Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s – Samsung merupakan salah satu brand smartphone ternama yang sudah mendunia. Khususnya di Indonesia, HP dari Samsung ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi pecinta smartphone. Tidak lain karena HP dari Samsung selalu dibekali dengan spesifikasi mumpuni serta dilengkapi pula beragam fitur canggih di dalamnya. Kalau dulu HP dari Samsung mungkin terkesan mahal, tetapi untuk sekarang ini Samsung secara perlahan sudah menurunkan harga jual untuk setiap produknya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Sudah ada banyak sekali seri HP android canggih dari Samsung yang terbagi dalam beberapa keluarga. Salah satu keluarga Samsung Galaxy terbaru dan sedang menjadi incaran yakni keluarga Galaxy A Series. Dan salah satu tipe HP dari Galaxy A Series yang juga laris manis di Indonesia adalah Samsung Galaxy A30s. HP Samsung satu ini hadir khusus untuk menyasar kalangan menengah alias mid-range.

Baca Juga:

Sama seperti HP android lainnya, Samsung Galaxy A30s juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A30s, nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan ketika ingin membelinya. Berikut informasi selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30s perlu kamu tahu.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Setiap HP besutan dari brand Samsung tidak perlu diragukan lagi soal kualitasnya. Pasalnya, Samsung selalu memberikan yang terbaik untuk setiap produk besutannya tersebut. Meski begitu, bukan berarti HP dari Samsung tidak memiliki kekurangan sama sekali. Tetap ada kelemahannya meskipun sangat sedikit. Adapun kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30s bisa disimak di bawah in.

Kelebihan HP Samsung Galaxy A30s

Kelebihan Samsung Galaxy A30s
Kelebihan Samsung Galaxy A30s

1. Desain Bodi yang Elegan dan Solid

Salah satu daya tarik HP Samsung Galaxy A30s adalah dari segi desain bodi yang diusungnya. Samsung membekali smartphone-nya ini dengan desain solid dan tampak sangat elegan. Kesan mewah akan terpancar saat pertama kali melihatnya, meskipun bodinya tersebut masih menggunakan bahan plastik.

Mengusung dimensi yang sama dengan Samsung Galaxy A50s, namun dengan bobot yang lebih ringan.

2. Layar Berteknologi Super AMOLED

Tidak hanya bodinya, Samsung juga membekali produk smartphone-nya ini dengan teknologi layar unggulan yakni Super AMOLED. Teknologi layar Super AMOLED merupakan yang terbaik saat ini, yang mana teknologi tersebut mampu membuat tampilan layar super jernih.

Tidak hanya itu, layarnya juga punya ukuran cukup luas yakni mencapai 6.4 Inci dan beresolusi HD+ 720 x 1560 piksel. Layar ini dibuat sama dengan seri Samsung Galaxy A50s yang merupakan versi lebih mahal.

3. Dibekali Triple Kamera Mumpuni

Bukan hanya soal tampilan layar, Samsung Galaxy A30s juga punya kemampuan sangat baik dalam hal fotografi. Samsung Galaxy A30s mampu menghasilkan foto super bokeh, jernih dan detailnya bagus. Ini berkat dukungan 3 kamera di belakang bodinya, masing-masing beresolusi 25MP (kamera utama) + 8MP (ultra-wide) + 5MP (depth sensor).

Tidak hanya bagus dalam pengambilan foto jarak dekat, Samsung Galaxy A30s juga bagus saat digunakan untuk mengambil foto portrait. Di bagian depan layar juga disematkan kamera selfie 16MP yang tidak kalah mumpuni saat digunakan mengambil foto atau video.

4. Didukung dengan Baterai Jumbo

Cukup jarang brand Samsung menyematkan baterai jumbo pada HP mid-range besutannya. Tetapi kali ini Samsung justru membekali Samsung Galaxy A30s dengan baterai yang berkapasitas jumbo yakni sebesar 4000 mAh. Kapasitas sebesar ini tentu akan membuat daya tahan baterai menjadi sangat lama meskipun digunakan untuk beragam aktivitas.

Kapasitas baterainya ini lagi-lagi dibuat sama dengan Samsung Galaxy A50s yang dibanderol dengan harga lebih mahal. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi Samsung Galaxy A30s dibanding tipe HP lain di keluarganya.

5. Didukung dengan Teknologi Sensor Fingerprint

Hampir semua HP keluaran terbaru sudah dibekali dengan teknologi sensor sidik jari. Pasalnya, teknologi sensor fingerprint ini punya kemampuan sangat baik dalam menjaga dan melindungi privasi pengguna dibandingkan password atau pola kunci.

Yang menarik lagi, sensor sidik jari yang dibawanya bukan diletakkan di bagian belakang bodi HP, melainkan disematkan langsung pada layar. Sensor sidik jari di layar ini biasanya ditemukan pada HP kelas menengah atas. Tetapi, kali ini kamu sudah bisa menemukannya pada Samsung Galaxy A30s yang merupakan HP dari kelas menengah alias mid-end.

6. Didukung Antarmuka OneUI dan fitur NFC

Kelebihan HP Samsung Galaxy A30s berikutnya adalah adanya dukungan fitur NFC. Di era modern seperti sekarang ini, hadirnya fitur NFC pada perangkat android sangat memudahkan pengguna. fitur ini bisa digunakan ketika pengguna ingin melakukan pembayaran secara instan setelah belanja atau membeli sesuatu.

Selain fitur NFC, Samsung juga membekali Samsung Galaxy A30s ini dengan antarmuka OneUI. Dibandingkan dengan UI lain, OneUI bisa dibilang sebagai salah satu UI terbaik sekarang ini. Antarmuka satu ini sangat memanjakan pengguna dengan fitur-fitur keren di dalamnya. Tidak hanya itu, OneUI juga cukup user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakannya.

Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Kekurangan Samsung Galaxy A30s
Kekurangan Samsung Galaxy A30s

Berbicara kekurangan Samsung Galaxy A30s sepertinya sangat sulit untuk ditemukan. Pasalnya, Samsung selalu mengedepankan kualitas sehingga membuat produknya selalu sempurna di mata peminat. Meski begitu, bukan berarti tidak ada kelemahan sama sekali pada Samsung Galaxy A30s, kamu tetap bisa menemukannya.

Salah satu kelemahan dari Samsung Galaxy A30s adalah dari segi performanya saat digunakan untuk berbagai aktivitas. Samsung sendiri membekalinya dengan chipset Exynos 7904 yang diintegrasikan dengan prosesor octa-core berkonfigurasi dua core Cortex-A73 1.8 GHz dan enam core Cortex-A53 1.6 GHz. Ada pula dukungan GPU Mali-G71 MP2 yang bertugas sebagai pengolah grafisnya. Padauan ini hanya mampu mencapai skor Antutu sebesar 109.852 saja. Meskipun mampu melibas game berat sekelas PUBG, tetapi performanya masih bisa dibilang biasa-biasa saja.

Selain itu, kekurangan lain dari Samsung Galaxy A30s adalah soal harga banderolnya. Di Indonesia, Samsung Galaxy A30s dijual seharga Rp 3.399.000,- untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB. Harga ini masih terbilang mahal jika dibandingkan dengan HP dari Vivo, Xiaomi atau juga Oppo di kelas yang sama.

Penutup

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30s yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan jika memang berniat ingin membelinya.