Cara Mengatasi Icon Aplikasi Hilang di Android

139
Icon Aplikasi Hilang di Android
Icon Aplikasi Hilang di Android

Icon Aplikasi Hilang di Android – Seperti yang kita tahu, di android tersedia banyak sekali jenis aplikasi yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi android ini sebagian besar tersedia di Google Playstore yang merupakan gudangnya aplikasi android. Selain itu, kamu yang lebih suka menginstall aplikasi android berbasis APK, maka bisa mengunduhnya melalui situs penyedia aplikasi lain di internet. Hampir semua aplikasi di Google Playstore bisa didownload dan digunakan secara gratis. Namun, ada beberapa aplikasi yang bersifat premium alias berbayar.

Icon Aplikasi Hilang di Android
Icon Aplikasi Hilang di Android

Menginstall aplikasi di HP android bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa diinstall, tentunya masing-masing aplikasi punya fungsi tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, di HP android sebenarnya sudah disediakan aplikasi bawaan, meskipun jumlahnya tidak banyak. Aplikasi bawaan ini sendiri biasa dikenal dengan sebutan bloatware, yang mana kebanyakan aplikasi tersebut tidak dapat dihapus atau diuninstall secara manual layaknya aplikasi pihak ketiga yang kita pasang sendiri di HP.

Baca Juga:

Aplikasi dan game yang sudah dipasang di HP android biasanya icon aplikasi tersebut akan muncul di layar menu HP. Kamu bisa klik pada icon tersebut untuk mengakses aplikasi atau menggunakannya. Berbicara mengenai icon aplikasi android, terkadang ada satu masalah error yang dialami pengguna, yakni icon yang tidak muncul alias hilang. Hal ini tentunya akan menyulitkan pengguna ketika akan mengakses aplikasi tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi icon aplikasi hilang di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Icon Aplikasi Hilang di Android

Ikon aplikasi di HP android yang hilang seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu karena kesalahan pengguna, aplikasi yang error, atau karena sistem dari android itu sendiri yang mengalami bug. Adapun beberapa penyebab umum icon aplikasi android yang hilang tersebut, di antaranya:

  1. Terdapat bug pada sistem android.
  2. Aplikasi yang error.
  3. Penggunaan launcher yang bermasalah atau error.
  4. Menyembunyikan aplikasi di android.
  5. Memasukkan icon aplikasi android ke folder tertentu.
  6. Penggunaan custom ROM.

Mengetahui beberapa penyebab di atas tentunya akan mempermudah kita dalam mengatasi masalah icon aplikasi yang hilang di HP android. Adapun beberapa cara untuk mengatasi icon aplikasi hilang di android selengkapnya, sebagai berikut:

Ikon Aplikasi yang Hilang di Android
Ikon Aplikasi yang Hilang di Android

1. Lakukan Restart HP

Untuk menampilkan lagi icon aplikasi android yang tersembunyi atau hilang yakni dengan melakukan restart. Icon aplikasi yang tidak muncul ini biasanya terjadi ketika kita baru menginstall aplikasi tersebut. Setelah proses instalasi selesai, justru icon aplikasi tidak dapat muncul di layar menu HP sehingga kita tidak bisa mengaksesnya.

Dengan cara melakukan restart biasanya HP akan memulai ulang sistem dan icon yang tidak muncul tadi akan bisa ditampilkan di layar menu.

2. Cek Pada Folder Aplikasi

Di layar menu HP android kita dimungkinkan untuk merapikan icon aplikasi yang terinstall dengan memasukkannya ke dalam beberapa folder. Misalnya saja folder aplikasi bawaan yang hanya berisi aplikasi sistem saja, folder sosial media yang berisi icon aplikasi medsos dan lain sebagainya.

Mungkin saja kamu lupa telah memasukkan sebuah icon aplikasi ke dalam salah folder yang ada, sehingga mengira kalau icon aplikasi tersebut hilang. Pindahnya icon aplikasi ini juga bisa saja terjadi secara tidak sengaja, seperti saat menaruhnya di saku, tas, atau aktivitas lainnya.

3. Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi

Di HP android disediakan fitur yang bernama Hidden App atau Sembunyikan Aplikasi, dan ini sudah bisa ditemukan di hampir semua tipe HP android dari semua brand. Aplikasi yang disembunyikan tentunya iconnya akan menghilang dari layar menu atau layar utama HP. Mungkin sebelumnya kamu sudah menyembunyikan salah satu aplikasi yang ada di HP, kemudian lupa menampilkannya lagi dan icon aplikasi tersebut dianggap hilang.

Sebaiknya kamu cek aplikasi yang disembunyikan di fitur Hidden App tersebut, kemudian keluarkan jika memang ada. Selain melalui fitur ini, kita juga bisa menyembunyikan aplikasi di Launcher atau aplikasi Apps Hidden yang bisa diinstall melalui Google Playstore. Cek apakah memang aplikasi yang iconnya hilang tersebut disembunyikan di launcher atau aplikasi Apps Hidden ini.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Hilang

Meskipun icon aplikasi android hilang dari layar menu, kamu masih tetap bisa mengaksesnya melalui menu Pengaturan, lebih tepatnya melalui Manajemen Aplikasi. Mungkin karena file cache yang menumpuk atau data aplikasi yang corrupt sehingga menyebabkan icon aplikasi tersebut menghilang.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan penghapusan file cache atau file data dari aplikasi yang iconnya hilang tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang iconnya menghilang dari layar menu HP.
  • Selanjutnya klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.

5. Menghapus Cache dan Data di Lancher

Baik itu laucher bawaan atau launcher pihak ketiga, ada kalanya aplikasi tersebut mengalami masalah erro. Salah satunya bisa menyebabkan hilangnya satu atau beberapa icon aplikasi yang terinstall di dalamnya. Masalah ini bisa dibilang wajar dan tentunya bisa diatasi dengan sangat mudah. Caranya yakni dengan melakukan penghapusan cache dan data dari launcher atau Tema tersebut.

Mengenai langkah-langkah untuk menghapus file cache dan data dari aplikasi launcher di HP android tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi launcher yang mengalami error tadi dan ingin dihapus cache dan datanya.
  • Klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Kemudian klik tombol Hapus Data.

6. Lakukan Reset HP Android

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab icon aplikasi hilang di android yakni karena adanya bug pada sistem android. Untuk itu, kamu perlu melakukan yang namanya reset HP android untuk mengatasi berbagai masalah error tersebut, termasuk icon aplikasi yang hilang.

Untuk melakukan reset HP android bisa dilakukan melalui menu Pengaturan atau Settings. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik. Dengan demikian HP akan kembali ke pengaturan awal pabrik dan semua error atau bug di dalamnya akan teratasi.

Catatan: Melakukan reset HP android akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Untuk itu, lakukan backup datat terlebih dahulu jika memang ada banyak data penting yang tersimpan di dalamnya.

7. Melakukan Flashing HP Android

Dan cara yang terakhir jika memang icon aplikasi tetap saja tidak bisa ditampilkan di android yakni dengan melakukan flashing atau pembaruan firmware. Cara satu ini tidak hanya akan menghapus data di memori internal dan mengembalikan ke pengaturan awal pabrik, melainkan juga akan mengupdate firmware yang digunakan pada HP.

Pada situs ini saya sudah pernah membahas cara flashing HP android semua tipe, kamu bisa mencarinya melalui kolom Pencarian yang ada di sebelah kanan menu navigasi di atas.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi icon aplikasi hilang di android bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Layar HP Berkedip Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini