Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Android

Kartu SIM Tidak Terbaca di HP – Fungsi utama dari HP sebenarnya adalah sebagai alat komunikasi. Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jauh melalui suara atau tulisan yang dikirim melalui layanan SMS. Untuk melakukan komunikasi ini sendiri kita butuh yang namanya karu SIM dari provider jaringan. Di Indonesia sendiri ada beberapa provider seluler yang menyediakan kartu SIM untuk HP, seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, 3, Smartfren dan lain sebagainya.

Kartu SIM Tidak Terbaca di HP
Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

Pada setiap kartu SIM memiliki nomor unik yang menjadi identitasnya, di mana melalui nomor inilah nanti kita bisa saling berkomunikasi dari jarak yang jauh. Menelpon atau SMS tidak bisa dilakukan jika para kartu SIM belum tersedia pulsa atau paket nelpon dan SMS yang dimiliki. Begitu pun untuk soal chattingan online lewat aplikasi, pada kartu harus terisi kuota data agar bisa terhubung. Meskipun bisa juga menghubungankan HP ke jaringan wifi agar bisa mengakses internet dan melakukan komunikasi lewat aplikasi chatting online.

Baca Juga:

Berbicara mengenai SIM card atau kartu SIM, terkadang ada masalah yang dialmi oleh pengguna. Salah satunya yang cukup sering dialami adalah kartu SIM yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh HP. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab SIM card tidak terbaca di HP android tersebut. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara untuk memperbaiki masalah kartu SIM tidak terbaca di HP tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah SIM card tidak terdeteksi di smartphone, terlebih dahulu kamu ketahui apa saja yang menjadi penyebab masalah ini. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah melakukan perbaikan dan sekaligus mencegah agar masalah tersebut tidak terulang lagi.

Adapun beberapa penyebab SIM card tidak terbaca di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. SIM Card Rusak atau Patah

Penyebab utama kartu SIM tidak terbaca oleh HP yakni karena komponen pada kartu tersebut yang sudah rusak, khususnya pada bagian kuningannya. Bisa saja karena tergores benda tajam sehingga membuat kuningannya rusak, bahkan pecah.

Mungkin juga saat kamu ingin memotong SIM card standar menjadi mini SIM, micro SIM atau Nano SIM. Saat memotongnya, ternyata kuningan pada SIM card juga ikut terpotong. Selain itu, usia penggunaan SIM card juga bisa menjadi penyebab lain kenapa kartu tersebut tidak terbaca oleh HP.

2. HP Overheat

Menggunakan HP dalam waktu lama tentu akan membuat suhunya semakin meningkat, bahkan mengalami overheat. Akan lebih parah lagi jika Anda memainkan HP sambil dalam keadaan mengecas. Aliran listrik yang keluar masuk akan membuat suhu panas di HP meningkat drastis.

HP yang mengalami overheat biasanya akan menyebabkan masalah error pada HP, baik pada software maupun hardware. Hal ini juga bisa berpengaruh pada port kartu SIM, di mana kartu SIM yang terpasang justru tidak terdeteksi oleh HP.

3. SIM Card Terblokir

Mungkin karena kamu lupa memperpanjang masa aktif kartu hingga kartu yang sudah ada dalam masa tenggang akhirnya terblokir. Sudah pasti kartu SIM yang terblokir ini tidak bisa lagi kamu gunakan, dan HP tidak bisa mendeteksinya.

4. Port SIM Card Bermasalah

Penyebab lainnya juga bisa dari HP itu sendiri, lebih tepatnya pada bagian slot SIM Card. Bisa jadi pada slot SIM card tersebut terdapat banyak debu atau kotoran yang menumpuk sehingga tidak bisa membaca SIM card. Atau bisa juga karena jarum di dalam slot SIM card bengkok atau bahkan patah.

5. Sistem Android Crash

Dan penyebab kartu SIM tidak bisa dibaca di HP yang terakhir yakni karena adanya bug atau crash pada sistem android. Tidak hanya mengganggu sistem pembacaan pada SIM card, bug juga sering menjadi penyebab utama error pada perangkat android.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Adroid

Kartu SIM Tidak Terdeteksi di HP
Kartu SIM Tidak Terdeteksi di HP

Sudah mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab HP tidak bisa membaca SIM card, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah kartu SIM yang tidak bisa terbaca di HP android ini, di antaranya:

1. Matikan HP dan Diamkan Sejenak

Cara yang pertama yakni kamu perlu mematikan HP android milikmu dan mengistirahatkannya selama beberapa waktu. Cara ini akan meminimalisir suhu panas yang berlebih alias overheat pada HP. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam lamanya.

Dalam keadaan mati, kamu juga perlu mencabut baterai, SIM card dan juga SD card yang terpasang di dalamnya. Jika sudah dirasa cukup, sekarang kamu pasang lagi komponen tadi dan hidupkan HP seperti biasa.

2. Membersihkan Slot SIM card

Selain itu, kamu juga perlu memastikan slot SIM card di HP dalma keadaan bersih. Jangan sampai ada kotoran atau debu yang masuk ke dalamnya, di mana ini akan mengganggu fungsinya sehingga tidak bisa membaca SIM card.

Membersihkan slot kartu SIM di HP bisa menggunakan jarum atau vacuum cleaner (penyedot debu mini). Lakukan secara hati-hati agar tidak merusak komponen sensitif di dalam port tersebut.

3. Membersihkan SIM Card

Mungkin juga pada SIM card terdapat debu atau kotoran yang menempel sehingga membuatnya tidak terbaca oleh HP. Untuk membersihkannya tidak boleh sembarangan, dikarenakan kuningan pada SIM card yang sifatnya sensitif.

Agar aman kamu bisa menggunakan karet penghapus pensil untuk membersihkan bagian kuningan pada SIM card tersebut. Selain membasmi kotoran dan debu, cara ini juga bisa menghilangkan goresan yang ada di SIM card.

4. Mengganti SIM Card Baru

Untuk cara yang keempat ini bisa dilakukan jika keadaan sudah tidak memungkinkan untuk menggunakan SIM card yang tidak terdeteksi oleh HP tersebut. Misalnya saja SIM card yang sudah terblokir oleh provider, kuningan SIM card rusak karena usia, atau juga kuningan SIM card patah dan rusak.

Untuk masalah ini kamu bisa datang ke Gerai Resmi provider kartu SIM yang kamu gunakan. Biasanya mereka akan memberikan kartu SIM baru dengan nomor yang sama selama masih memungkinkan untuk digunakan.

5. Update OS Android ke Versi Terbaru

Mungkin saja yang menjadi penyebab utamanya karena OS Android yang digunakan di HP-mu sudah lawas sehingga perlu diperbarui ke versi terbaru. Sebagian besar brand biasanya akan memberikan update OS rutin pada setiap tipe smartphone besutannya, baik itu tipe lama maupun keluaran terbaru.

Untuk mengaupdate OS Android ke versi terbaru, caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Unduh dan Instal >> instal versi OS Android baru jika memang tersedia.

6. Melakukan Factory Reset

Bug atau crash pada sistem android juga bisa menjadi penyebab SIM card tidak bisa terbaca di HP. karena itulah, untuk mengatisanya kamu bisa melakukan factory reset atau hard reset. Sebaiknya kamu lakukan backup data penting terlebih dahulu, karena melakukan cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal secara permanen.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama matikan HP seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan lagi dengan tekan dan tahan tombol Power + Volume Up/Down selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Menu Recovery Mode.
  • Pada halaman tersebut kamu pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol Power untuk eksekusi dan tombol Volume untuk navigasi pilihan.
  • Konfirmasi penghapusan data dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, kemudian pilih Reboot System Now.
  • Selesai.

7. Bawa ke Tukang Service HP

Dan cara terakhir untuk mengatasi masalah HP tidak bisa membaca SIM card yakni dengan membawanya ke tukang servis. Mungkin ada kerusakan yang terjadi pada komponen slot SIM card sehingga perlu ditangani lebih lanjut. Jika memungkinkan, slot SIM card akan diganti dengan komponen baru agar bisa berfungsi normal kembali.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP android yang mudah dan ampuh beserta penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini