Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP Android

141
Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Kartu SIM Tidak Ada Layanan – Baik pada HP android lama maupun keluaran baru, kartu SIM menjadi salah satu komponen penting yang harus ada. Kartu SIM dari provider ini berguna untuk sarana berkomunikasi dengan pengguna HP lain. Pada kartu SIM biasanya memiliki nomor identitas berupa sekumpulan nomor dengan jumlah digit 10 hingga 12, namun umumnya terdiri dari 12 digit. Melalui nomor HP dari kartu SIM yang digunakan tersebut kita dapat melakukan telepon atau panggilan, mengirim pesan atau chat hingga melakukan video call. Nomor HP juga sering dijadikan sebagai pelengkap keamanan dari perangkat, misalnya untuk menerima kode OTP sebagai verifikasi saat mengakses akun Google di HP android.

Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Kita tahu kalau HP android tidak akan berfungsi maksimal, jika tanpa dihubungkan ke jaringan internet. Dan salah satu cara untuk bisa mendapatkan koneksi internet adalah dengan menggunakan kuota data yang diisikan ke kartu provide / kartu SIM. Kuota data ini sendiri dapat kita beli dengan mudah menggunakan berbagai metode, mulai dari membelinya di konter pulsa dan paket data, lewat aplikasi resmi provider, lewat platform pihak ketiga dan lain sebagainya. Kuota data atau kuota internet ini biasanya memiliki kapasitas yang terbatas, dan jika sudah habis kuotanya maka kita perlu mengisi ulang agar tetap bisa mengakses internet. Selain itu, alternatif lain untuk bisa terhubung ke internet adalah dengan menyambungkan HP ke jaringan wifi.

Baca Juga:

Berbicara mengenai kartu SIM yang dipasang di HP android, ada kalanya kartu tersebut memiliki masalah saat digunakan. Salah satunya adalah muncul pemberitahuan bahwa tidak ada layanan yang terdeteksi. Ini menandakan bahwa kartu SIM yang terpasang di HP tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi semacam ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, apa pun penyebab dari masalah pada kartu SIM di HP tersebut, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasinya. Mengenai cara memperbaiki kartu SIM tidak ada layanan di HP android selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP Android

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Sebelum lanjut ke cara mengatasi kartu SIM di HP tidak ada layanan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkannya. Mengetahui hal ini nantinya akan memudahkan kita dalam melakukan perbaikan, sekaligus dapat dijadikan cara untuk mencegah masalah yang sama agar tidak dialami lagi. Adapun beberapa penyebab tidak ada layanan pada kartu SIM di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Kartu SIM Rusak. Khususnya pada bagian kuningan kartu SIM yang terkelupas, tergores atau kondisi rusak lainnya sehingga tidak bisa terbaca oleh HP.
  2. Kesalahan Mengatur Jaringan di HP. Mungkin pengguna melakukan pengaturan pada jaringan di HP sehingga membuat kartu SIM tidak bisa digunakan atau tidak muncul layanan.
  3. Server Pusat Provider Bermasalah. Ini berhubungan dengan sinyal yang dipancarkan oleh provider jaringan, yang mana HP tidak dapat mendeteksinya sehingga muncul tulisan tidak ada layanan atau tidak ada jaringan. Baik karena sedang dalam perbaikan server, jangkauan sinyal operator lemah dan lain sebagainya.
  4. Bug pada Sistem Android. Bug atau error kerap kali terjadi pada sistem operasi android, termasuk juga berdampak pada jaringannya.
  5. Port Kartu SIM di HP Bermasalah. Bukan hanya kartu SIM saja, tidak ada layanan pada HP juga bisa dikarenakan slot kartu SIM yang bermasalah sehingga tidak bisa membaca kartu SIM yang dimasukkan.
  6. Pengaturan APN yang Salah. Mengatur ulang APN bertujuan untuk mempercepat sinyal di HP. Namun, terkadang hal ini justru dapat membuat koneksi jaringan di HP bermasalah, bahkan tidak dapat tersambung sama sekali.
  7. IMEI Terblokir. Sekarang sedang marak pemblokiran IMEI HP yang belum terdaftar di KOMINFO. Pemblokiran yang dilakukan membuat HP tidak dapat dipasangkan kartu SIM apa pun.

Dari beberapa penyebab di atas bisa kita jadikan langkah untuk memudahkan perbaikan masalah tidak ada layanan di HP tersebut. Sekaligus juga kita dapat memberikan pencegahan agar masalah yang sama tidak terulang lagi.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP Android

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah jaringan di HP yang tidak ada layanan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara pertama bisa kamu lakukan untuk memunculkan jaringan operator di HP android adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan memperbarui jaringan di HP dan melakukan pendeteksian ulang.

Biasanya setelah dilakukan restart, berbagai masalah error ringan di HP akan segera teratasi. Selain itu, performa kinerjanya juga lebih cepat dan responsif.

2. Gunakan Mode Pesawat atau AirPlane Mode

Selain restart, kita juga bisa memanfaatkan fitur AirPlane Mode untuk merestart jaringan di HP. Cukup usap layar dari atas ke bawah untuk membuka Quick Panel, kemudian klik pada ikon Mode Pesawat untuk mengaktifkannya.

Biarkan beberapa saat, kemudian matikan lagi Mode Pesawat tersebut. HP akan melakukan pencarian ulang pada jaringan operator sesuai kartu SIM yang digunakan. Biasanya masalah kartu operator tidak ada layanan, sekarang sudah teratasi.

3. Bersihkan Kartu SIM

Mungkin saja karena ada kotoran yang menempel di tembaga atau kuningan kartu SIM, sehingga membuatnya tidak dapat terbaca oleh HP. Untuk itu, keluarkan kartu SIM dari portnya, lalu bersihkan menggunakan karet penghapus pensil.

Jika sudah, selanjutnya kamu pasang kembali kartu SIM tersebut ke port kartu SIM yang ada di HP. Biasanya kartu SIM akan langsung terdeteksi dan masalah tidak ada layanan sudah teratasi.

4. Mencari Ulang Jaringan Secara Manual

Tidak ada layanan atau tidak ada jaringan di HP bisa karena jangkauan sinyal operator yang lemah. Untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan mencari ulang jaringan operator secara manual di HP android. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Kartu SIM & Data Seluler.
  3. Selanjutnya pilih SIM1 atau SIM2 yang ingin dicari secara manual jaringannya.
  4. Kemudian pilih opsi Operator.
  5. Matikan pencarian jaringan otomatis dengan menggeser tombl slider yang ada di sebelah opsi Pilih Otomatis.
  6. Kemudian lakukan pencarian secara manual. Jika sudah ketemu jaringan operatornya, pilih dan gunakan.
  7. Selesai.

5. Mengembalikan Pengaturan APN ke Default

APN bisa diibaratkan sebagai jembatan agar HP dapat terhubung ke jaringan operator. Jika settingan APN-nya salah, tentunya HP tidak akan dapat terhubung dan jaringan di dalamnya tidak terdeteksi alias tidak ada layanan. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengembalikan pengaturan APN di HP ke default.

Untuk mengatur ulang APN ke default di HP android tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Kartu SIM & Data Seluler.
  3. Lalu pilih SIM1 atau SIM2 yang ingin diubah pengaturan APN-nya.
  4. Selanjutnya pilih opsi Nama Akses Poin atau Access Poin Name.
  5. Lalu tambahkan APN baru dengan settingan APN default sesuai kartu operator yang kamu gunakan, dan simpan.
  6. Selesai.

6. Cek Port Kartu SIM di HP

Kartu SIM tidak ada layanan di HP android mungkin juga dikarenakan port kartu SIM di HP yang bermasalah atau rusak. Untuk mengeceknya bisa mencoba memasangkan kartu SIM yang normal dan bisa digunakan di HP lain.

Jika ternyata sama kartu SIM tidak bisa terdeteksi, kemungkinan besar hal ini dikarenakan port kartu SIM pada HP yang rusak.

7. Mendaftarkan IMEI HP

IMEI tidak terdaftar bisa jadi karena HP android milikmu merupakan HP BM atau ilegal. Dalam kondisi ini IMEI-nya akan terblokir sehingga tidak bisa menggunakan kartu SIM di dalamnya. Untuk terhubung ke jaringan internet hanya bisa dengan menggunakan jaringan wifi saja.

Mengatasi masalah ini kamu bisa mendaftarkan IMEI HP agar bisa mengakses data seluler. Di internet ada banyak penyedia jasa pendaftaran IMEI HP tersebut, kamu bisa mencarinya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki kartu SIM tidak ada layanan di HP android yang paling ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Menghapus Duplikat Kontak di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini