Fitur Instagram Reel Remix dan Cara Pakainya

19
Instagram Reel Remix
Instagram Reel Remix

Instagram Reel Remix – Instagram menjadi salah satu aplikasi jejaring sosial yang banyak peminatnya di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Terhitung setiap harinya ada sekitar 500 juta pengguna yang aktif di Instagram. Ini tentunya bukanlah angka yang sedikit, tidak banyak platform aplikasi yang mendapatkan pengunjung harian sebanyak itu. Di Indonesia sendiri peminat dari Instagram terbilang sangat banyak. Beberapa dari mereka ada yang menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis, sebagai media menyimpan foto online, hingga untuk hiburan diri.

Instagram Reel Remix
Instagram Reel Remix

Semakin ke sini Instagram sudah dibekali dengan banyak sekali fitur keren dan menarik pastinya. Misalnya saja fitur Reels Instagram, di mana di dalamnya pengguna memungkinkan untuk menggunggah video. Video yang diunggah di Reels Instagram juga bisa ditonton oleh pengguna lain, baik yang menjadi followers ataupun tidak. Instagram sudah menyediakan menu Reels ini pada profil pengguna, lebih tepatnya sebelah kanan menu Postingan Feeds Instagram. Berbeda dengan Feeds Instagram, di Reels Instagram hanya akan menampilkan video saja.

Baca Juga:

Pada Reels Instagram ini pengguna memungkinkan untuk mengupload video apa saja, baik yang direkam secara langsung atau video yang sudah ada. Untuk video yang direkam secara langsung, di sana disediakan pula fitur untuk mengedit video agar hasilnya lebih sempurna dan menarik. Mengenai Reels Instagram ini, ada pula tambahan fitur menarik yang bisa coba kamu gunakan yakni bernama Instagram Reel Remix. Mengenai informasi tentang fitur Reel Remix Instagram dan cara penggunaannya bisa kalian simak pada ulasan di bawah ini.

Tentang Fitur Instagram Reel Remix Terbaru

Sebelum lanjut ke cara menggunakan fitur Reel Remix IG, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang fitur tersebut. Reel Remix Instagram merupakan fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram pada akhir 2021 lalu dan langsung mendapatkan respon positif dari pengguna. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menggabungkan video Reels milikmu dengan video Reels milik pengguna IG lainnya.

Fitur semacam ini mirip sekali dengan fitur Deut yang ada di TikTok dan sudah terlebih dahulu viral. Layaknya fitur Duet TikTok tersebut, di sini kamu bisa memilih video Reels milik pengguna IG mana yang ingin diremix atau digabung. Jika sudah memilih, selanjutnya tinggal gabungkan dengan video Reels IG milikmu. Video yang digabungkan ini bisa direkam secara langsung atau bisa juga dengan mengupload video yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk bisa menikmati fitur Reel Remix di Instagram ini, kamu perlu mengupdate aplikasi Instagram di smartphone androidmu ke versi terbaru. Seperti yang kita tahu, fitur ini sudah dirilis secara resmi untuk global. Jadi, untuk pengguna di Indonesia sudah bisa menikmati fitur keren dalam membuat video Reels Instagram tersebut.

Cara Menggunakan Fitur IG Reel Remix di HP Android

Cara Menggunakan Fitur Reel Remix Instagram
Cara Menggunakan Fitur Reel Remix Instagram

Fitur IG Reels Remix sudah bisa diakses di berbagai platform, termasuk di HP android. Cara pakai fitur tersebut juga terbilang mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan sulit menggunakannya. Adapun cara menggunakan fitur Reel Remix di Instagram HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Instagram di perangkat smartphone androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Instagram pribadi.
  2. Pada halaman Beranda Instagram, kamu cari video Reels pengguna Instagram lain yang ingin diremix atau digabungkan dengan video Reels milikmu. Di sini kamu bisa memanfaatkan fitur Pencarian untuk mempermudah menemukan video Reels yang dimaksud.
  3. Jika sudah ketemu, klik pada video Reels tersebut untuk menontonnya.
  4. Pada tayangan video Reels IG tersebut, kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan bawah tampilan. Lebih tepatnya berada di bawah menu Bagikan atau ikon Segitiga.
  5. Akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Remix atau ikon arah dan Plus di tengahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai kamu dialihkan ke halaman membuat Reel Remix Instagram. Pada halaman tersebut layar akan terbelah menjadi 2, sebelah kiri video Reels IG orang lain yang kamu pilih tadi dan sebelah kanan tampilan video Reels milikmu.
  7. Sekarang kamu buat video yang ingin diupload ke Reels Instagram. Di sini kamu bisa merekam secara langsung layaknya membuat video Story IG dengan cara menekan ikon Reels di tengah bawah tampilan. Kamu juga bisa memilh filter kamera yang ingin digunakan agar video lebih menarik. Setelah selesai merekam, kamu bisa melakukan pengeditan video terlebih dahulu jika diperlukan.
  8. Sementara jika kamu ingin mengupload video yang sudah ada di memori HP, maka cara memasukkannya dengan klik opsi Tambah yang ada di pojok kiri tampilan. Kemudian cari video yang ingin dijadikan Reels Instagram dan pilih video tersebut. Kamu juga bisa mengedit video terlebih dahulu sebelum Reels Remix diupload jika diperlukan.
  9. Jika sudah, sekarang klik tombol Berikutnya yang ada di pojok kanan bawah tampilan. Lengkapi video Reels hasil Remix tersebut dengan caption, tandai orang, dan tambah lokasi jika perlu. Kalau sudah, klik tombol Selanjutnya lalu posting video Reels IG tersebut.
  10. Selesai.

Untuk mengedit video Reels Remix, kamu bisa menambahkan berbagai elemen, seperti teks, stiker, efek dan lain sebagainya.

Kenapa Saya Tidak Bisa Menemukan Fitur Reel Remix di Video Reels Orang Lain?

Perlu kamu ketahui, fitur Reel Remix Instagram ini menyediakan opsi untuk diaktifkan dan dinonaktifkan. Ini tergantung kebijakan setiap pengguna, yakni boleh menggunakannya atau tidak. Untuk pertanyaan “Kenapa Saya Tidak Bisa Menggunakan Reel Remix di Reels IG Orang lain?” kemungkinan besar video Reels IG yang kamu lihat tersebut pemiliknya telah menonaktifkan fitur Reel Remix ini.

Untuk menonaktifkan atau mematikan izin penggunaan Reel Remix bagi pengguna lain dengan mengunjungi menu Pengaturan atau Settings. Adapun langkah-langkah untuk mematikan Izin Reel Remix di akun Instagram selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka aplikasi Instagram dan login ke akun pribadi.
  2. Pada halaman Beranda Instagram, kamu klik menu Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Selanjutnya klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas tampilan, lalu pilih Pengaturan.
  4. Kemudian klik pada opsi Privasi.
  5. Di sana kamu akan menemukan beberapa opsi, kamu pilih saja opsi Reels dan Remix.
  6. Sekarang kamu tinggal memilih izin Remix untuk media apa saja, baik itu Reel, Video Beranda, ataupun Foto.
  7. Untuk menonaktifkannya tinggal ketuk pada tombol slider yang ada di sebelah kanannya. Jika ingin mengaktifkannya lagi, tinggal ketuk pada tombol yang sama.
  8. Selesai.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai fitur Instagram Reel Remix terbaru dan cara penggunaannya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaVertical Stories Feed IG, Fitur Baru Adopsi dari TikTok
Artikel SelanjutnyaCara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini