Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi

93
Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi
Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi

Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi – Siapa yang tidak kenal dengan brand Xiaomi? Hampir semua pecinta smartphone pasti sudah sangat mengenal merek smartphone asal China satu ini. Xiaomi terkenal dengan produk smartphonenya yang ditawarkan dengan banderol harga yang sangat murah. Bahkan ada beberapa seri HP bagus dari Xiaomi yang dijual dengan harga di bawah Rp 1 juta saja. Karena harganya yang gila-gilaan ini membuat para kompetitor Xiaomi mau tidak mau juga harus menurunkan harga smartphone terbarunya agar tidak kalah bersaing.

Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi
Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi

Meskipun dijual dengan harga yang sangat murah, namun HP dari Xiaomi punya kualitas yang bagus. Spesifikasi yang diusungnya terbilang cukup mumpuni sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsif. Berbagai aktivitas berat bahkan bisa dilibas dengan mudah oleh HP Xiaomi tersebut. Tidak lupa juga tambahan fitur canggih di dalamnya yang semakin memanjakan para penggunanya. Fitur-fitur ini dihadirkan tidak lain untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna sehingga lebih terbantu.

Baca Juga:

Meskipun punya kualitas bagus, namun bukan berarti HP Xiaomi tidak pernah mengalami masalah error. Tetap saja ada kondisi di mana HP Xiaomi mengalami error, salah satunya jaringannya yang tidak muncul. Hal ini tentunya akan membuat HP tidak bisa digunakan secara maksimal, mengingat sebagian besar aktivitas pada HP membutuhkan jaringan internet. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan tidak muncul di Xiaomi terebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Masalah Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi

HP Xiaomi yang tidak bisa memunculkan jaringan operator ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu faktor kesalahan pengguna, provider, maupun bug pada sistem HP itu sendiri. Apapun penyebabnya, yang terpenting di sini adalah bagaimana untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak mau muncul di Xiaomi tersebut.

Adapun beberapa penyebab jaringan tidak muncul di HP Xiaomi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Suhu HP terlalu panas atau overheat sehingga menyebabkan jaringan error. Suhu panasnya yang meningkat ini bisa disebabkan karena HP digunakan dalam waktu lama, serta memainkannya sambil dicharging.
  • Terlalu banyak cache atau sampah yang menumpuk di RAM yang akhirnya menyebabkan error pada jaringannya.
  • Sedang terjadi gangguan pada jaringan operator seluler, baik itu karena cuaca buruk, perbaikan jaringan atau yang lainnya.
  • Kartu SIM yang digunakan bermasalah. Mungkin karena ada kotoran yang menempel, terdapat goresan, atau juga kartu SIM rusak sehingga tidak dapat terbaca oleh HP.
  • Port kartu SIM bermasalah, seperti kotor, jarumnya bengkok atau patah, sambungannya putus, terdapat karat atau yang lain sebagainya.
  • Melakukan penguncian jaringan 4G atau lock 4G LTE Only.
  • Belum update OS Android di HP Xiaomi, dalam hal ini adalah MIUI.
  • Terdapat bug atau error pada sistem HP.

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Xiaomi

Jaringan Tidak Muncul di HP Xiaomi
Jaringan Tidak Muncul di HP Xiaomi

Mengetahui beberapa penyebab di atas tentunya akan mempermudah kamu dalam hal memperbaiki masalah jaringan yang hilang di Xiaomi. Ada beberapa cara memang yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, di mana caranya ini bisa disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada Xiaomi. Adapun cara mudah mengatasi jaringan tidak muncul di Xiaomi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengtur Mode Jaringan Seluler di Xiaomi

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah tidak muncul jaringan operator di Xiaomi yakni dengan mengubah mode jaringan seluler. Mungkin saja saat ini kamu menerapkan lock jaringan 4G LTE only pada HP Xiaomi milikmu. Dan kebetulan di lokasimu berada belum tercover jaringan 4G, yang ada hanya sinyal 2G dan 3G. Meskipun ada sinyal 4G, tetapi sangat lemah bahkan cenderung tidak terdeteksi.

Sebaiknya kamu ganti mode jaringannya tersebut ke mode otomatis. Mengaktifkan mode otomatis akan membuat HP bisa menentukan sendiri mana jaringan operator yang paling kuat di lokasimu saat ini. Untuk mengubah mode jaringan di HP Xiaomi tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Jaringan.
  • Pilih opsi Mode Jaringan.
  • Sekarang kamu ubah mode jaringannya tersebut ke 2G/3G/4G (Otomatis).
  • Selesain.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Alterntif kedua yakni dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Swipe layar dari atas ke bawah, kemudian aktifkan Mode Pesawat yang ada di menu bar. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Dengan demikian HP akan secara otomatis memperbarui jaringan dengan melakukan pendeteksian ulang.

Cara ini disebut juga dengan merestart jaringan HP, di mana pencarian jaringan akan dilakukan setelah Mode Pesawat dimatikan lagi. Meskipun simpel, namun cara ini cukup efektif dalam mengatasi masalah jaringan atau sinyal.

3. Restart HP Xiaomi

Melakukan restart HP Xiaomi diklaim akan membantu mengatasi berabagai masalah error ringan yang terjadi, termasuk juga masalah jaringan operator yang tidak muncul. Hampir sama seperti cara di atas, namun kali ini yang direstart adalah semua sistem android. File cache yang menumpuk di RAM juga akan dihapus sehingga masalah error akan teratasi.

Dikarenakan ruang RAM yang kembali kosong, hal ini juga akan membantu smartphone menjadi lebih cepat performa kinerjanya.

4. Mendiamkan HP Selama Beberapa Waktu

Kamu juga bisa mendiamkan HP selama beberapa waktu untuk mengembalikan performanya. Cara ini bisa dilakukan jika HP sudah terlalu lama kamu operasikan dan dalam kondisi ini suhu panasnya terbilang sangat tinggi.

Cobalah untuk melepas kartu SIM pada HP dan matikan HP Xiaomi selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Hidupkan lagi jika sudah melebihi waktu tersebut, biasanya HP akan normal kembali.

5. Periksa SIM Card dan Slot SIM Card di HP

Cara lainnya yakni dengan memeriksa apakah SIM card yang kamu gunakan dalam keadaan baik atau tidak. Jika terdapat goresan atau kotoran yang menempel pada bagian kuningan SIM card, maka kamu perlu membersihkannya. Bukan menggunakan tisu, melainkan menggunakan karet penghapus pensil dengan cara menggosokkannya secara perlahan pada kuningan. Namun, jika kuningannya patah atau rusak, tidak ada cara lain selain mengganti kartu SIM baru.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa slot kartu SIM pada HP Xiaomi. Bersihkan lubang slot jika terdapat banyak debu atau kotoran di dalamnya. Pastikan juga jarum pada slot tidak bengkok atau patah.

6. Update MIUI ke Versi Terbaru

Mendapatkan update versi MIUI terbaru, namun kamu tidak memasangnya di perangkat Xioami milikmu? Mungkin inilah yang menjadi penyebab utama jaringan HP tidak muncul atau error. Bisa jadi terdapat bug pada sistem android sehingga tidak bisa menjalankan fungsi jaringan dengan baik.

Periksa apakah ada versi terbaru MIUI untuk tipe HP Xiaomi milikmu melalui menu Pengaturan atau situs resmi Xiaomi. Untuk melakukan update MIUI tersebut, yakni:

  • Kamu download dulu versi MIUI terbaru yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi milikmu melalui LINK INI. File MIUI tersebut bisa kamu simpan di memori eksternal atau internal pada HP.
  • Buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Klik pada opsi Pembaruan Sistem.
  • Selanjutnya klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas tampilan, kemudian klik Pilih Paket Pembaruan.
  • Pilih Berkas, kemudian kamu cari dan pilih file MIUI versi terbaru yang sudah didownload tadi.
  • Klik OKE untuk memulai pemasangannya. Konfirmasi pemasangan versi baru MIUI dengan pilih Hapus dan Perbarui.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal. Karena itu, kamu perlu melakukan backup data terlebih jika memang ada file atau aplikasi yang penting di dalamnya.

7. Reset HP Xiaomi

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi masalah error jaringan di Xiaomi yakni dengan melakukan factory reset. Untuk melakukannya bisa melalui Pengaturan dan Recovery Mode. Lebih mudah reset HP Xiaomi lewat menu Pengaturan, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di Xiaomi.
  • Pilih Additional Settings.
  • Klik pada opsi Backup and Reset.
  • Pilih Factory Reset.
  • Klik Reset Phone, lalu pilih Delete.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi jaringan tidak muncul di Xiaomi beserta beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO
Artikel SelanjutnyaCara Cek Spesifikasi VIVO yang Paling Mudah dan Praktis
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini