Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Realme

11461
Jaringan Tidak Muncul di Realme
Jaringan Tidak Muncul di Realme

Jaringan Tidak Muncul di Realme – Realme merupakan salah satu brand smartphone asal Tiongkok yang mulai menyita perhatian pecinta smartphone di dunia. Realme menghadirkan produk smartphone android yang memiliki performa kinerja yang cepat dan desain modis. Desain bodi dari HP Realme ini tampak sangat berkelas, bahkan terlihat seperti smartphone flaghsip. Nyatanya, HP Realme ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan HP dari brand lainnya. Spesifikasi yang diusungnya sangat mumpuni sehingga menghasilkan performa yang cepat dan responsif.

Jaringan Tidak Muncul di Realme
Jaringan Tidak Muncul di Realme

Realme sendiri termasuk brand smartphone pendatang baru yang mulai muncul pada tahun 2018 lalu. Sebelumnya Realme merupakan sub-brand dari OPPO, namun pada tahun 2018 mereka memisahkan diri dan menjadi perusahaan independen. Realme terbukti sukses dengan menghadirkan berbagai tipe smartphone android yang cukup diminati oleh pecinta smartphone. Beberapa seri HP dihadirkan oleh Realme, mulai dari Realme C Series, Realme X Series, Realme Narzo, hingga yang terbaru Realme GT Master Edition.

Baca Juga:

Meski berkualitas bagus, ada kalanya HP dari Realme mengalami masalah error. Salah satunya adalah masalah jaringan di HP Realme yang tidak muncul atau tidak terdeteksi. Masalah satu ini tentunya akan membuat HP tidak bisa mengakses jaringan, baik untuk menggunakan internet, melakukan panggilan ataupun mengirim pesan. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan tidak muncul di Realme tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Masalah Jaringan Tidak Muncul di Realme

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP Realme tidak mau memunculkan jaringan operator yang digunakan. Beberapa penyebab ini ada yang disadari dan ada pula yang tidak disadari oleh pengguna. Mengetahui penyebabnya ini kamu akan lebih gampang dalam melakukan perbaikan jaringan pada Realme. Adapun beberapa penyebab jaringan tidak muncul di HP Realme selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Suhu HP terlalu panas. Suhu panas yang terlalu tinggi pada HP atau disebut juga overheat bisa menjadi penyebab hilangnya jaringan atau sinyal. Suhu panas tersebut bisa jadi mempengaruhi komponen HP yang berfungsi untuk mendeteksi jaringan, dan sekarang membuatnya error. Kondisinya semakin parah jika kamu sering memainkan HP sambil mengecasnya.
  2. File cache yang menumpuk. Penyebab lainnya mungkin juga karena file cache di RAM yang telah menumpuk. Hal ini bisa terjadi karena kamu mengoperasikan HP secara terus-menerus tanpa mengistirahatkannya, baik dengan merestart atau mematikan HP. File cache yang menumpuk bisa menyebabkan error pada HP, termasuk juga pada jaringannya.
  3. Kartu SIM bermasalah. Kartu SIM yang terdapat goresan pada bagian komponen kuningannya bisa juga menyebabkannya tidak terbaca oleh HP. Alhasil jaringannya juga tidak bisa dideteksi dan tidak bisa muncul. Selain goresan, kondisi terparahnya adalah komponen kuningan kartu SIM tersebut patah atau terkelupas.
  4. Slot kartu SIM bermasalah. Port atau slot kartu SIM yang ada di HP Realme juga bisa saja mengalami masalah sehingga tidak bisa membaca kartu SIM yang dipasang. Mungkin karena ada banyak debu atau kotoran di dalamnya, jarum slot bengkok atau patah, kabel terputus, atau yang lain sebagainya.
  5. Gangguan pada jaringan operator. Apakah saat ini di lokasimu sedang terjadi hujan lebat disertai angin dan petir? Hal ini bisa menjadi penyebab jaringan operator mati atau mengalami gangguan. Selain kondisi tersebut, gangguan pada jaringan operator juga bisa terjadi karena adanya perbaikan jaringan, saluran jaringan terputus atau yang lain sebagainya.
  6. Sistem android bermasalah. Error pada sistem android bisa menyebabkan kinerjanya terganggung, termasuk dalam hal pendeteksian jaringan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari virus atau malware, kesalahan oprek sistem android, atau memang karena bug.

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di Realme

Jaringan Tidak Muncul di HP Realme
Jaringan Tidak Muncul di HP Realme

Jaringan yang bermasalah pada HP membuat kita tidak bisa menggunakannya secara maksimal. Pasalnya hampir semua aktivitas di HP Realme khususnya membutuhkan jaringan internet agar bisa berfungsi maksimal. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah jaringan tidak muncul di Realme tersebut, di antaranya:

1. Mendiamkan HP Realme

Cara ini bisa dilakukan jika HP Realme suhunya terlalu panas alias overheat. Seperti yang dijelaskan di atas, suhu HP yang terlalu panas bisa menyebabkan kinerjanya kurang maksimal, bahkan mengalami error. Untuk itu, kamu perlu mengistirahatkan HP selama beberapa waktu, setidaknya 30 menit hingga 1 jam.

Mendiamkan HP bisa dengan mematikan data seluler atau mematikan HP secara penuh. Tekan tombol Power, kemudian pilih menu Matikan. Jika dirasa sudah agak dingin, kamu bisa memainkannya lagi.

2. Mengaktifkan AirPlane Mode

AirPlane Mode atau Mode Penerbangan / Mode Pesawat biasanya digunakan ketika pengguna membawa HP saat akan naik pesawat. Menu ini berfungsi untuk mematikan seluruh jaringan pada HP. Cara mengaktifkannya juga dengan klik menu Mode Pesawat yang ada di menu bar.

Setelah beberapa waktu, selanjutnya kamu matikan lagi fitur AirPlane Mode tersebut. Cara ini bisa dikatakan juga merestart jaringan pada HP android. Saat dimatikan, nantinya HP akan secara otomatis mendeteksi jaringan operator yang digunakan dan memunculkan lagi sinyal jaringannya.

3. Restart HP Android

Sebenarnya cara ini hampir sama fungsinya dengan cara nomor 2 di atas. Akan tetapi, cara ini akan merestart keseluruhan komponen hardware dan software dari HP Realme sehingga fungsinya lebih maksimal. Berbagai masalah error ringan biasanya akan teratasi dengan cara ini, termasuk masalah jaringan yang tidak mau muncul.

Selain memperbaiki masalah jaringan pada HP, dengan restart akan membuat performa kinerja HP menjadi lebih cepat dan responsif. Ini karena semua cache atau sampah yang tersimpan di RAM akan dihapus sehingga ruang kosongnya lebih lega.

4. Cek Kartu SIM dan Slot Kartu SIM

Jika jaringan di HP Realme tidak mau muncul, mungkin saja yang bermasalah adalah kartu SIM yang kamu gunakan. Coba lihat pada bagian kuningan pada kartu SIM, apakah terdapat kotoran yang menempel atau bahkan goresan? Jika iya, kamu bisa membersihkannya menggunakan karet penghapus pensil. Kalau sudah, pasang kembali kartu SIM dan biasanya ia akan langsung terbaca.

Kartu SIM dalam keadaan baik, namun tetap tidak bisa terbaca? Sekarang kamu coba cek pada bagian slot kartu SIM di HP Realme. Bersihkan jika terdapat banyak debu atau kotoran di dalamnya. Periksa juga apakah jarum-jarumnya ada yang bengkok atau patah. Lakukan perbaikan pada port atau slot kartu SIM tersebut agar SIM card bisa terbaca dan sinyal jaringan bisa muncul lagi.

5. Update Realme UI ke Versi Terbaru

Masalah jaringan yang tidak terdeteksi mungkin dikarenakan kamu tidak memperbarui Realme UI yang ada di smartphone-mu. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan apakah ada versi Realme UI terbaru untuk tipe HP Realme milikmu. Untuk memeriksanya bisa dilakukan melalui menu Pengaturan, berikut ini caranya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Software Update.
  • Nantinya HP akan memeriksa apakah ada versi Realme UI terbaru yang belum terpasang.
  • Jika memang ada, kamu bisa langsung memasang firmware tersebut.

Firmware Realme UI juga bisa kamu cek melalui halaman Software Update di situs resmi Realme dengan klik LINK INI.

6. Melakukan Factory Reset

Jika memang kondisinya sudah parah, maka kamu perlu melakukan factory reset atau hard reset HP Realme untuk mengatasi jaringannya yang error tersebut. Reset Realme berarti akan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. HP akan seperti baru lagi, di mana semua yang ada di memori internal akan dihapus secara pemanen.

Apabila di memori internal terdapat banyak file penting, maka kamu perlu melakukan backup atau pencadangan data. Untuk melakukan reset HP Realme bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui menu Pengaturan dan menu Recovery Mode.

  • Buka menu Pengaturan di Realme.
  • Kemudian pilih Pengaturan Tambahan.
  • Pilih opsi Cadangan dan Setel Ulang.
  • Kemudian pilih opsi Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  • Pilih salah satu dari 4 pilihan pengembalian ke pengaturan pabrik.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jaringan tidak muncul di Realme beserta beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di VIVO
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini