Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F7 Yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F7 Yang Perlu Anda Ketahui – Setelah belum lama Oppo mengeluarkan smartphone terbaru nya, yaitu Oppo F7, ia sudah banyak memikat para hati konsumen untuk meminang nya di luar sana. Sebagai salah satu perusahaan smartphone terbesar asal cina, kini Oppo telah berhasil mencapai target terbesar nya dalam penjualan produk smartphone di Tiongkok mau pun Indonesia. Yang mana tingkat penjualan ponsel Oppo telah meningkat sangat pesat di beberapa tahun belakangan ini berkat strategi marketing yang mereka jalani, dengan melakukan pemasaran secara merata, baik itu melalui offline dengan cara membagikan brosur mau pun memasang iklan secara online. Kesuksesan nya pun tak luput dari fitur yang mereka tawar kan sendiri, mulai dari Oppo F7 yang mana ia menawarkan banyak fitur fitur canggih dan di juluki sebagai smartphone selfie expert.

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F7 Yang Perlu Anda Ketahui

Selfie Expert adalah sebuah julukan yang di berikan oleh Oppo untuk smartphone nya yang mempunyai resolusi besar pada kamera depan, seperti seri pendahulu nya yaitu Oppo F1, F1S, dan F1 Plus merupakan smartphone yang masing masing mempunyai sesuatu yang unik pada kamera nya yang mana ia memiliki resolusi hingga 16MP. Bahkan seri terdekat dari F7 seperti Oppo F5 yang mana ia telah di release lebih dulu di bekali dengan kemampuan resolusi kamera depan yang amat besar hingga 20MP dan di lengkapi oleh kecerdasan buatan yang nanti nya akan dapat menghasilkan foto berkualitas atau AI (Artifical Intelligence).

Oppo F7 sendiri telah di luncurkan pada akhir bulan maret lalu dan tidak membutuhkan waktu lama untuk dia hadir di Indonesia. Yang mana bahwa mulai dari tanggal 14 maret 2018 ia telah tersedia di 300 toko pilihan Oppo, serta beberapa jaringan e-commerce di negara kita Indonesia. Untuk harga nya sendiri di dalam Indonesia ia di banderol dengan harga Rp.4,2 juta untuk yang memiliki internal sebesar 64 GB dan RAM 4 GB. Sementara itu, Oppo F7 dengan varian penyimpanan internal yang mencapai 128 GB dan RAM hingga 6 GB terjual dengan harga yang cukup murah menurut saya di semua kalangan smartphone jika di lihat dari spesifikasi nya, yaitu hanya Rp.5,5 juta.

Baca Juga:

Smartphone Oppo F7 yang telah beredar di pasar Indonesia telah mengusung processor terbaru Mediatek, yaitu Helio P60. Yang mana artinya processor tersebut sama digunakan di India, akan tetapi harga Oppo F7 di sana lebih mahal ketimbang Indonesia, yaitu seharga Rp.4,6 juta. Tidak seperti seri terdahulu nya F5 yang di bekali dengan kamera depan beresolusi 20 MP, F7 ini hadir dengan fitur yang lebih maju seperti kamera depan yang beresolusi hingga mencapai 25 MP (2.0/lensa f) di serta juga dengan fitur HDR (high dynamic range), dan juga kecerdasan buatan yang nanti nya akan dapat menghasilkan foto berkualitas atau AI (Artifical Intelligence). Posisi kamera depan nya sendiri terletak di bagian atas dari notch, yang mana letak kamera depan nya tersebut lebih mirip dengan smartphone iPhone X dan juga R15.

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F7 Yang Perlu Anda Ketahui

Nah itu lah tadi keterangan singkat tentang Oppo F7 yang hadir di Indonesia, akan tetapi untuk anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang baik buruk nya smartphone yang satu ini bisa membaca beberapa ulasan nya berikut di bawah ini telah saya hardir kan hanya untuk anda para pembaca setia bukandroid.

Keunggulan

1. AI Beauty 2.0

AI Beauty 2.0

Sama hal nya dengan seri F sebelum nya pada smartphone Oppo, kali ini mereka masih mengutamakan kemampuan yang lebih unggul pada kamera depan yang mereka suguh kan. Seperti nya kamera depan pada smartphone telah menjadi andalan oleh produk Oppo ini, sebab mereka memang memprioritaskan pengguna nya yang hobi sekali melakukan selfie dengan menggunakan kamera depan pada smartphone android nya. Hal ini dapat di buktikan dengan banyak seri F sebelum nya, termasuk juga seri terbaru mereka yaitu Oppo F7. Kalau anda adalah orang yang sering kali mengabdikan moment spesial anda dengan kamera depan, maka seri dari produk Oppo ini sangat lah cocok untuk anda miliki dengan berbagai fitur istimewa yang ia punya pada kamera nya.

Salah satu keunggulan pertama dari ponsel Oppo seri F7 ini terletak pada kamera depan nya, yang mana hal itu akan sangat mendukung aktivitas selfie kalian karena ia memiliki resolusi sebesar 20 MP, yaitu lebih besar dari seri sebelum nya F5 yang beresolusi 20 MP pada kamera depan nya. Bukan hanya memiliki kamera yang beresolusi tinggi saja, ia juga di lengkapi oleh teknologi AI Beauty v2.0 yang mana fitur ini akan berfungsi untuk menghasilkan foto selfie yang lebih berkualitas dari smartphone lain nya. Kemampuan dari fitur AI Beauty v2.0 ini adalah mampu mengenali jenis kelamin pengguna nya ketika melakukan selfie berdasarkan pada tekstur wajah nya yang akan ia deteksi di 296 titik wajah si pengguna. Bukan hanya itu saja, ia juga di suguh kan dengan fitur AR Stiker yang mana dengan fitur ini bisa menghasilkan suatu effek animasi ketika sedang melakukan selfie.

Foto selfie yang menawan di hadirkan oleh Oppo F7 ini juga di bantu berkat ada nya sensor Sony IMX576 f/2.0, sensor ini memiliki fitur HDR real time yang bisa menghasilkan foto selfie menjadi lebih baik dan detail. Dengan ada nya fitur HDR ini pun yang menjadikan nya smartphone pertama di Indonesia yang mempunyai fitur HDR tersebut. Jadi, tidak usah ragu lagi untuk anda yang mau memiliki Oppo F7 ini, karena sudah terbukti dengan kamera depan nya tersebut dapat menghasilkan foto selfie yang amat baik ketimbang brand smartphone lain nya di luar sana.

2. Performa Yang Tinggi

Performa Yang Tinggi

Smartphone F7 ini memiliki spesifikasi seperti chipset MediaTek Helio Octa Core P60 yang berkecepatan 2,2 GHz, RAM sebesar 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal dengan pilihan 128 GB atau 64 GB serta dapat di tambahkan sama microSD. Perlu kalian ketahui juga bahwa fitur AI bukan hanya ada pada kamera nya saja, tetapi juga ada AI Board yang memiliki kemampuan split screen. Dengan ada nya fitur ini akan dapat membantu anda dalam hal beraktivitas karena bisa menempatkan aplikasi favorit anda pada dua layar. Dan ada juga AI yang berfungsi untuk menempatkan foto pada kelompok nya berdasarkan lokasi pengambilan atau subjek.

Chipset MediaTek Helio P60 yang di miliki oleh smartphone Oppo F7 ini sendiri memiliki skor antutu sebesar 138606, nilai yang cukup besar untuk smartphone kelas menengah. Dari situs resmi Unbox.ph sendiri menyatakan bahwa Oppo F7 ini bisa menjalankan aplikasi dengan begitu lancar dan ada nya dukungan RAM sebesar 4 GB juga akan bisa membuat nya menjadi lebih baik dalam hal mendukung aktivitas kita sehari hari mulai dari aplikasi berat dan game hd sekalipun. Dengan ada nya varian yang mempunyai jumlah RAM lebih besar, yaitu 6 GB dan jumlah ROM sebesar 128 GB akan mampu membuat performa nya menjadi lebih unggul di harga yang dia tawar kan.

3. Layar Full Display 19:9 Serta Corning Gorilla Glass 5

Layar Full Display 19:9 Serta Corning Gorilla Glass 5

Layar penuh Oppo F7 sendiri yaitu berukuran 6,23 inch dengan resolusi Full HD+, yang memiliki desain layar memanjang dengan notch di bagian atas. Bisa kita katakan kalau F7 ini merupakan salah satu smartphone android yang mempunyai notch seperti iPhone X. Untuk layar nya dia menggunakan LTPS IPS LCD yang terlindung oleh Corning Gorilla Glass 5. Menarik nya lagi resolusi Full HD yang ia miliki lebih memanjang berkat rasio yang ia punya mencapai 19:9, oleh sebab ini lah juga ia bisa mengusung resolusi layar 2290 x 1080 pixel yang mana tentu nya itu merupakan jumlah pixel yang sangat banyak bagi sebuah ponsel.

Gadgetshow mengungkapkan kalau layar ponsel ini sangat baik walaupun memiliki resolusi pixel yang sangat banyak untuk sebuah smartphone android, dan membuat mereka tampak senang karena reproduksi warna ketika bermain game atau pun menonton video yang sangat memuaskan. Meski tingkat keterangan layar nya yang terasa cukup kurang memadai pada saat terpapar cahaya sinar matahari langsung, secara keseluruhan layar F7 ini tergolong bagus yang mana memang di optimalkan juga untuk kegunaan multimedia.

4. Face Unlock dan Finger Print

Face Unlock dan Finger Print

Kini kembali hadir dengan fitur sensor Face Unlock dan Finger Print pada seri terbaru Oppo F7. Tentu saja dengan kedua fitur tersebut akan menjadikan nya suatu hal yang unik untuk membuka layar tampilan pada android yang tidak seluruh smartphone miliki. Untuk Face Unlock nya sendiri mampu melakukan pemindaian pada wajah pengguna nya secara keseluruhan dengan akurat yang mendeteksi sebanyak 128 titik wajah. Proses pemindaian wajah nya juga tergolong cepat, yaitu hanya membutuhkan waktu sebanyak 0,08 detik agar dapat membuka layar tampilan Oppo F7. Kecepatan membuka layar tampilan dengan menggunakan sensor Finger Print nya pun sangat lah cepat, layar tampilan android akan langsung terbuka ketika jari di tempelkan pada bagian sensor Oppo F7.

5. Kamera Belakang 16 MP

Kamera Belakang 16 MP

Walaupun memiliki besar resolusi 16 MP di kamera belakang Oppo F7 ini sama dengan seri sebelum nya yaitu F5, akan tetapi dari keseluruhan hasil foto pada kamera belakang nya tersebut memiliki hasil yang lebih memukau dari seri sebelum nya Oppo F5. Kamera belakang dari Oppo F7 ini memiliki aperture f/1.8 dengan di lengkapi LED Flash yang mana hal ini akan sangat mempengaruhi keindahan hasil jepretan nya di malam hari. Pada kamera belakang nya juga di bekali dengan teknologi AI yang berfungsi untuk mendeteksi 16 scene sekaligus agar foto yang di hasilkan terlihat sangat sesuai dengan asli nya.

Kekurangan

1. Tidak Ada Flash Charge

Sama dengan seri sebelum nya F5, pada seri terbaru F7 ini tidak ada fitur VOOC Flash Charge, padahal masih ada banyak penggemar smartphone Oppo yang berharap ada nya kehadiran fitur yang satu ini pada seri terbaru nya, yang mana dengan ada nya fitur ini dapat mempercepat pengisian daya baterai pada ponsel. Tapi, perlu kalian ketahui juga kalau teknologi VOOC charger ini cukup mahal, kalau saja Oppo F7 di pasangi teknologi ini pasti akan membuat daya jual nya menjadi sedikit lebih mahal, yaitu bisa di perkirakan akan naik sekitar 5 juta lebih dari harga sebelum nya di angka 4 jutaan. Jadi dapat di simpulkan bahwa, smartphone yang satu ini tidak cocok bagi anda yang lebih suka smartphone yang memiliki fitur Flash Charge dan lebih menginginkan body yang kokoh.

2. ColorOS Yang Cukup Berat

Seri F7 ini menggunakan Android 8.0 Oreo berbasis ColorOS v5.0, tampilan ponsel ini telah menjadi ciri khas bagi Oppo yang memang membuat nya lebih cenderung mirip dengan iOS. Yang menjadi masalah adalah pada ColorOS 5.0 ini terdapat banyak fitur yang tidak penting, di mana itu akan membuat nya menjadi lebih berat. Selain itu kehadiran ColorOS ini juga membuat daya tampung penyimpanan berkurang cukup banyak, pada saat sedang di gunakan ColorOS tersebut akan memakan daya tampung memori internal sebesar 14 GB, jika jumlah memori internal kalian 64 GB berarti sisa ruang yang dapat di gunakan yaitu sebesar 50,2 GB.

Selain itu ColorOS yang terdapat pada Oppo F7 ini akan memberikan pilihan dalam penggunaan keyboard, keyboard ini di klaim agar menjaga privasi para pengguna nya ketika sedang melakukan pengetikkan. Akan tetapi, keyboard ini tidak menawarkan suatu fungsionalitas sehingga dapat membuat sistem terasa sangat berat, tentu hal ini merupakan nilai minus dari smartphone Oppo F7 ini.

Penutup

Dapat kita simpulkan bahwa Oppo seri F7 ini sangat worth it untuk di beli dengan harga sekitar 4 jutaan, terlebih untuk anda yang suka sekali melakukan selfie. Ok sekian dari saya kali ini, jangan lupa untuk share artikel ini ke semua media sosial yang anda miliki, agar dapat membantu banyak orang yang sedang kebingungan tentang informasi lebih mendalam dari Oppo F7.