Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di VIVO

260
Jaringan Tidak Muncul di VIVO
Jaringan Tidak Muncul di VIVO

Jaringan Tidak Muncul di VIVO – Fungsi utama sebuah HP yakni sebagai alat komunikasi, baik itu melalui pesan teks maupun pesan suara. Pada HP keluaran terbaru sekarang ini, HP tidak hanya bisa digunakan untuk kedua metode komunikasi tersebut. Ada satu lagi metode komunikasi baru yang bisa dilakukan melalui HP, yakni video call atau panggilan video. Pada metode ini pengguna seakan berhadapan langsung dengan lawan bicara, namun dalam bentuk virtual. Cara ini diklaim lebih efektif dan nyaman dalam hal berkomunikasi antar pengguna.

Jaringan Tidak Muncul di VIVO
Jaringan Tidak Muncul di VIVO

Untuk bisa melakukan komunikasi melalui HP android khususnya, pengguna perlu memasangkan kartu operator seluler. Di Indonesia ada beberapa provider yang menyediakan kartu operator seluler atau SIM card seperti, Telkomsel, XL, Axis, Three, Indosat Ooredoo, hingga Smartfren. Masing-masing provider tersebut punya keunggulan tersendiri, yang pasti mereka akan memberikan yang terbaik untuk para pelanggan setianya. Selain SIM card, pengguna juga butuh pulsa sebagai alat pembayaran elektronik dalam melakukan komunikasi lewat HP.

Baca Juga:

Namun, terkadang sinyal jaringan provider pada HP android mengalami masalah sehingga pengguna tidak bisa melakukan komunikasi. Hal ini bisa dialami pada semua merek HP android, termasuk juga pada HP VIVO. Salah satu masalah yang dialami pengguna dalam hal jaringan HP yakni jaringanya yang tidak muncul atau tidak terdeteksi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah sinyal di HP VIVO tidak muncul tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan tidak muncul di VIVO ini? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Masalah Jaringan Tidak Muncul di VIVO

Sebelum lanjut, kamu perlu tahu dulu apa saja faktor yang menjadi penyebab sinyal tidak muncul di HP VIVO. Dengan mengetahui penyebabnya ini, maka nantinya kamu bisa lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan HP VIVO tidak bisa memunculkan jaringan operator selengkapnya, sebagai berikut:

  1. HP overheat. Suhu panas pada HP yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah error, salah satunya menyebabkan hilangnya jaringan operator di HP. Panas berlebih ini bisa terjadi jika HP menjalankan terlalu banyak aplikasi atau game berat. Apalagi kamu memainkannya sambil mengecas, hal ini akan semakin membuatnya sangat panas.
  2. Terlalu banyak cache yang tersimpan. RAM berfungsi untuk menyimpan cache yang berupa aktivitas pengguna pada HP. File cache yang disimpan dalam waktu lama dan menumpuk juga bisa menjadi penyebab HP error, termasuk jaringan tidak muncul. Biasanya ini terjadi karena pengguna tidak pernah mematikan atau merestart HP.
  3. Gangguan jaringan operator. Penyebab lainnya yakni karena adanya gangguan pada jaringan operator. Mungkin karena cuaca buruk (hujan, angin dan petir), perbaikan jaringan, kabel utama jaringan operator terputus atau yang lain sebagainya. Hal ini cukup wajar terjadi, dan kamu tidak perlu melakukan tindakan apa pun kecuali menunggu jaringan operator normal kembali.
  4. SIM card rusak. Mungkin kamu sering membuka dan memasang SIM card ke slot SIM card di HP VIVO. Melakukannya berulang-ulang bisa jadi membuat komponen pada SIM card rusak. Bisa karena bagian kuningan SIM card tergores, kuningan SIM card terkelupas atau rusak, SIM card patah atau yang lain sebagainya. Hal ini akan membuat SIM card tidak bisa terbaca oleh sistem HP sehingga jaringannya pun tidak akan muncul.
  5. Slot kartu SIM bermasalah. Selain kerusakan SIM card atau kartu SIM, masalah juga bisa terjadi pada slot SIM card yang ada di HP VIVO. Entah itu karena banyak debu yang menempel di dalam slot SIM card, jarumnya ada yang patah, kabel terputus atau yang lain sebagainya.
  6. Sistem android bermasalah. Faktor lainnya yang bisa menyebabkan VIVO tidak bisa memunculkan sinyal jaringan yakni karena masalah error yang terjadi pada sistem android.

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di VIVO Paling Mudah

Jaringan Tidak Muncul di HP VIVO
Jaringan Tidak Muncul di HP VIVO

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah jaringan di VIVO yang tidak muncul tersebut. Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi masalah satu ini, bahkan bagi kamu yang masih awam sekali pun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jaringan di VIVO dan bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Adapun cara memperbaiki masalah jaringan tidak muncul di VIVO selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghidupkan Mode Pesawat atau Mode Penerbangan

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah error pada jaringan VIVO yakni dengan menghidupkan AirPlane Mode atau Mode Pesawat. Swipe layar dari atas ke bawah untuk menampilkan menu bar, kemudian ketuk pada menu Mode Pesawat. Biarkan mode tersebut aktif beberapa saat dan jaringan menjadi tidak aktif.

Selanjutnya kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut, nantinya jaringan pada VIVO akan mengupdate secara otomatis. Biasanya setelah ini sinyal jaringan pada VIVO akan normal lagi.

2. Restart atau Matikan HP VIVO

Jika cara di atas tidak cukup ampuh mengatasi masalah hilangnya jaringan operator pada VIVO, maka kamu bisa mencoba alternatif kedua ini. Cukup lakukan restart HP VIVO dengan cara menekan tombol Power, kemudian pilih Restart atau Mulai Ulang. Saat HP menyala kembali, nantinya HP akan mendeteksi jaringan operator dan memunculkannya lagi.

Jika memang yang terjadi adalah kondisi HP overheat atau suhu panas terlalu tinggi, maka kamu bisa memilih mematikan HP VIVO. Diamkan beberapa saat sampai suhu HP normal, setidaknya 30 hingga 1 jam. Kalau sudah, hidupkan lagi HP VIVO seperti biasa.

3. Memeriksa SIM Card dan Slot SIM Card pada VIVO

Cara lain untuk memunculkan lagi jaringan di HP VIVO yakni dengan memeriksa SIM card. Periksa apakah kondisi SIM card dalam keadaan baik atau justru akan kerusakan pada komponennya, khususnya di bagian kuningan. Jika memang terdapat goresan atau kotoran, maka kamu bisa menghapusnya dengan penghapus karet pensil. Jika sudah, cobalah untuk memasangnya kembali. Namun, juga ternyata kuningan tersebut patah atau rusak, maka hal ini tidak bisa diperbaiki lagi kecuali dengan ganti SIM card baru.

Jika SIM card masih dalam keadaan baik namun tetap tidak terbaca, mungkin yang bermasalah adalah slot SIM card pada HP. Cobalah untuk membersihkan slot SIM card tersebut jika memang terdapat banyak debu atau kotoran. Untuk lebih lanjut kamu bisa bongkar HP untuk mengetahui kondisi slot SIM card tersebut. Mungkin itu kabelnya ada yang putus, jarum patah atau yang lainnya.

4. Update Sistem Operasi Android ke Versi Terbaru

Setiap brand HP, termasuk VIVO biasanya selalu rutin memberikan update OS Android terbaru untuk detiap tipe smartphonenya, dalam hal ini adalah Funtouch OS. Mungkin saja saat ada pemberitahuan akan adanya pembaruan sistem android, kamu tidak melakukan update. Hal ini tentu bisa berdampak pada kinerja HP, salah satunya masalah pada jaringan.

Sebaiknya lakukan pembaruan Funtouch OS pada VIVO jika memang tersedia versi terbarunya, dengan cara:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Pembaruan Sistem.
  • Cek apakah ada pembaruan sistem Funtouch OS.
  • Jika memang ada, kamu langsung download dan instal di perangkat VIVO milikmu.

Selain cara ini, kamu juga bisa melakukan update firmware atau Funtouch OS pada VIVO secara offline dengan mengunduh filenya terlebih dahulu di situs resmi VIVO.

5. Reset HP VIVO

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah error berat pada HP VIVO yakni dengan melakukan reset atau factory reset. Cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik sehingga HP akan seperti baru lagi. Ada dua cara untuk mereset HP VIVO, yakni melalui Pengaturan dan Recovery Mode.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan factory reset HP VIVO melalui Recovery Mode, yakni:

  • Matikan HP VIVO seperti biasa dan pastikan sisa baterainya lebih dari 50% untuk mencegah proses reset terhenti karena kehabisan daya.
  • Sekarang hidupkan lagi HP VIVO dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik sampai muncul logo VIVO.
  • Nantinya akan ditampilan Fastboot Mode, selanjutnya kamu pilih menu Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi dan tombol Power untuk eksekusi.
  • Pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi dengan pilih Wipe Data Lagi.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian pilih Reboot System.

Dengan cara ini biasanya HP akan normal kembali, meskipun semua data yang tersimpan di memori internal akan lenyap atau terhapus secara permanen.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jaringan tidak muncuk di VIVO yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Samsung
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Realme
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini