Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F5 Yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F5 Yang Perlu Anda Ketahui – Beberapa bulan yang lalu Oppo telah mengeluarkan smartphone seri terbaru nya, yaitu Oppo F5, di dalam indonesia sendiri ia memiliki 3 varian warna yang berbeda. Hp seri terbaru nya ini di bekali dengan kamera depan yang begitu cerdas karena dapat membantu pengguna nya untuk menghasilkan foto selfie yang begitu nyata dan tentu nya sangat bagus. Untuk desain nya sendiri menurut saya sangat lah berbeda dari seri sebelum nya yaitu Oppo Selfie Expert, yang mana pada Oppo F5 ini mempunyai layar penuh di bagian depan nya seperti hal nya kebanyakan tren smartphone pada saat ini.

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F5 Yang Perlu Anda Ketahui

Smartphone Oppo F5 ini adalah seri Oppo yang bisa di bilang tergolong laris pada pasar indonesia saat ini, karena hp Oppo F5 tersebut memiliki daya pikat nya sendiri. Salah satu daya jual terbaik nya pada smartphone ini adalah terletak pada kualitas kamera depan nya itu sendiri, di mana sudah saya jelaskan sebelum nya bahwa kamera depan yang ia miliki mempunyai fitur yang begitu canggih untuk bisa menghasilkan foto yang amat bagus jika di banding kan dengan smartphone brand lain nya di luar sana. Selain itu, hal lain yang membuat nya banyak peminat adalah dari promosi yang begitu gencar di lakukan oleh brand yang satu ini, dan dari promosi brand ambassador Oppo juga yang memperkenalkan kebanyak publik bahwa produk Oppo F5 ini bisa menjadi pilihan untuk mereka yang suka melakukan selfie.

Sekarang kita beralih kebagian belakang, walaupun ponsel F5 ini terlihat mempunyai sentuhan akhir dengan warna metallic, namun bahan material yang di gunakan nya pun sebenar nya merupakan bahan polycarbonate. Sangat di sayang kan emang kenapa Oppo masih tetap menggunakan bahan material polycarbonate ini untuk smartphone yang bisa di bilang masuk ke harga menengah atas. Bahkan kalau di bandingkan dengan seri sebelum nya F, yaitu Oppo F3, F5 ini bisa di bilang mengalami penurunan dalam segi material sebab Oppo F3 sendiri telah menggunakan material aluminium unibody. Akan tetapi, dengan penurunan material yang di gunakan untuk bahan body smartphone nya, Oppo tidak segan segan menyebutkan bahan material yang mereka gunakan pada produk mereka yang satu ini, sehingga akan membuat konsumen secara langsung mempertimbangkan sekali lagi untuk memiliki Oppo F5 tersebut.

Baca Juga:

Keuntungan yang bisa kita dapat dari ponsel yang menggunakan bahan polycarbonate ini pada body nya adalah suhu yang di hasilkan oleh semua komponen dari dalam ponsel tidak akan terlalu terasakan oleh telapak tangan si pengguna, dan juga ketika sedang di genggam pun tidak akan terlalu terasa licin sehingga mempunyai ergonomi yang menurut saya lebih baik. Tapi, di samping itu juga Oppo telah menyediakan aksesoris hard case yang memiliki warna transparan agar dapat menambah proteksi. Perubahan yang dapat kita lihat dari Oppo F5 ini terletak juga pada bentuk sensor fingerprint nya, karena sudah tak mungkin lagi untuk Oppo meletak kan fingerprint di bagian depan layar sebab desain nya sendiri telah berubah menjadi full display.

Kekurangan Dan Keunggulan Oppo F5 Yang Perlu Anda Ketahui

Di atas tadi hanya lah keterangan singkat dari smartphone Oppo F5 ini, untuk anda yang ingin tau lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan handphone yang satu ini bisa menyimak ulasan yang sudah saya ringkas hanya untuk anda di bawah berikut.

Keunggulan

1. AI Beautify

Yang menjadikan nya banyak daya tarik para konsumen sekaligus kelebihan utama dari Oppo F5 terletak pada kamera depan nya. Penting untuk anda ketahui bahwa untuk kamera depan nya sendiri ia memiliki resolusi sebesar 20 MP, tentu dengan ada nya resolusi kamera yang besar di bagian depan menjadikan hp ini sangat cocok untuk anda yang suka sekali melakukan selfie. GSMArena menyatakan kalau hasil foto dari handphone ini memang memiliki detail yang sangat bagus, serta warna kulit yang nampak cerah secara detail dan lebih menarik dari kamera depan smartphone pada umum nya.

AI Beautify

Hasil foto selfie yang keren tersebut tidak hanya mengandalkan resolusi kamera nya semata, di sisi lain dia juga memiliki lensa canggih dari sony, yaitu Sony IMX376. Masih belum cukup, dengan menggunakan kamera beresolusi besar dan lensa yang canggih, Oppo juga menambahkan teknologi baru pada hasil foto nya, yaitu adalah “AI Beauty Recognition Technology”. Teknologi AI ini dapat membuat hasil foto menjadi lebih cantik secara nyata atau bisa di bilang terlihat alami.

2. Layar FullView Display 18:9

Layar FullView Display 18:9

Untuk ukuran layar dari seri Oppo F5 adalah layar Full View Display atau layar penuh. Di mana ia memiliki lebar 6 inc serta resolusi FULL HD+ 2.160 x 1.080 Pixel, berteknologi IPS, dan berasio 18:9 memenuhi layar depan nya. Walau pun layar Oppo F5 berukuran 6 inc, akan tetapi dari Gadgeter mengemuka kan kalau Smartphone ini mempunyai body yang berukuran sama dan tak jauh beda dengan hp berlayar 5,5 inc. Ia juga di lengkapi Corning Gorilla Glass kaca anti gores untuk meminimalisir kemungkinan akan terjadi nya gores pada layar.

3. Performa Yang Tinggi

Performa Yang Tinggi

Kenggulan smartphone yang satu ini juga di dongkrak dengan ada nya Mediatek MT6763T P23 Helio. Chipset tersebut terdiri atas bagian processor berkecepatan 2.5 GHz Octa Core cortex A53. GPU nya sendiri dia menggunakan Mali G71 yang memiliki performa yang bagus, skor nilai GPU ini pun cukup tinggi bisa kalian lihat pada gambar di atas ketika di uji menggunakan GFX 3.1 oleh GSMArena. Dengan skor tinggi yang ia miliki tersebut dapat di pastikan bisa menjalankan game berat sekelas PUBGM dan Arena of Valor dengan lancar, karena jelas seri ini merupakan sponsor dari game AOV juga.

4. Android Nougat 7.1.2 berbasis ColorOS 3.2

 

Android Nougat 7.1.2 berbasis ColorOS 3.2

Dari kebanyakan seri nya sendiri Oppo memang jarang sekali untuk melakukan update terhadap android nya, dan lebih sering mengutama kan memodifikasi ROM ColorOS. Untuk itu bisa di bilang pada seri F5 ini merupakan hal yang menarik karena mereka sendiri telah mengubah sistem operasi nya menjadi Android 7.1.2 Nougat berbasis ColorOS 3.2. Pada android v7.1.2 dan ColorOS 3.2 tersebut juga telah hadir banyak fitur baru di sediakan, seperti hal nya dengan mode Dual Split yang mana dengan menggunakan mode ini memungkinkan para pengguna nya untuk membuka dua aplikasi sekaligus serta memainkan nya di dalam satu layar, sungguh suatu hal yang menarik bukan.

5. Kamera Belakang 16 MP

Kamera Belakang 16 MP

Tak kalah dari kamera depan nya, Oppo F5 ini mempunyai kamera belakang beresolusi 16 MP di lengkapi aperture f/1.8 dan juga Flash LED yang bisa di gunakan untuk mempercantik hasil foto. Selain itu, kamera ini juga dapat menghasilkan background blur atau bokeh dengan cepat. Walau pun kamera belakang nya tidak memiliki resolusi sebesar kamera depan 20 MP, tapi hasil nya sangat memuaskan pada kelas nya. Forum GSMARena mengatakan dari hasil review nya bahwa foto yang di hasil kan oleh kamera belakang ini cukup detail, dari segi warna juga natural dan indah seperti bisa kalian lihat pada gambar di atas. Di saat digunakan pada tempat yang minim akan cahaya nya pun masih tetap menghasilkan foto yang sangat memanjakan mata.

6. Fitur Fingerprint dan Facial Unlock

Fitur Fingerprint dan Facial Unlock

Berbeda dengan seri sebelum nya Selfie Expert, pada smartphone Oppo F5 ini sudah di bekali dengan sensor Fingerprint pada bagian belakang body, karena sudah seperti yang kita tau kalau pada bagian depan nya sendiri tidak memungkinkan untuk di pasang Fingerprint. Untuk akses scan nya juga begitu cepat, ketika jari kita di tempelkan pada sensor maka tampilan android akan langsung terbuka. Selain fitur Fingerprint, ada satu lagi fitur unik yang tersedia pada handphone satu ini, yaitu sebuah Facial Unlock. Hal yang tergolong unik hanya untuk membuka layar tampilan smartphone nya, ia bisa melakukan pemindaian begitu cepat pada wajah pengguna nya dengan mendeteksi pada 128 titik wajah.

7. Harga Worth It Untuk di Beli

Harga Worth It Untuk di Beli

Untuk versi ROM 32 GB + RAM 4 GB di jual dalam Indonesia mulai dari harga RP.3.999.000, dan untuk ROM 64 GB + RAM 6 GB di jual pada pasar Indonesia berkisar dari harga Rp.5.199.000. Selain itu juga ada varian terbaru dari versi Oppo F5 ini, yaitu Oppo F5 Youth. di mana ia memiliki spesifikasi seperti ROM 32 GB, Kamera Belakang 13 MP, Kamera Depan 16 MP, Dan RAM 3 GB pada kisaran harga Rp.3.400.000.

Kekurangan

1. Video Hasil Kamera Belakang Standar

Sekarang kita akan membahas kekurangan dari smartphone yang satu ini, salah satu kekurangan nya adalah terletak pada hasil foto kamera belakang yang tergolong standar. Anda tidak akan bisa merekam video dengan menggunakan resolusi 4K seperti hal nya yang di tawarkan oleh Oppo F3 Plus. Selain itu kekurangan nya juga terletak pada opsi pengaturan kamera yang minim, tidak banyak yang bisa anda atur dengan kamera nya, dan fitur AI Beauty tidak akan selalu menghasilkan foto sesuai harapan. Ada waktu nya teknologi buatan tersebut gagal dalam hal memberikan hasil yang optimal, namun jika anda ingin mencari yang lebih sempurna bisa langsung melirik seri F terbaru nya, yaitu Oppo F7.

2. Body Smartphone Bermaterial Polycarbonat

Menurut saya pribadi Oppo seharus nya dapat menawarkan body yang lebih solid dan tampak cantik, namun sangat di sayangkan hal tersebut tidak terjadi pada Oppo F5 ini. Karena dia menggunakan body dengan material polycarbonat itu lah yang menjadi salah satu kekurangan nya, yang mana dalam penggunakan bahan tersebut akan membuat si F5 ini terlihat seperti murahan karena material plastik tersebut. Sebetul nya dalam penggunaan polycarbonat untuk body hp tidak lah menjadi masalah yang begitu besar, sebab jaman sekarang ini kebanyakan orang memang lebih memilih memasangkan double case pada smartphone mereka agar terlihat lebih cantik dan menambah perlindungan kalau ada hal yang tidak di inginkan terjadi. Akan tetapi masih saja walaupun begitu akan membuat nya tidak begitu elegan dalam bentuk desain yang seperti itu di kelas low end.

Penutup

Ok, dengan membaca rangkuman di atas akan membuat anda jauh lebih mengerti tentang kekurangan dan kelebihan pada smartphone tersebut, jadi tidak usah bingung lagi untuk meyakinkan diri anda membeli hp Oppo F5. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke dalam akun sosial media yang kamu punya yaa.