Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Samsung

300
Jaringan Tidak Muncul di Samsung
Jaringan Tidak Muncul di Samsung

Jaringan Tidak Muncul di Samsung – Sampai saat ini Samsung masih menjadi salah satu brand smartphone yang paling diminati di dunia, khususnya di Indonesia. Tidak heran karena Samsung selalu menghadirkan produk HP android berkualitas bagus dan dengan performa yang mumpuni. HP Samsung dibekali dengan spesifikasi tinggi sehingga menghasilkan performa kinerja yang cepat. Berbagai aplikasi dan game berat bisa dilibas dengan mudah dan lancar, bahkan saat pengguna menjalankannya secara bersamaan.

Jaringan Tidak Muncul di Samsung
Jaringan Tidak Muncul di Samsung

Samsung sudah menghadirkan banyak tipe HP android yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Samsung mengisi beberapa segmen dengan produk HP andalannya, mulai dari segmen low-end, mid-end hingga high-end. Untuk HP Samsung di segmen low-end bahkan ada yang hanya dibanderol seharga Rp 1 jutaan saja. Padahal di dalamnya disematkan dengan komponen berkualitas tinggi sehingga performa kinerjanya pun sangat cepat dan responsif.

Baca Juga:

Selain beberapa kelebihan di atas, terkadang HP Samsung juga mengalami beberapa masalah error. Salah satunya yakni soal sinyal atau jaringan pada HP Samsung yang tidak muncul. Kondisi seperti ini tentu akan mengganggu kenyamanan pengguna, di mana mereka tidak bisa menggunakan HP untuk mengakses jaringan. Baik itu dalam hal mengirim SMS, melakukan panggilan, hingga menggunakan internet. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan tidak muncul di Samsung tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Jaringan Tidak Muncul di Samsung

Kondisi HP Samsung yang tidak ada jaringan atau sinyal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengetahui beberapa penyebabnya tersebut akan memudahkan kamu dalam memperbaiki masalah error sinyal hilang di Samsung. Adapun beberapa penyebab jaringan tidak muncul di Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

  • Terlalu banyak Cache yang Tersimpan. Cache atau sampah memang bisa membuat kecepatan loading aplikai lebih meningkat. Namun, cache yang disimpan terlalu lama dan menumpuk juga bisa menjadi penyebab error pada HP, termasuk berdampak pada jaringannya yang tidak muncul.
  • SIM Card Bermasalah. Selain pada HP, jaringan yang tidak muncul juga bisa disebabkan oleh masalah pada SIM Card yang kamu gunakan. Mungkin karena SIM Card terblokir, dalam masa tenggang, ataupun tidak terbaca karena kerusakan pada bagian komponen SIM Card.
  • Sedang Gangguan pada Jaringan Provider. Penyebab lainnya yakni karena adanya masalah atau gangguan pada jaringan provider yang kamu gunakan. Gangguan ini sendiri bisa terjadi karena cuaca buruk, perbaikan jaringan, kabel jaringan terputus atau masalah yang lainnya yang menyebabkan jaringan provider mati.
  • Kesalahan Pengaturan pada Jaringan. Maksutnya kesalahan pengaturan pada jaringan di Samsung ini adalah kamu memilih jaringan yang tidak tersedia. Misalnya di daerah hanya tercover jaringan 2G dan 3G dari provider, namun kamu malah mengatur jaringan di HP Samsung ke jaringan 4G LTE Only.
  • Bug pada Sistem Android. Bug bisa saja terdapat pada sistem android, apalagi jika pengguna tidak rutin melakukan pembaruan OS android meskipun sudah ada peringatan dari Samsung. Selain itu, terkadang juga ada masalah error pada sistem android yang disebabkan oleh hal lain, seperti oprek sistem oleh pengguna, virus dan juga malware.

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Samsung

Jaringan Tidak Mau Muncul di HP Samsung
Jaringan Tidak Mau Muncul di HP Samsung

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan jaringan tidak muncul di HP Samsung di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Tidak sulit kok untuk memperbaiki masalah jaringan yang tidak terdeteksi di HP Samsung tersebut, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya.

Adapun langkah-langkah untuk mengatasi masalah jaringan di HP Samsung yang tidak muncul selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Samsung

Cara yang paling mudah untuk mengatasi jaringan di Samsung yang tidak mau muncul yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cukup dengan menekan tombol Power beberapa detik hingga muncul menu di layar, kemudian pilih menu Restart atau Mulai Ulang.

Tinggal menunggu sampai HP Samsung menyala lagi dan jaringannya akan diperbarui. Dalam kondisi ini HP Samsung akan mencari jaringan secara otomatis, dan jika normal maka jaringan akan langsung muncul di bagian atas layar.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode

Ada pula yang menyebutkan dengan Mode Penerbangan, di mana fitur ini digunakan untuk mematikan jaringan pada HP. Selain fungsi tersebut, ternyata AirPlane Mode juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sinyal atau jaringan pada HP android, termasuk smartphone Samsung.

Cara kerjanya yakni dengan mematikan fungsi jaringan pada HP sehingga tidak akan muncul lagi logo sinyal di atas layar. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu matikan atau nonaktifkan lagi AirPlane Mode tersebut. Nantinya HP akan secara otomatis mendeteksi jaringan dari provider yang tersedia. Dengan cara ini biasanya jaringan pada HP Samsung yang error akan diperbaiki sehingga menjadi normal kembali.

3. Mencari Jaringan Provider Secara Manual

Sejatinya di HP tersedia fitur yang akan mencari jaringan dari provider yang digunakan secara otomatis. Namun, ada kalanya fitur ini tidak berfungsi secara maksimal sehingga HP tidak bisa memunculkan jaringan yang ada. Alhasil, HP Samsung tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan, baik dalam hal mengirim SMS, melakukan panggilan atau mengakses internet.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pendeteksian jaringan provider secara manual. Untuk langkah-langkah mencari jaringan provider secara manual di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya masuk ke opsi Koneksi.
  3. Kemudian kamu pilih opsi Jaringan Seluler.
  4. Pada halaman ini kamu klik pada opsi Operator Jaringan.
  5. Kemudian matikan mode Pilih Secara Otomatis.
  6. Tunggu beberapa saat sampai HP mendeteksi jaringan operator yang tersedia di lokasimu.
  7. Jika sudah muncul daftarnya, kamu tinggal pilih jaringan yang tersedia. Dengan demikian jaringan pada HP Samsung akan langsung muncul.
  8. Selesai.

4. Perbarui Versi OS Android di HP Samsung

Jaringan yang tidak bisa muncul di Samsung mungkin disebabkan oleh adanya bug atau error pada OS Android yang digunakan. Cobalah untuk mengecek apakah HP Samsung milikmu sudah menggunakan versi OS Android terbaru atau belum. Jika memang masih menggunakan versi OS Android lama, maka kamu perlu memperbaruinya ke versi terbaru yang tersedia.

Untuk langkah-langkah mengecek versi OS Android di HP Samsung tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP Samsung.
  2. Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Update Perangkat Lunak.
  3. Pada halaman tersebut kamu klik opsi Unduh dan Instal.
  4. Nantinya HP akan secara otomatis memeriksa apakah ada pembaruan versi android atau tidak. Jika memang ada versi OS Android terbaru yang belum terpasang, maka kamu bisa langsung mendownload dan menginstalnya.
  5. Selesai.

Biasanya setelah update OS Android ke versi terbaru, berbagai masalah error pada HP akan teratasi. Termasuk juga masalah error pada jaringan atau sinyal di HP Samsung.

5. Melakukan Factory Reset

Dan cara terakhir untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak muncul di Samsung yakni dengan melakukan reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Sebelum melakukan cara ini, pastikan jaringan yang tidak muncul ini bukan disebabkan oleh gangguan pada jaringan provider.

Selain itu, kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu jika memang terdapat data penting di memori internal HP. Untuk langkah reset HP Samsung tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  4. Pada halaman Reset, kamu pilih opsi Reset Data Pabrik.
  5. Konfirmasi reset dengan klik Oke dan tunggu sampai proses reset selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi jaringan tidak muncul di Samsung yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP VIVO Tiba-tiba Mati
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di VIVO
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini