6 Jenis Anti Gores Smartphone dan kelebihannya

6 Jenis Anti Gores Smartphone dan Kelebihannya Smartphone mempunyai fungsi dan kemampuan tingkat tinggi, yang sangat di perlukan pada zaman sekarang ini. Dalam membeli smartphone biasanya yang menjadikan faktor pertimbangan adalah kamera, baterai, memori dan lainnya. Terkadang layar tidak menjadi perhitungan untuk membeli smartphone, padahal layar sangat penting untuk di jadikan pertimbangan. Layar smartphone merupakan bagian sangat penting yang harus di rawat dan di jaga. Karena layar smartphone memiliki fungsi sebagai penghubung antara smartphone dan penggunanya.

6 Jenis Anti Gores Smartphone dan kelebihanya

Dengan layar smartphone kita bisa menggunakan smartphone dengan sempurna dan bisa menggunakan semua fitur yang terdapat di smartphone. Apa lagi di zaman teknologi yang sangat maju seperti ini smartphone sudah hadir dengan layar sentuh. Layar sentuh memiliki ancaman untuk smartphone karena bisa menyebabkan adanya goresan. Kondisi seperti itu akan membuat peluang layar menjadi hancur atau retak ketika smartphone jatuh. Layar yang retak memiliki beberapa resiko bahkan resiko nya berbahaya bagi kesehatan. Misalnya saja melukai jari kita, gangguan mata karena layar tidak dapat di lihat dengan utuh dan memiliki radiasi lebih besar.

Baca Juga:

Semahal apapun harga smartphone yang kita miliki kalau layar nya retak, maka smartphone tidak bisa di gunakan secara maksimal. Karena layar yang sudah retak mengakibatkan respon layar ketika di sentuh menjadi menurun. Layar smartphone juga memiliki bermacam-macan jenis dengan segala fiturnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi keretakan pada layar, karena produsen smartphone sudah menemukan solusi yaitu pelindung layar untuk smartphone. Fungsi dari pelindung layar ini adalah tentunya melindungi layar dari keretakan, goresan dan kotoran yang bisa mempel di layar. Dengan menggunakan pelindung layar, kamu bisa melindungi bagian layar LCD dari sinar matahari dan debu.

6 Jenis Anti Gores Smartphone dan kelebihannya

Layar menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari smartphone. Maka dari itu memakai aksesoris anti gores atau screen protector adalah hal yang wajib di pakai oleh para pengguna smartphone. Di artikel kali ini akan membahas tentang jenis anti gores smartphone dan kelebihanya masing-masing. Dengan membaca artikel ini kamu akan terbantu dalam memilih anti gores yang tepat untuk smartphone.

1. Gorilla Glass

Anti gores yang pertama ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone, yaitu gorilla glass. Gorilla glass memiliki lapisan yang melindungi layar smartphone dari benturan atau goresan dan sangat nyaman untuk di pakai. Gorilla Glass di ciptakan oleh perusahaan kaca corning, yang sedang melakukan eksperimen dengan kaca. Coning juga meluncurkan pelindung kaca terbaru yaitu Gorilla glass Victus yang memiliki daya tahan jauh lebih kuat dan kokoh. Jenis satu ini memiliki daya taha benturan dari ketinggian 2 meter dan pastinya kuat terhadap goresan.

Gorilla Glass

Gorilla glass sudah di percayai oleh pengguna untuk menjadi pelindung atau anti gores di layar smartphone. Selain itu, ia memiliki kelebihan yaitu bisa menahan tekanan hingga 120 pound atau sama dengan 54 kg dan gorilla glass juga berbahan lebih tipis dari kaca biasa tapi dengan kekuatan yang sangat kuat. Jika kamu mencari pelindung atau anti gores layar dengan banyak kelebihan dan ramah di kantong kamu wajib menggunakan gorilla glass.

2. Dragontrail Glass

Jenis ini bisa di katakan sebagai saingan terberat dari gorilla glass. Dragontrail glass muncul dengan membuat teknologi kaca anti gores menjadi lebih inovatif dan kompetitif yang akan menguntungkan konsumen itu sendiri. Dragontrail glass yang di produksi oleh Asahi Glass Company ini, memiliki daya tahan yang sangat tinggi dan bisa bertahan walaupun dalam keadaan yang ekstrim. Anti gores jenis ini banyak di jumpai di produk smartphone asal negara tiongkok.

Dragontrail Glass

Dalam percobaan untuk mengetahui ketahanan Dragontrail adalah dengan menggunakan kunci untuk menggoresnya dan palu. Terdapat kelebihan dari dragontrail glass ini memiliki kekuatan yang super yaitu bisa menahan beban sampai 60 kg. Selain kekuatan, ketebalan menjadi hal yang sangat penting, Dragontrail glass ini memiliki ketebalan kaca cuman 1mm. Ketebalan kaca bisa mempengaruhi sensitivitas pada layar dan penggunanya.

3. Tempered Glass

Tempered Glass ini terbuat dari kaca float yang melalui proses pemanasan, yang mana kaca di panaskan sampai lunak lalu di dinginkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jenis ini juga memiliki kaca dengan kualitas tinggi ,yaitu kekuatan 4 sampai 5 lebih baik dari tekanan bahkan perubahan suhu yang ekstrim. Tempered Glass ini cocok sekali untuk kamu yang memilik smartphone sensitif atau gampang sekali pecah. Kaca yang di miliki anti gores ini juga ketika pecah akan berubah menjadi pecahan yang sangat kecil tapi tidak tajam, jadi sangat aman dan tidak akan menyebankan cedra yang serius.

Kelebihan dari anti gores tempered glass ini adalah memiliki kaca yang memenuhi standar ASTM C1048 yang memiliki minimal tekanan permukaan 10000 psi. Tempered Glass juga memiliki kekuatan thermal yaitu ketika permukaan kaca di kenai sinar matahari langsung akan terjadi pemanasan. Pemanasan itu tidak merata di permukaan, biasanya di bagain tengah kaca yang memanas lebih cepat. Jika pemanasan mencapai batas, tempered glass mempunyai kekuatan tepi sangat baik yang bisa nengurangi terjadinya pecahan.

4. Concore Glass

Concore glass di produksi oleh perusahaan corning yang juga merupakan perusahaan yang memproduksi gorilla glass. Walaupun di perusahaan yang sama, tapi concore glass memiliki perbedaan yaitu anti gores ini berjenis OGS (One Glass Solution) . OGS merupakan teknologi layar, yang mana kaca pelindung dan perangkat sentuh telah teintegrasi sehingga tidak ada ruang udara antara LCD dan kaca pelindung. Concore glas berjenis OGS juga membuat layar terlihat lebih tipis dan berwarna karena tidak ada tambahan lapisan yang di letakkan di atas layar seperti Gorilla Glass.

Kelebihan dari concore glass ini adalah memiliki tampilan yang jelas sehingga meningkatkan pembacaan dan warna yang hidup serta kontras yang lebih baik. Kaca concore glass memiliki tampilan layar jauh lebih tipis sehingga anda terasa seperti menyentuh layar tanpa ada terasa terlapisi oleh sesuatu. Tetapi memang concore glass tidak selaris gorilla glass, karena kaca yang di pakai concore glass lebih mahal.

5. Sapphire Glass

Anti gores yang satu ini terbuat dari bahan kristalisasi Aluminium, material ini terkuat kedua setelah berlian. Sapphire Glass butuh waktu produksi 4.000 kali lebih lama dibanding Gorilla Glass. Sapphire glass sendiri bukan pertama kalinya dipakai sebagai bahan di komponen produk Apple. Jenis ini lebih mahal dan 1,6 lebih berat, karena membutuhkan 100 kali lipat energi lebih banyak untuk memproduksi kristal.

Kelebihan dari sapphire glass ini adalah kualitasnya. pelindung layar dari bahan safir mempunyai daya tahan tekanan lebih baik dari pada gorilla glass. Dalam skala Mohs 1-10 lebih besar lebih kuat, layar pelindung dari safir ini mempunyai skor 9 hal itu menunjukkan layar pelindung safir memiliki kekuatan. Kecerahan sapphire glass ini adalah 1,76, hal ini membuat layar sapphire glass lebih mudah untuk dilihat dalam segala kondisi cahaya.

6. Anti Spy

Anti gores yang terakhir ini adalah Anti spy yang di buat dari bahan yang tebal sehingga bisa membuat anti gores jenis ini terlihat buram. Kelebihan Anti spy ini selain untuk menghindari goresan bisa juga untuk melindungi privasi kamu saat menggunakan smartphone. Layar yang menggunakan anti spy akan membuat layar di lihat secara lurus dari depan sekitar 90 derajat, sehingga orang yang di samping kamu tidak bisa melihatnya. Menggunakan Anti spy ini harus bisa mengatur posisi kecerahan layar, kalau terlalu terang akan membuat baterai menjadi cepat habis.

Penutup

Itulah 6 jenis anti gores smartphone dan kelebihannya yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih anti gores. Jika anda penasaran dengan review lengkap dari salah satu tipe kaca anti gores di atas bisa melihatnya melalui Youtube ya. Jangan lupa share artikel ini dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini