10 Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android

Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android – Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi VPN android. VPN atau Virtual Private Network yang berfungsi untuk aktivitas mengakses internet secara bebas dan aman tanpa filter. Kebanyakan pengguna android memanfaatkan aplikasi VPN ini untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah atau provider tertentu. Sangat memungkinkan, karena disini kamu tidak menggunakan IP Address Indonesia, melainkan IP Address milik negara lain.

Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android
Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android

Aplikasi VPN biasanya menyediakan IP Address dari negara-negara yang bebas IP Filter. Yang cukup populer kita tahu seperti Singapura, Amerika Serikat, Kanada dan masih banyak lagi. Kemudahan menginstall dan menggunakan aplikasi VPN secara gratis, membuat banyak pengguna memanfaatkan aplikasi ini. Meskipun ada beberapa aplikasi VPN yang bersifat berbayar untuk akses IP Address yang lebih lengkap dari negara di seluruh dunia.

Baca Juga:

Tapi perlu kamu tahu juga, selain banyaknya keuntungan dari penggunaan VPN, ternyata juga ada kekurangan serta bahaya yang mengintai. Kelebihan dan kekurangan VPN di android akan saya ulas di bawah ini untuk nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan. Apakah tetap akan menginstall aplikasi VPN di HP kesayangan atau justru mengurungkan niat tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android Secara Umum

Mengetahui kelebihan dan kekurangan VPN di android sangat penting agar tidak terlanjur terjadi hal yang merugikan. Jika pun kekurangannya tidak terlalu bermasalah bagi pengguna pribadi, menginstall aplikasi tersebut tentunya tidak masalah. Untuk informasi selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan VPN di android, antara lain :

Kelebihan menggunakan Aplikasi VPN di Android

1. Bisa bebas memilih IP Address dari negara manapun

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi VPN di android adalah bebas memilih alamat IP negara lain. Bahkan negara elit sekelas Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kebanyakan pengguna Indonesia lebih memilih alamat IP dari negara Singapura. Selain karena jaraknya yang dekat, juga speed koneksinya terbilang ngebut banget.

2. Tidak ada lagi Network Filter

Pemerintah bersama Kominfo sedang gencar-gencarnya memburu situs terlarang yang tidak baik untuk diakses. Mulai dari situs dewasa, download film, dan lainnya satu per satu diblokir. Bekerjasama juga dengan provider yang ada di Indonesia, situs terlarang tidak akan bisa diakses dengan diarahkan ke Internet Positive.

Tapi ternyata tidak selama situs terlarang saja yang diblokir oleh pemerintah dan Kominfo. Bahkan ada beberapa situs bermanfaat bagi sebagian orang justru ikut diblokir. Tapi tenang saja, dengan aplikasi VPN situs-situs terblokir tersebut bisa diakses kembali.

3. Bisa digunakan secara gratis

Seperti yang sudah disinggung di atas, kebanyakan aplikasi VPN di android bisa digunakan secara gratis. Tapi ada pula beberapa aplikasi  meyediakan IP Address berbayar untuk koneksi yang lebih cepat dan aman anti filter. Meskipun demikian, versi gratis dari aplikasi VPN sudah cukup untuk mendapatkan banyak hal yang kamu mau.

4. Koneksi lebih aman, cepat dan anti tracking

Ketiga hal ini nampaknya cukup susah untuk didapatkan jika kita masih menggunakan server Indonesia saat internetan di HP. Karena itulah, perlu bantuan VPN untuk kamu mencoba beralih ke IP Address dari negara lain.  Server Singapura misalnya, selain koneksi yang sangat cepat, kamu juga bisa merasakan sensasi internetan dengan aman dan tanpa tracking.

5. Mudah dalam penggunaannya

Banyak sekali pilihan aplikasi VPN gratis di android yang bisa kamu unduh dan install. Dan biasanya juga, kebanyakan aplikasi VPN tersebut cukup instan dalam penggunaannya. Kamu tidak perlu melakukan konfigurasi yang rumit, cukup satu dua kali klik VPN sudah aktif digunakan di android.

Kekurangan menggunakan aplikasi VPN di android

Selain kelebihan pasti ada juga kekurangan dari VPN jika kamu install di HP android kesayangan. Beberapa kerugian menggunakan aplikasi VPN tersebut, antara lain:

1. Bersifat Ilegal

Aksi pemerintah untuk memblokir semua situs terlarang di internet berjalan cukup efektif hingga sekarang ini. Tapi tampaknya hal tersebut kurang mendapatkan sambutan yang positif dari segelintir pengguna. Karenanya mereka menggunakan aplikasi VPN untuk bisa mengaksesnya. Tentunya tindakan seperti ini bersifat ilegal karena sudah melanggar peraturan.

2. Bisa menjadi jalan malware untuk menyusup ke HP

Pada beberapa kasus, ada aplikasi VPN android yang ternyata sudah disusupi malware alias virus oleh pembuatnya. Entah dengan tujuan apa, yang pasti malware bisa memberikan kerugian tersendiri bagi setiap pengguna. Selain itu, beberapa situs dewasa juga sering menyimpan malware. Ketika diakses oleh HP, maka tidak menutup kemungkinan malware tersebut akan menyerang HP kamu.

3. Alat ampuh bagi hacker

Kecanggihan yang dimiliki aplikasi VPN, ternyata bisa menjadi boomerang bagi kita semua. Peretas atau sebutan populernya hacker, sering memanfaatkan VPN untuk melancarkan aksinya. Bisa dengan jalan menyusupkan malware seperti tadi atau dengan cara picik lainnya.

4. Koneksi yang terkadang sering putus

Meskipun beberapa server dari negara lain cukup cepat untuk masalah koneksi, tapi hal tersebut juga punya kelemahan. Beberapa negara yang lokasinya agak jauh dari Indonesia atau IP address yang disediakan secara gratis oleh aplikasi, biasanya sering terjadi koneksi putus saat digunakan. Yang demikian ini tentu sangat meresahkan bagi banyak pengguna. Bayangkan saja, saat enak-enak mengakses internet tiba-tiba koneksi terputus atau hilang. Paling menyebalkan lagi saat main game online multiplayer, bisa disangka penganut AFK.

5. Bisa diakses oleh semua umur

Inilah kerugian yang paling berbahaya harus diwaspadai oleh para orang tua. Kehadiran aplikasi VPN bisa memberikan dampak negatif terhadap masa depan anak-anak. Bayangkan saja jika anak-anak yang masih di bawah umur mengakses situs yang seharusnya tidak mereka akses. Tugas yang berat bagi orangtua untuk mengontrol kegiatan anak-anak dalam menggunakan HP.

Penutup

Baik itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan VPN di android yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka bisa kamu jadikan pertimbangan mana langkah yang seharusnya kamu pilih. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.