. Beberapa masalah error yang bisa terjadi di HP Samsung seperti, Bootloop, restart dan mati sendiri, aplikasi keluar tiba-tiba, atau masalah error lainnya. Untuk mengtasi masalah seperti ini, biasanya pengguna diharuskan melakukan reset atau flashing pada Samsung tersebut. Mengenai cara flashing HP Samsung, perangkat tersebut harus masuk dulu ke Mode Download atau Mode Odin sebelum nantinya dihubungkan ke PC atau laptop yang digunakan untuk flashing.

Baca Juga:

Berbicara mengenai Mode Odin atau Mode Downloading, ini merupakan mode khusus pada smartphone Samsung yang memang digunakna untuk proses flash tersebut. Untuk mengaksesnya pengguna perlu menekan kombinasi tombol tertentu. Namun, terkadang baik itu disengaja atau tidak, HP Samsung masuk ke Mode Odin tersebut. Bagi pengguna awam mungkin akan bingung dan tidak tahu harus melakukan apa. Ingin mengeluarkan HP dari mode tersebut tetapi tidak tahu caranya. Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk keluar Mode Odin Samsung. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mudah Keluar Mode Odin Samsung

Keluar dari Mode Download Samsung
Keluar dari Mode Download Samsung

Mode Odin atau dikenal juga dengan sebutan Mode Bootloader / Mode Downlaod, ini merupakan mode khusus yang disediakan oleh Samsung untuk melakukan pembaruan firmware atau lebih dikenal dengan sebutan flash. Caranya kamu perlu mengunduh dulu file firmware atau stock ROM sesuai tipe HP Samsung, menyiapkan PC/laptop, dan juga aplikasi Odinnya. Selanjutnya kamu tinggal menghubungkan HP Samsung ke PC/laptop dan pasang firmware melalui Odin.

Untuk masuk ke Mode Odin di HP Samsung ini sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara, di antaranya:

  • Menggunakan kombinasi tombol Power + Home + Volume Bawah. (Samsung dengan tombol Home)
  • Menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Atas. (Samsung tanpa tombol Home)
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja Quick Reboot.

Mungkin saja secara sengaja ataupun tidak, pada kondisi ini HP Samsung milikmu berada pada Mode Odin. Dan kamu tidak tahu bagaiman cara keluar dari mode tersebut. Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan HP Samsung dari Mode Odin tersebut. Adapun cara keluar Mode Odin Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melepas Baterai HP Samsung

Cara yang pertama bisa kamu lakukan untuk keluar dari Mode Odin di HP Samsung yakni dengan melepaskan baterainya. Cara ini hanya bisa dilakukan pada HP Samsung yang dibekali dengan baterai removable atau bisa dilepas. Biasanya HP Samsung keluaran lama yang masih menggunakan tipe baterai satu ini.

Untuk cara melakukannya sendiri sangat mudah, cukup kamu lepaskan casing belakang HP dan cabut baterainya. Seketika HP akan mati, kemudian kamu pasangkan lagi baterai dan casing belakang HP tadi seperti semula. Sekarang kamu tinggal hidupkan HP Samsung seperti biasa. HP Samsung yang normal semestinya akan melakukan booting dan masuk ke layar menu utama seperti biasa.

2. Menekan Kombinasi Tombol

Alternatif lainnya untuk bisa keluar dari Mode Odin di HP Samsung yakni dengan menekan kombinasi tombol. Pada HP Samsung keluaran lama dan terbaru mungkin agak berbeda untuk fungsi kombinasi tombolnya ini, khususnya untuk fungsi mengeluarkan sistem dari Mode Odin.

Di bawa ini akan dijelaskan beberapa cara keluar dari Mode Download Samsung (Mode Odin) pada beberapa versi HP Samsung, di antaranya:

Metode 1. Keluar dari Mode Odin di HP Samsung Lama (Baterai Removable)

  • Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Home secara bersamaan beberapa saat.
  • Nantinya HP akan langsung melakukan restart dan masuk ke layar menu utama HP.
  • Selesai.

Metode 2. Keluar dari Mode Odin di HP Samsung Baru

  • Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Bawah selama beberapa detik.
  • Lepaskan tekanan pada tombol jika HP berkedip dan melakukan restart.
  • Nantinya HP akan langsung menampilkan layar menu utama.
  • Selesai.

Metode 3. Keluar dari Mode Odin di HP Samsung dengan OS Android 11

  • Gunakan tombol Volume untuk mengganti ke opsi Power Off.
  • Kemudian tekan tombol Power untuk eksekusi.
  • Maka HP Samsung akan mati. Kamu bisa menghidupkannya seperti biasa dengan menekan tombol Power selama beberapa saat sampai HP menyala.

3. Lakukan Flashing Ulang

HP Samsung yang selalu masuk ke Mode Odin terus-menerus padahal sudah dilakukan cara di atas, hal ini mengindikasikan adanya error pada sistem android. Bisa jadi hal ini terjadi karena kegagalan saat melakukan flashing atau firmware yang digunakan tidak kompatibel dengan perangkat HP Samsung yang kamu gunakan.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu perlu melakukan flashing ulang HP Samsung. Pastikan kamu telah mengunduh file firmware atau ROM Original yang sesuai dengan tipe HP Samsung milikmu. Untuk file firmware-nya sendiri bisa kamu donwload melalui situs resmi Samsung yakni di ALAMAT INI.

4. Lakukan Service HP

Dan cara keluar Mode Odin Samsung yang terakhir yakni dengan melakukan service HP. Bisa jadi HP Samsung yang terus masuk ke Mode Odin ini dikarenakan adanya komponen hardware yang error.

Lebih baik kamu serahkan masalah ini kepada teknisi HP yang sudah berpengalaman. Jika ragu, kamu bisa datang ke Service Center Samsung yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara keluar Mode Odin Samsung atau Mode Download Samsung yang mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Update Aplikasi Android untuk Pemula
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini